Thursday, November 21, 2013

CONTOH RPP IPA BERKARAKTER KELAS 4 SEMESTER 1 DAN PANDUAN PENGEMBANGAN RPP 2013



PANDUAN PENGEMBANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)




I.                   Pendahuluan



Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. 


Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi  Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian



II.    Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)



Mencantumkan identitas

·        Nama sekolah

·        Mata Pelajaran

·        Kelas/Semester

·        Alokasi Waktu



Catatan:

Ø  RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.

Ø  Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan

Ø  Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam  satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.







A.Standar Kompetensi

Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut :

a.       urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD

b.      keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran

c.       keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.



B.     Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu. Kompetensi Dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

a.       Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar

b.      Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran

c.       Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran





C.Tujuan Pembelajaran



Tujuan Pembelajaran berisi  penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.





D.  Materi Pembelajaran



Materi pembelajaran  adalah  materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.



E.  Metode Pembelajaran/Model Pembelajaran



Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.



F.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran



Untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kegiatan pembelajaran harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan dalam setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan :

a. Pendahuluan

    Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan un­tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

b. Inti

    Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di­lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang­kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

c. Penutup

    Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un­tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.

 

G. Sumber Belajar



Pemilihan  sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan.  Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya,  sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.



H.  Penilaian



Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan  teknik  tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.



III. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)





Sekolah                             : ..................................

Mata Pelajaran                : ...................................

Kelas/Semester                : ...................................

Alokasi Waktu                 : ...................................



A.    Standar Kompetensi

B.     Kompetensi Dasar

C.  Tujuan Pembelajaran:

D.  Materi Pembelajaran   

E.  Model/Metode Pembelajaran 

F.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

§  Kegiatan Awal            :

-   

                        -   

        Kegiatan Inti                      :

                        -   

                                    -

§  Kegiatan Akhir           :

                        -

-    

G.  Sumber Belajar           

H.  Penilaian                     




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   ..................................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu                           :   4 x 45 menit  (3 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B.     Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

C.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü  rangka kepala
ü  rangka badan
ü  rangka anggota gerak
ü  sendi
            secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness) ( NK. Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
o   Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
o   Siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya dengan penanaman nilai disiplin ( Discipline ).
o   Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.    Materi Essensial
Rangka dan Panca Indera Manusia
o   Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
o   Bagian rangka (hlm.2)
o   Fungsi rangka (hlm.6)

Kerangka manusia
Kerangka manusia terdiri dari kedua menyatu dan individu tulang didukung dan dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan . It serves as a scaffold which supports organs, anchors muscles, and protects organs such as the brain , lungs and heart . Ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ seperti otak , paru-paru dan jantung . The biggest bone in the body is the femur in the thigh, and the smallest is the stapes bone in the middle ear . Tulang terbesar dalam tubuh adalah tulang paha di paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah . In an adult, the skeleton comprises around 30-40% of the total body weight, [ 1 ] and half of this weight is water. Dalam orang dewasa, tulang terdiri dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, [1] dan setengah dari berat ini adalah air.

Fused bones include those of the pelvis and the cranium . tulang Fused termasuk orang-orang dari panggul dan tengkorak . Not all bones are interconnected directly: there are three bones in each middle ear called the ossicles that articulate only with each other. Tidak semua tulang saling berhubungan langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengah disebut ossicles yang mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain. The hyoid bone , which is located in the neck and serves as the point of attachment for the tongue , does not articulate with any other bones in the body, being supported by muscles and ligaments. The tulang hyoid , yang terletak di leher dan berfungsi sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam tubuh, yang didukung oleh otot dan ligamen.



E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV




F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang rangka manusia
F Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendeskripsikan rangka manusia:
-   rangka kepala
-   rangka badan
-   rangka anggota gerak
-   sendi
F Siswa menyebutkan rangka kepala
-   T.Ubun
-   T.Pelipis
-   T. Mata
-   T. Dahi
-   T.Hidung
-   T.Pipi
-   Rahang atas
-   Rahang bawah

F Siswa menyebutkan rangka badan
-   T.Tengkorak
-   Ruas-ruas Tulang leher
-   T.Selangka
-   T.Belikat
-   T.Dada
-   T.Rusuk

-   T.Lengan Atas
-   Ruas-ruas Tulang Punggung
-   TT.Panggul
-   T.Hasta
-   T.Pengumpil
-   T.Pergelangan Tangan
-   T.Telapak tangan
-   Ruas-ruas Jari Tangan
-   T.Paha

-   T.Tempurung lutut
-   T.Betis
-   T.Kering
-   T.Pergelangan kaki
-   T.Telapak kaki
-   Ruas-ruas jari
-   T.Kemaluan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya

( 50 menit)
































(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengambar rangka badan manusia

pertemuan 2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengumpulkan pekerjaan rumah
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Mendeskripsikan Rangka anggota gerak
F Mendeskripsikan Sendi :
-   Sendi Engsel
-   Sendi Pelana
-   Sendi Peluru
-   Sendi Putar
-   Sendi Geser

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness) Tekun ( diligence ) , ( NK. ) Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness). .
F Mendeskripsikan fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya. Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka.
F Melakukan kegiatan
F Membuat kesimpulan dari kegiatan.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang terdapat sendi dengan cara disiplin ( Discipline )

(50 menit)























(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
F Mengambar rangka badan manusia

pertemuan 3
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
F Mengetahui bersikap tubuh yang benar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
-   Lordosis
-   Kifosis
-   Skoliosis
F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur..
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.

(50 menit)




















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor


G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
Tugas Individu
dan Kelompok

Laporan dan Unjuk kerja


o  Jelaskanlah rangka manusia dan fungsinya.

H.    FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPA



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

 

BACA JUGA CONTOH RPP IPA LAINNYA....:

1.) RPP IPA KELAS 5


2.) RPP IPA KELAS 6

3.) RPP IPA KELAS 7

4.) RPP IPA KELAS 8

5.) RPP IPA KELAS 9
 

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit
RPP LENGKAP

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2011 Wira Junior Blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us