SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 6 SD BERKARAKTER SEMESTER 1


NAMA SEKOLAH               : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VI/1
Standar Kompetensi               : 1.          Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 1.1        Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas                                                          
Indikator Pencapaian              : 1.1.1     Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran**           : Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran             : Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik menyebutkan nama-nama sayuran, guru bertanya pada siswa mengenai nama-nama sayuran yang mereka tahu dalam bahasa Inggris.
2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta membuka buku pada halaman materi yang akan dipelajari.
F Pada halaman tersebut, terdapat nama-nama sayuran yang harus dipilih sesuai dengan tepat.
F Siswa diminta mendengarkan kaset/CD dan memilih nama sayuran yang tepat sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD.
F Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.

Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 6, Esis
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima

Unjuk kerja


Responding

Listen and circle the correct answer.
Kaset/CD: (informasi tentang nama-nama sayuran yang harus siswa lingkari)

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Inggris



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH               : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VI/1
Standar Kompetensi               : 1.          Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 1.2        Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam berbagai permainan 
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran**           : Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran             : Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari.
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik menyebutkan nama-nama buah, guru bertanya pada siswa mengenai nama-nama buah dalam bahasa Inggris dan meminta mereka menjelaskan ciri-ciri buah yang mereka sebutkan.
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar instruksi guru atau instruksi dari kaset/CD dan merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan yang diminta.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Pada latihan tersebut, siswa mendengar petunjuk mengenai nama-nama buah.
F Siswa merespon dengan menuliskan nama buah yang sesuai dengan petunjuk dari kaset/CD.
F Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.

Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 6, Esis
  2. Rekaman kaset/CD
  3. Buku-buku lain yang relevan
  4. Script percakapan

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima

Unjuk kerja



Responding


Listen and fill in the crossword. 
Kaset/CD: (informasi tentang buah-buahan dan siswa menebak buah apa yang dimaksud)


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Inggris



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :





BACA JUGA RPP BHS.INGGRIS LAINNYA...............

1.) RPP BAHASA INGGRIS KELAS 4

2.) RPP BAHASA INGGRIS KELAS 6

3.) RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7

4.) RPP BAHASA INGGRIS KELAS 8

5.) RPP BAHASA INGGRIS KELAS 9

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 6 SD BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top