CONTOH RPP IPS BERKARAKTER KELAS 4 SEMESTER 1

Written By Wira Hadi on Thursday, July 4, 2013 | 5:18 AM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..........................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester            :   IV/II
Alokasi Waktu             :   12 jam pelajaran @ 35 menit
                                           Pertemuan minggu ke- 1 sampai 4 (4 minggu)

 Standar Kompetensi
2.  Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten I kota dan provinsi

I.     Kompetensi Dasar
2.1  Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya

II.  Tujuan Pembelajaran**
¨      Siswa dapat Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

III. Materi Pokok
§  Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain yang ada di daerahnya

IV. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 1 -  4)
Pertemuan 1
·       Kegiatan awal
-      Siswa diajak mengamati gambar pemandangan alam
·       Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyebutkan apa saja sumber daya alam di daerahnya yang mendukung kegitan ekonomi di daerahnya
F Mengelompokkan sumber daya alam tersebut sesuai jenis-jenisnya
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Merangkum materi pelajaran yang telah diterimanya

Pertemuan 2
·       Kegiatan awal
-      Siswa diajak menyanyi ”Nyiur Melambai”
-      Tanya jawab materi pelajaran
·       Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan tentang manfaat sumber daya alam
F Menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mencatat hal-hal penting tentang manfaat dan melestarikan sumber daya alam

Pertemuan 3
·       Kegiatan awal
-      Menjawab pertanyaan guru
·       Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerahnya
F Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi di daerahnya
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Murid maju menunjukkan melalui peta tempat kegiatan ekonomi di daerahnya

Pertemuan 4
·       Kegiatan awal
-      Mengamati peta di papan tulis
-      Menunjukkan tempat dan jenis-jenis sumber daya alam
·       Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan jenis-jenis sumber daya alam di daerahnya
F Menceritakan sumber daya alam yang mendukung kegiatan ekonomi
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bercerita di depan kelas tentang sumber daya alam yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi di daerahnya

V.  Alat dan Sumber Bahan
§  Alat Peraga   :   Gambar berbagai jenis sumber daya alam
§  Sumber          :   Buku IPS kelas IV  
                                      Buku pendamping IPS yang relevan



BACA JUGA CONTOH RPP IPS LAINNYA....

1.) RPP IPS KELAS 5

2.) RPP IPS KELAS 6



3.) RPP IPS KELAS 7

4.) RPP IPS KELAS 8

5.) RPP IPS KELAS 9

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : Wira Hadi ~Wira Junior Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP IPS BERKARAKTER KELAS 4 SEMESTER 1 yang ditulis oleh Wira Junior Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini, Kecuali menyertakan link http://wirajunior.blogspot.com sebagai Sumbernya.

Artikel Terkait Lainnya:

WiraJunior [ WiraJunior ]

Blog, Updated at: 5:18 AM

0 komentar:

Post a Comment

Wira Junior Blog© 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu