BELAJAR BAHASA MANDARIN KOSAKATA TERBARU

Written By Wira Hadi on Saturday, September 29, 2012 | 9:39 PM


 "BELAJAR BAHASA MANDARIN KOSAKATA TERBARU"

Nama-nama beberapa kota terindah di dunia

中文朋友们, 你们喜欢旅行吗? 这世界上有许多美丽的地方是我们值得去看看和纪念。 你们认为世界上最美的地方是哪里呢?
Zhōngwén péngyǒumen, nǐmen xǐhuan lǚxíng ma? Zhè shìjiè shàng yǒu xǔduō měilì dì dìfāng shì wǒmen zhídé qù kàn kàn hé jìniàn. Nǐmen rènwéi shìjiè shàng zuìměi dì dìfāng shì nǎlǐ ne?
Sahabat Mandarin, kalian suka travelling ngga? di dunia ini begitu banyak tempat yang layak kita kunjungi dan kita kenang. Menurut sahabat Mandarin, tempat yang paling indah di dunia ini dimana ya?

巴里岛 Balǐ dǎo  : Pulau Bali
日惹Rì rě  : Yogyakarta
巴布亚Bābùyǎ : Papua
龙目岛Lóng mù dǎo : Pulau Lombok
吉隆坡Jílóngpō : Kuala Lumpur
新加坡 Xīnjiāpō : Singapura
河内 Hénèi : Hanoi
上海Shànghǎi : Shanghai
杭州Hángzhōu : Hangzhou
苏州Sūzhōu : Suzhou
罗马Luómǎ : Roma
西班牙Xībānyá : Spanyol
巴黎Bālí : Paris
塔希提岛 Tǎ xī tí dǎo : Pulau Tahiti
夏威夷Xiàwēiyí : Hawai
威尼斯Wēinísī : Venice
西藏Xīzàng : Tibet
巴西•里约热内卢Bāxī•lǐyuērènèilú : Rio de Janeiro, Brazil

 

Ucapan selamat dalam bahasa Mandarin

Hai sahabat Mandarin, hari ini ada teman yang ulang tahun ga? Atau ada yang sakit? Ayo kita doakan mereka…
*Selamat ulang tahun
祝你生日快乐: Zhù nǐ shēngrì kuàilè
*Semoga lekas sembuh
祝你早日康复: Zhù nǐ zǎorì kāngfù
*Semoga kamu bahagia
祝你幸福快乐: Zhù nǐ xìngfú kuàilè
*Semoga sukses
祝你成功: Zhù nǐ chénggōng
*Semoga kamu senang setiap hari
祝你天天开心: Zhù nǐ tiāntiān kāixīn
*semoga kamu cepat menemukan cinta sejati
祝你早日遇到你的真爱:Zhù nǐ zǎorì yù dào nǐ de zhēn ài
Selamat mendoakan orang tersayang ya sahabat mandarin….

 

·  Menanggapi Pujian dalam Bahasa Mandarin

 “Wah, kamu cantik sekali…”
                    “Terima kasih…”
Dalam hidup, kita pasti sesekali atau bahkan sering menerima pujian. Pujian bisa jadi satu cara yang baik untuk mendekati atau mengambil hati seseorang. Kebiasaan memuji orang lain  tidak hanya bisa menyenangkan hati orang lain, tapi juga bisa menambah pahala…hehe asal Pujiannya yang ikhlas ya…
Sahabat Mandarin, kalau kita menerima pujian atau sanjungan dalam bahasa Mandarin bagaimana membalasnya ya? Apakah cukup dengan Terima kasih?. Dalam bahasa Mandarin ada beberapa cara untuk menanggapi pujian dari orang lain, apa aja ya?? Hyuuuk kita kupas sama-sama….
  • 哪里哪里 Nǎlǐ nǎlǐ—— yap… kalimat ini cukup sering digunakan untuk menanggapi pujian, artinya “nggak lah” lebih kurang begitu ya…
contoh :
A : 你真漂亮呀~Nǐ zhēn piàoliang ya = Kamu cantik sekali
B : 哪里哪里, 你也很帅。。。Nǎlǐ nǎlǐ, nǐ yě hěn shuài…  = nggak lah, kamu juga ganteng

  • 过奖了Guòjiǎngle——Nah kalimat ini juga sering digunakan, arti kalimat ini secara harafiah adalah “terlalu memuji”, tapi penggunaannya sedikit lebih formil dari nali nali, bisa digunakan dalam situasi formal seperti bertemu dengan rekan kerja.
Contoh :
A : 这家公司就是因为有你这种人才才能发展得这么快呀-Zhè jiā gōngsī jiùshì yīnwèi yǒu nǐ zhè zhǒng réncái cáinéng fāzhǎn de zhème kuài ya = Perusahaan ini karena ada orang berbakat seperku anda baru bisa berkembang sangat cepat
B :您过奖了~Nín guòjiǎngle = anda terlalu memuji

  • 还差得很远呢 Hái chà de hěn yuǎn ne ——Kalimat ini paling sering digunakan kalau ada yang mengatakan bahasa asing yang kita kuasai sangat baik, artinya “masih kurang bagus”
contoh :
A : 你的中文说得很棒!Nǐ de zhōngwén shuō de hěn bàng! = Bahasa Mandarin kamu sangat bagus!
B : 还差得很远呢,还需要多多学习呢 Hái chà de hěn yuǎn ne, hái xūyào duōduō xuéxí ne = masih kurang bagus, masih harus belajar banyak

  •  没有啦 Méiyǒu la—— Nah kalau yang ini sering digunakan untuk berbagai situasi informal. Artinya”nggak kok”
contoh :
A : 你又买了新手机,真有钱阿~Nǐ yòu mǎile xīn shǒujī, zhēnyǒu qián ā = kamu beli HP lagi, kaya banget…
B : 没有啦-Méiyǒu la = nggak kok…

  • 你嘴巴还真甜啊!Nǐ zuǐba hái zhēn tián a!—— kalo kalimat ini artinya “mulutmu manis sekali”, kalimat ini saya sering dengar dari orang tua, biasanya kalau anak2 ada maunya terus muji-muji orang tua, jawabannya akan menggunakan kalimat ini.
contoh :
A : 奶奶,你怎么看起来这么年轻啊?Nǎinai, nǐ zěnme kàn qǐlái zhème niánqīng a?  = nenek kok kelihatannya makin muda ya?
B : 小丫头,嘴巴还真甜,说要奶奶为你做点好吃的是吧!Xiǎo yātou, zuǐba hái zhēn tián, shuō yào nǎinai wèi nǐ zuò diǎn hào chī de shì ba! = dasar anak ini, mulutmu manis sekali, kamu mau nenek masakin makanan enak apa?
Jadi sekarang kalau ada yang memuji sahabat Mandarin, sudah tau kan bagaimana menanggapinya. Selamat belajar Sahabat Mandarin, Semoga bermanfaat…
中文朋友们都很厉害~ Zhōngwén péngyǒumen dōu hěn lìhài〜
Sahabat Mandarin semuanya sangat LIHAI….heheh


 
Naik Bis di Beijing…
Sistem transportasi di China sangat baik, mau kemana aja gampang. Cuma tidak seperti di Indonesia, kita nyaris boleh minta berenti dimana aja. Di China kita harus berhenti di halte-halte yang sudah ditentukan. Kalo naik bis disini biasaya pakai kartu, kartu ini bisa dipakai untuk naik bis atau naik subway, dah kadang-kadag juga bisa dipake buat belanja…weew…seru ya
Nah, biasanya kata-kata apa saja ya yang bisa digunakan kalau kita naik kendaraan umum seperti bis…yuuuuk ~

公交卡Gōngjiāo kǎ : Kartu Transportasi

公车站Gōng chē zhàn: Halte Bis
乘客Chéngkè : Penumpang
上车Shàng chē : Naik
下车Xià chē : Turun
  • 要下车吗?yào xià chē ma? : Mau turun ya?
  • 我要下车了Wǒ yào xià chē le : saya mau turun
借过Jièguò : Numpang lewat
下一站Xià yí zhàn : Halte berikutnya
  • 下一站是团结湖Xià yí zhàn shì tuánjié hú : Halte berikutnya adalah Tuanjiehu
等一下Děng yīxià : Tunggu sebentar
  • 我要上车,请等一下Wǒ yào shàng chē,qǐng děng yīxià : saya mau naik, tunggu sebentar
请坐Qǐng zuò : Silakan duduk
  • 我下一站就下车,请坐吧Wǒ xià yí zhàn jiù xià chē, qǐng zuò ba : saya turun di halte berikutnya, silakan duduk
先下后上Xiān xià hòu shàng : Turun dulu baru naik
  • 别挤!先下后上!Bié jǐ! Xiān xià hòu shàng! :jangan dorong-dorongan ! turun dulu baru naik!
前门Qiánmén : Pintu depan
  • 请从前门下车Qǐng cóng qiánmén xià chē : Silaka turun melalui pintu depan
后门Hòumén : Pintu belakang
  • 请从后门上车Qǐng cóng hòumén shàng chē : Silakan naik dari pintu belakang
刷卡Shuākǎ : Gesek kartu*  (sebenarnya ngga digesek juga…Cuma ditempelkan ke mesin, tapi istilahnya memang digesek)
  • 下车要刷卡Xià chē yào shuā kǎ : turun harus gesek kartu. (1)
买票Mǎi piào : Beli tiket
  • 没卡乘客请买票Méi kǎ chéngkè qǐng mǎi piào : penumpang yang tidak memiliki kartu, silakan membeli tiket (2)
  • 我要买票Wǒ yāomǎi piào : saya mau beli tiket



Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : Wira Hadi ~Wira Junior Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul BELAJAR BAHASA MANDARIN KOSAKATA TERBARU yang ditulis oleh Wira Junior Blog yang berisi tentang :BELAJAR BAHASA MANDARIN KOSAKATA TERBARU LENGKAP DENGAN TERJEMAHAN. Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini, Kecuali menyertakan link http://wirajunior.blogspot.com sebagai Sumbernya.

Artikel Terkait Lainnya:

WiraJunior [ WiraJunior ]

Blog, Updated at: 9:39 PM

2 komentar:

Wira Junior Blog© 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu