SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP TIK BERKARAKTER KELAS 4 SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah        : ................................
Mata Pelajaran       : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester        : 4 (empat)/ 1 (satu)
Alokasi waktu         : 2 x 35 menit  (1 X pertemuan)


I. Standar Kompetisi     :
1.  Pengenalan Komputer dalam teknologi informasi dan komunikasi

II. Kompetisi Dasar         :
 1.2. Mengidentifikasi perangkat-perangkat yang digunakan dan fungsinya

III. TujuanPembelajaran     :
      Mampu mengenal elemen-elemen pendukung teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

IV  Materi Ajar (Materi Pokok)       :
      Pengenalan komputer

V. Matode Pembelajaran     :
      Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi

VI. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan ke 1
§  Kegiatan Awal               :
-   Mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
                                            -    Mengabsen siswa
     
§  Kegiatan Inti                  :
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat mencatat elemen-elemen pendukung komputer (Hardware,software dan brainware
F mendengarkan penjelasan Hardware,software dan brainware
F menunjukan  elemen-elemen yang termasuk perangkat keras (CPU,Monitor, keyboard, hardisk, mouse, disket, Spiker, dll)
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir              :
Dalam kegiatan Akhir, guru:
               -     memberikan tugas di rumah
               -     membereskan kursi
               -     berdo’a dan mengucapkan salam 
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
        - Pengenalan komputer

VIII.  Penilaian                     
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
: Memahami cara menghidupkan dan mematikan komputer secara prosedur (menunjukan tombol  power CPU dan monitor)
: Menjelaskan definisi komputer
: Mengetahui yang termasuk perangkat keras komputer (hardware) serta fungsinya
: Mengetahui yang termasuk perangkat lunak (software) dan fungsinya
: Menjelaskan perangkat manusia (brainware) dan fungsinya
Tes Lisan
Uraian
: Apa yang dimaksud dengan komputer
: Sebutkan alat komunikasi yang kamu ketahui
: Sebutkan 3 elemen pendukung komputer
: Sebutkan 3 buah contoh perangkat keras dan lunak
: Apa fungsi CPU, monitor, keyboard, disket


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1
LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
          Mengetahui                                                                             
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel TIK.



          ..................................                                                    ..................................
NIP :                                                                             NIP :



I. Standar Kompetisi     :
 2.  Menggambar dan mewarnai gambar dengan perangkat lunak picture maker

II. Kompetisi Dasar                  :
2.1 Mengenal perangkat lunak (software) untuk menggambar

III.  Tujuan Pembelajaran**           :
      Mampu menggambar dengan menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

IV. Materi Ajar (Materi Pokok)      :
      Cara menjalankan perangkat lunak Picture Maker dan pengenalannya


V. Matode Pembelajaran     :
      Test Tulisan

VI. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan ke 1
§  Kegiatan Awal               :
-    mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
                                            -    mengabsen siswa
§  Kegiatan Inti                  :
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membakikan soal
F Menjelaskan cara pengisian
F Siswa menjawab pada lembaran soal yang sudah disediakan
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir              :
Dalam kegiatan Akhir, guru:
               -     mengumpulkan hasil jawaban
               -     membereskan kursi
               -     berdo’a dan mengucapkan salam 

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
        - Diktat story Baird Live dan perangkat komputer

VIII.  Penilaian                     
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
: Mampu memegang mouse dan menggerakkannya
: Memahami cara membuka  dan mengahiri sytem picture maker
: Menunjukkan area-area pada tampilan layar picture maker  (menu area, icon area, palette area, line style area, active pateern box, buttotn status area,drawaing area )
: Memahami fungsi dari area-area pada picture maker  (menu area, icon area, palette area, line style area, active patern box, button status area, drawing area )
Praktek
Demontrasi
: Praktekkanlah memegang mouse dan menggerakkannya
: Jelaskanlah cara membuka  dan mengahiri sytem picture maker
: Jelaskanlah area-area pada tampilan layar picture maker  (menu area, icon area, palette area, line style area, active pateern box, buttotn status area,drawaing area )
: Jelaskanlah fungsi dari area-area pada picture maker  (menu area, icon area, palette area, line style area, active patern box, button status area, drawing area )

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                ............, ......................20 ...
          Mengetahui                                                                             
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel TIK.


          ..................................                                                    ..................................
NIP :                                                                             NIP :


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP TIK BERKARAKTER KELAS 4 SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top