Monday, July 29, 2013

CONTOH RPP IPA KELAS 5 SD BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   ...........................
Mata Pelajaran            :   SAINS (IPA)
Kelas/Semester            :   V/ 1
Materi Pokok               :   Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Waktu                          :   8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

B.     Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.

C.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
o   Siswa dapat Memahami istilah dari
-   Diagfragma
-   Gelambir
-   Pleura
-   Bronkus
- Alveolus
- Pundi-pundi
- Labirin
- Stigma
o   Siswa dapat Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut
o   Siswa dapat Memahami proses pernapasan pada :
-   Manusia
-   Burung
-   Reptil
-   Amfibi
-   Ikan
-   Serangga
-   Cacing

o   Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Organ tubuh manusia dan hewan
o   Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V
o   Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
1.      Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang alat pernapasan
F Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
-   Paru-paru
-   Hidung
-   Tenggorokan
F Memahami istilah dari
-   Diagfragma
-   Gelambir
-   Pleura
-   Bronkus
-   Alveolus

F Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut
F Memahami proses pernapasan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
3.      Penutup
o   Mengulang proses pernapasan


(5 menit)
4.      Pekerjaan Rumah
o  


Pertemuan ke-2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan kegiatan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan dari kegiatan 1.1


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   tugas 1.1


Pertemuan ke-3
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
o   Memahami peta konsep tentang alat pernapasan pada hewan

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan
-   Burung
-   Reptil
-   Amfibi
-   Ikan
-   Serangga
-   Cacing
-   Mamalia

F Memahami istilah dari
-   Pundi-pundi
-   Labirin
-   Stigma

F Memahami proses pernapasan pada :
-   Burung
-   Reptil
-   Amfibi
-   Ikan
-   Serangga
-   Cacing
-   Mamalia

F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa hewan memiliki alat pernapasan yang berbeda-beda
(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o    

Pertemuan ke-4
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& sEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami bahwa penyakit yang menyerang alat pernapasan manusia dapat diakibatkan oleh pencemaran udara dan serangan kuman
F Memahami gejala penyakit :
-   Influenza
-   Flu burung
-   Pnemonia
-   Tuberkulosis paru-paru
F Memahami pola hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan alat pernapasan
-   Makan makanan bergizi
-   Berolahraga teratur
-   Istirahat teratur
-   Menjaga kebersihan
-   Menjauhi asap rokok

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Menyebutkan penyakit menyerang alat pernapasan manusia akibat serangan kuman
-   Influenza
-   Flu burung
-   Pnemonia
-   Tuberkulosis paru-paru
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan alat pernapasan.


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   -


G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan.

o  Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.

o  Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o  Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan

Tugas Individu
dan Kelompok



Laporan dan Unjuk kerja






o  Jelaskanlah alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan.

o  Buatkanlah model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.

o  Jelaskanlah penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.

o  Jelaskanlah cara memelihara kesehatan alat pernapasan


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                                ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA


  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :



BACA JUGA CONTOH RPP IPA LAINNYA ................:


1.) RPP IPA KELAS 4


2.) RPP IPA KELAS 6



3.) RPP IPA KELAS 7

4.) RPP IPA KELAS 8

5.) RPP IPA KELAS 9
 

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit
RPP LENGKAP

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2011 Wira Junior Blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us