CONTOH RPP MATEMATIKA SD BERKARAKTER KELAS 4 SEMESTER 1

Written By Wira Hadi on Tuesday, July 23, 2013 | 2:44 AM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   .........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)
Alokasi waktu                    :  10 x 35 menit  (4 X pertemuan)      

A.    Standar  Kompetensi      :          
1.  Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
1.2.  Mengurutkan bilangan

C.    Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Menulis lambang bilangan sesuai dengan nilai tempat secara disiplin dan mandiri
§  Siswa dapat Membandingkan dua bilangan yang melibatkan nilai tempat
§  Siswa dapat Mengurutkan nilai bilangan dari yang terkecil atau terbesar

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), & mandiri.

D.    Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan
§  Mengurutkan Bilangan
-      Mengurutkan bilangan dari bilangan yang paling kecil
-      21,22,23,24,25,26,27,28,29,30
-      mengurutkan bilangan dari bilangan yang paling besar
-      30,29,28,27,26,25,24,23,22,21
Bilangan dan Lambang
  • Menulis Nama dan Bilangan
    Bilangan identik dengan angka, contohnya 580, 680, 780. Lambang identik dengan nama misalnya limaratus delapan puluh, enam ratus delapan puluh, tujuh ratus delapan puluh.
  • Menulis Bentuk Panjang suatu Bilangan
    Panjang suatu bilangan adalah berapa banyak angka yang terdapat pada suatu bilangan dengan menguraikan angka tersebut.
  • Menentukan Nilai Tempat
    563783 bisa ditulis dengan 500.000+60.000+3000+700+80+3
    500.000 sebagai ratusan ribu.
    60.000 sebagai puluhan ribu
    3.000 sebagai ribuan
    700 sebagai ratusan
    80 sebagai puluhan
    3 sebagai satuan
Bilangan Bulat
  • Bilangan Bulat
    Bilangan yang terdiri dari bilangan nol (0), positif (+), dan negatif (-).
    Lambang .. Nama Bilangan .. Lawannya.
    -1 .. negatif satu .. 1
    -2 .. negatif dua .. 2
    -3 .. negatif tiga .. 3
  • Penjumlahan dan Pengurangan
    Catatan = Pengurangan bilangan bulat, sama dengan Penjumlahan dengan lawan Bilangan Pengurangannya.
    Contoh: 7 – 5 = 7 + (-5) = 2
    Catatan = bila ada bilangan negatif bertemu negatif maka hasilnya positif.
  • Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat
    Perkalian berlaku sifat komulatif, asosiatif dan distributif.
    Catatan = jika tanda sama hasilnya positif, jika tanda beda hasilnya negatif
    Contoh :15 x 5 = 75
    -15 x -5 = 75
    15 x (-5) = -75
    -15 x 5 = -75
Pembagian juga berlaku sifat yang sama dengan perkalian yaitu jika tanda (+) dengan (+) hasil (+), jika tanda (+) dengan (-) hasil (-).
Contoh :
75 : 15 = 5
-75 : 15 = -5
  • Bilangan Bilangan Bulat Campuran
    Catatan jika terdapat Penjumlahan dan Pengurangan, atau Perkalian dan Pembagian, kerjakan dari sebelah kiri dulu.
    Contoh 5 + 10 – 1 = (15 – 1 ) = 14
    5 x 2 : 5 = 10 : 5 = 2jika ada kasus Penjumlahan, Perkalian, Pengurangan , Pembagian maka kerjakan operasi Perkalian dan Pembagian dahulu kecuali ada tanda kurung, kerjakan yang ada tanda kurung dulu.
    Contohnya 5 + 6 x 10 = 6×10 + 5 = 65
    (5 + 6)x 10 = 11 x 10 = 110
Angka Romawi
Lambang

Lambang
Desimal
Romawi
Desimal
Romawi
1
I
30
XXX
2
II
40
XL
3
III
50
L
4
IV
90
XC
5
V
100
C
6
VI
400
CD
7
VII
500
D
8
VIII
900
CM
9
IX
1000
M
10
X


11
XI


12
XII


13
XIII


14
XIV


15
XV


16
XVI


17
XVII


18
XVIII


19
XIX


20
XX



E.     Metode Pembelajaran
Percobaan, diskusi, ekspositori, dan latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran           :
Pertemuan ke 1-2
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali tentang  konsep bilangan bulat dan contohnya.
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengurutkan bilangan secara disiplin dan mandiri
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dengan menggunakan garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan besar bilangan secara disiplin dan mandiri
F Diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa secara disiplin dan mandiri
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

Pertemuan ke 3-4
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi
-      Memberikan motivasi dan semangat dengan permainan atau cerita pendek.
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengurutkan bilangan secara disiplin dan mandiri

&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dengan menggunakan media garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan besar bilangan
F Mendemonstrasikan lambang bilangan
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
§  Matematika SD untuk Kelas IV
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4
§  Garis bilangan






H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Membaca dan menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan

o  Menulis lambang bilangan sesuai dengan nilai tempatnya

o  Mengurutkan bilangan dengan pola teratur dan tidak teratur

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan buku pekerjaan rumah



Lengkapilah garis bilangan berikut!
 

...  ...–3-2 -1  0  1   2  3 4   5  6
o  Bacakanlah dan Tuliskanlah lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan ?
o  Tuliskanlah lambang bilangan sesuai dengan nilai tempatnya ?

o  Gurutkan bilangan dengan pola teratur dan tidak teratur ?


Soal soal :

Nama bilangan dari 74.055 adalah

Tujuh puluh ribu empat ratus lima
Tujuh puluh empat ribu lima puluh lima
Tujuh puluh empat ribu lima lima
Tujuh puluh ribu empat ratus lima puluh lima
Nilai tempat dari 4, dari bilangan 34560 adalah

Puluhan
Ratusan
Ribuan
Puluhan ribu
Selisih nilai yang sama pada bilangan 76.631 adalah

5994
5999
5400
5940
Lima langkah ke kanan dari titik -8 adalah

-13
13
3
-3
Hasil dari 85 – 55 adalah

130
-130
30
-30
(-155) + 45 hasilnya

-200
-110
200
110
Nilai dari (-10) – (-11) adalah

21
-1
-21
1
Hasil dari 15 + 5 : 5 adalah

16
4
-16
-4
Nilai n dari ( 8 x 9 ) + ( 7 x 8 ) = n x 8 adalah

18
16
17
20
Angka romawi dari 39 adalah

XXIX
XXXIX
XXXXI
XXIIX
CDIX senilai dengan

409
490
411
509
20 + 40 x 10 -200 : 10 adalah

30
400
380
80
Bilangan romawi MCMLXV jika diubah dengan desimal adalah

1965
1955
1165
1865
Nilai 999 ditulis dengan bilangan romawi adalah

CMCM
CMXCX
CMXCIX
CMIX
Hasil dari 75 + 3 x (-5) – 20 adalah

40
53
103
370
Nilai dari 10 x (-4 + 1 )

30
-30
49
-49
Lawan dari -1700 adalah

1700
-1700
7100
-7100
Angka romawi dari 88 adalah

LXXXVIII
XXCVIII
XXXXXXXVIII
LXXX
Lawan dari 38 adalah

38
-38
83
-83
Bilangan romawi MMCMIX

2990
2999
2909
2099




Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1


 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



BACA JUGA CONTOH RPP MATEMATIKA LAINNYA..............:


1.) RPP MATEMATIKA KELAS 5


2.) RPP MATEMATIKA KELAS 6

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : Wira Hadi ~Wira Junior Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP MATEMATIKA SD BERKARAKTER KELAS 4 SEMESTER 1 yang ditulis oleh Wira Junior Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini, Kecuali menyertakan link http://wirajunior.blogspot.com sebagai Sumbernya.

Artikel Terkait Lainnya:

WiraJunior [ WiraJunior ]

Blog, Updated at: 2:44 AM

0 komentar:

Post a Comment

Wira Junior Blog© 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu