SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BHS.INDONESIA KELAS 7 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : VII/1
Standar Kompetensi               : Mendengarkan
1. ( memahami   wacana lisan melalui kegiatan  mendengarkan -berita)        
Kopetensi dasar          : 1.1.Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Alokasi waktu             : 2 x 40 menit

A.           Tujuan Pembelajaran
1.Peserta didik dapat menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan Secara Tekun (diligence)
2.Peserta didik dapat menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
3.Peserta didik dapat menyimpulkan isi berita dalam satu alinea

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.           Materi Pembelajaran
Penyimpulan pikiran, pendapat dan gagasan dalam wacana

C.           Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi dan penugasan
Teks wawancara tentang tokoh idola

D.           Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal 
Apersepsi :
1)            Peserta didik Membacakan teks berita
2)            Peserta didik mendengarkan teks berita yang dibacakan
3)            Peserta didik diminta bertanya tentang manfaat berita yang dibacakab
Motivasi :
1)              Menjelaskan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Kegitan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect )
F   Mendata pikiran, pendapat dan gagasan yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan, yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
F  Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
F  Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui wawancara kedalam beberapa kalimat singkat Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.           Sumber Belajar
a.   Bagan identifikasi pengalaman
b.  Gambar
c.   VCD
d.  Narasumber
e.   Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Penilaian
Teknik
penilaian
Bentuk Instrumen
Soal/Instrumen
·    Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan
·    Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea

Tes tulis



Uraian 
·  Tulislah minimal lima isi/sari berita dari sepuluh isi/sari berita yang dibacakan!
·  Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea!
                                   
           
No
Butir Soal
Skor maksimal
1


2

3
Tulislah minimal 3 pokok berita yang terdapat dalam teks berita yang dibacakan !

Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya !

Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea
3


4

3

Jumlah
10

Kriteria Penilaian
Soal Nomor 1 :
1.      Apabil Peserta didik menjawab satu dari tiga pokok berita
2.      Apabila hanya dua yang benar
3.      Apabila Peserta didik menjawab lengkap dan benar
Soal Nomor 2 :
1.      Apabila Peserta didik menjawab benar nilai 4
2.      Apabila Peserta didik menjawab kurang sempurna nilai 2
3.      Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1
Soal Nomor 3 :
1     Apabila Peserta didik dapat menyimpulkan dengan benailai 3
2.Apabila Peserta didik dapat menyimpulkan tetapi kurang sempurna nilai 2
3.Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1

Penghitungan nilaian Akhir : Perolehan skor   x  100
                                                              Skor Maksimum


                                                                                         
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,




Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




ISYEU SRI SUNARYATI
NIP. -








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : VII/1
Standar Kompetensi   : 1. Mendengarkan ( memahami   wacana lisan melalui      kegiatan      mendengar berita )
Kopetensi dasar          : 1.2. Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
Alokasi waktu             : 2 x 40 menit

A.Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat menemukann pokok-pokok berita yang didengarkan  melalui radio/TV
2.      Peserta didik dapat menuliskan isi berita ke dalam beberapa kalimat

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tanggung jawab ( responsibility )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )

B.Materi Pembelajaran
Penyimpulan pikiran, pendapat dan gagasan dalam wacana

C.Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi dan penugasan

D.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
            Kegiatan Awal           
Apersepsi :
§ Guru dan Peserta didik bertanya jawab tentang tugas rumah penulisan teks berita
Motivasi :
§ Menjelaskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
    
Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1)      melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
2)      menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
3)      memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
4)      melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
5)      memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1)      membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2)      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3)      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4)      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5)      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6)      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
7)      memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
8)      memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
9)      memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§     Konfirmasi
      Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1)      memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2)      memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3)      memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4)      memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
a)      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
b)      membantu menyelesaikan masalah;
c)      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
d)     memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
e)      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.


Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e.       menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.              

E.Sumber Belajar
a.       Bagan identifikasi pengalaman
b.      Gambar
c.       VCD
d.      Narasumber
e.       Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

F.Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Penilaian
Teknik
penilaian
Bentuk Instrumen
Soal/Instrumen
·    Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan 
·    Mampu menuliskan kembali  berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi
Penugasan individual/ke-lompok
Pekerjaan rumah (PR)
·  Tuliskan kembali berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi!
              

No
Butir Soal
Skor maksimal
1


2

3
Tulislah minimal 3 pokok berita yang terdapat dalam teks berita yang dibacakan !

Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya !

Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea
3


4

3

Jumlah
10
Kriteria Penilaian
Soal Nomor 1 :
4.      Apabil Peserta didik menjawab satu dari tiga pokok berita
5.      Apabila hanya dua yang benar
6.      Apabila Peserta didik menjawab lengkap dan benar
Soal Nomor 2 :
4.      Apabila Peserta didik menjawab benar nilai 4
5.      Apabila Peserta didik menjawab kurang sempurna nilai 2
6.      Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1
Soal Nomor 3 :
1     Apabila Peserta didik dapat menyimpulkan dengan benailai 3
4.Apabila Peserta didik dapat menyimpulkan tetapi kurang sempurna nilai 2
5.Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1

Penghitungan nilaian Akhir : Perolehan skor   x  100
                                                              Skor Maksimum



Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,




Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




ISYEU SRI SUNARYATI
NIP. -



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Kelas/Semester           : VII/1
Standar Kompetensi   : 2. Berbicara (Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman.
Kopetensi dasar          : 2.1. Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata dan kalimat yang efektif.
Alokasi waktu             : 4x 40 menit ( 2x Pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
1.       Peserta didik dapat mengidentifikasi pengalaman yang mengesankan
2.       Peserta didik dapat menentukan pengalaman yang paling mengesankan dari daftar pengalaman yang diidentifikasi
3.       Peserta didik dapat menyusun pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan

Pertemuan Kedua:
Peserta didik dapat mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.Materi Pembelajaran
Penyampaian cerita
1.       Daftar pengalaman peserta didik
2.       Cara menyampaikan cerita
3.       Bercerita

C.Metode Pembelajaran
Bercerita,Tanya jawab,Tes unjuk kerja

D.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama: 2 X 40’
1.      Kegiatan Pendahuluan
  Apersepsi :
§ Peserta didik mencermati cerita pengalaman dari narasumber
§ Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang isi cerita pengalaman
§ Peserta didik mengidentifikasi kebermaknaan bercerita pengalaman
§ Peserta didik menyepakati tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Motivasi :
§ Menyusun tentang pentingnya pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan

2.      Kegiatan Inti
Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§   melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
§   menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§   memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
§   melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§   memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§   membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
§   memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§   memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
§   memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§   memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
§   memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§   memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§   memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§   memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§     Konfirmasi
      Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§   memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§   memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
§   memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
§   memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
§  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
§  membantu menyelesaikan masalah;
§  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
§  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
§  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
o     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
o     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
o     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
o     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
o     menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

Pertemuan Kedua: 2 X 40’
1.            Kegiatan Pendahuluan
  Apersepsi :
§ Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang kegiatan berlatih bercerita pada kegiatan sebelumnya
§ Peserta didik menjelaskan tujuan kegiatan bercerita
§ Peserta didik berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Motivasi :
§ Ceritakan  tentang pentingnya pengalaman yang paling mengesankan
  1. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Peserta didik menceritakan pengalaman secara individu
F  Beberapa Peserta didik lain dan guru menilai Peserta didik yang tampil

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  Peserta didik dan guru menentukan tiga pencerita terbaik
F  Tiga pencerita terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.Sumber Belajar
a.       Bagan identifikasi pengalaman
b.      Gambar
c.       VCD
d.      Narasumber
e.       Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

F.Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.      Mampu mengidentifikasi pengalaman yang mengesankan
2.      Mampu menentukan pengalaman yang paling mengesankan dari daftar pengalaman yang diidentifikasi
3.      Mampu menyusun pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan
4.      Mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan pokok-pokok cerita yang disusun dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
1.      Identifikasilah minimal tiga pengalamanmu yang paling mengesankan!
2.      Tentukan satu pengalaman yang kamu anggap paling mengesankan dari daftar yang telah kamu buat untuk diceritakan!
3.      Susunlah   pokok-pokok cerita pengalaman yang paling mengesankan itu dengan runtut!
4.      Ceritakanlah secara lisan pengalaman yang mengesankan itu berdasarkan pokok-pokok cerita yang telah kamu susun dengan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!


Pedoman Penilaian Menceritakan Pengalaman
a.         Identifikasilah minimal tiga pengalamanmu yang paling mengesankan!
Pedoman Penskoran:
Kegiatan
Skor
Peserta didik menuliskan 3 pengalaman atau lebih
2
Peserta didik menuliskan 1—2 pengalaman
1
Peserta didik tidak menuliskan apa-apa
0

b.         Tentukan satu pengalaman yang kamu anggap paling mengesankan dari daftar yang telah kamu buat untuk diceritakan!
Pedoman Penskoran:
Kegiatan
Skor
Peserta didik menentukan satu pengalaman yang mengesankan
1
Peserta didik tidak dapat  menuliskan apa-apa
0
c.         Susunlah   pokok-pokok cerita pengalaman yang paling mengesankan itu dengan runtut!
Pedoman Penskoran:
Kegiatan
Skor
Peserta didik menyusun pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesankan dengan  runtut
2
Peserta didik menyusun  pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesankan, tapi tidak runtut
1
Peserta didik tidak dapat  menuliskan apa-apa
0

d.         Ceritakanlah secara lisan pengalaman yang mengesankan itu berdasarkan pokok-pokok cerita yang telah kamu susun dengan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!


Rubrik Penilaian Bercerita (perlu disepakati dulu oleh guru dan Peserta didik)
Berilah tanda cek (Ö) pada kolom nilai 1, 2, 3, atau 4  dengan ketentuan: 1 =  kurang; 2 = sedang; 3 = baik; 4 = sangat baik.
Nama Peserta didik: ......................................
Tanggal       :  .....................................
Judul Cerita  :  ....................................

No.
Aspek
Deskriptor
1
2
3
4
1
Kesesuaian isi
Isi cerita sesuai dengan pokok-pokok cerita yang disusun




2
Kesesuaian visualisasi
Visualisasi mendukung isi cerita




3
Pelafalan
Pelafalan kata secara jelas dan tepat




4
Jeda dan Intonasi
Pengaturan jeda, tinggi-rendah nada, keras- lemah suara, dan cepat-lambat cerita




5
Gerak/mimik
Keserasian antara ekspresi wajah, gerak, sikap, dan ucapan





Skor maksimal:
No 1.    = 2
No 2.    = 1
No 3.    = 2
No 4.   = 20
Jumlah = 25
Saat Peserta didik melaksanakan perintah soal no. 4, dia sudah harus melaksanakan soal no 1,1 2, dan 3

Penghitungan nilai akhir dalam skala 0—100 adalah sebagai berikut:

a.             Prosedur (1 + 2 + 3) diberi bobot 20 % atau 30 %


Perolehan Skor





Nilair =
---------------------
X
Skor Ideal (100)
X
Bobot (20/30 %)
=  ....

Skor Maksimal (5)





  
b.            Produk /unjuk kerja (d) diberi bobot lebih besar daripada prosedur, misalnya 80 atau 70 %                                

Perolehan Skor





Nilai  =
---------------------
X
Skor Ideal (100)
X
Bobot (80/70 %)
=  ....

Skor Maksimal (20)





c.             Nialai akhir = prosedur+unjuk kerja = 20/30+80/70 = 100




Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,




Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




ISYEU SRI SUNARYATI
NIP. -



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : VII/1
Standar Kompetensi   : 2. Berbicara ( Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman.
Kopetensi dasar          : 2.2. Menyampaikan penggumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas.
Alokasi waktu             : 6x 40 menit ( 3 x Pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran
1.Peserta didik dapat menentukan pokok-pokok penggumuman
         2.Peserta didik dapat merangkai pokok-pokok penggumuman menjadi sebuah pengumuman.
   3.Peserta didik dapat menggumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.Materi Pembelajaran
Penyampaian penggumuman

C.Metode Pembelajaran
Unjuk kerja,diskusi ,Tanya jawab

D.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan Pertama: 2 X 40’
 Kegiatan Awal
 Apersepsi :
1.Guru memperlihatkan teks penggumuman kepada siswa
Motivasi :
1. Guru bertanya tentang tujuan penggumuman

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Peserta didik menceritakan pengalaman secara individu
F  Peserta didik dapat menentukan pokok-pokok penggumuman

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan kedua: 2 X 40’
 Kegiatan Awal
 Apersepsi :
1.Guru memperlihatkan merangkai pokok-pokok penggumuman menjadi sebuah pengumuman kepada siswa
Motivasi :
1. Guru bertanya tentang tujuan penggumuman

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Peserta didik menceritakan pengalaman secara individu
F  Peserta didik dapat merangkai pokok-pokok penggumuman menjadi sebuah pengumuman

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan ketiga : 2 X 40’
 Kegiatan Awal
 Apersepsi :
1.Guru memperlihatkan kalimat yang lugas dan sederhana kepada siswa
Motivasi :
1. Guru bertanya tentang tujuan penggumuman
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Peserta didik menceritakan pengalaman secara individu
F  Peserta didik dapat menggumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.Sumber Belajar
a.       Bagan identifikasi pengalaman
b.      Gambar
c.       VCD
d.      Narasumber
e.       Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu menulis kerangka pengumuman
·    Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
·   Tulislah kerangka pengumuman!
·  Umumkanlah secara lisan dengan bahasa yang lugas dan sederhana masalah ... berdasarkan kerangka pengumuman yang telah kamu tulis!


Penilaianproses dilakukan pada saat PBM berlangsung ( kelompok dan Individu ) kemampuan membaca pengumuman di depan kelas.

No
Deskripsi

Nilai



1
2
3
1
Umumkan secara lisan masalah lingkungan dengan cara : Tentukan terlebih dahulu pokok-pokok pengumuman itu, kemudian rangkaialah pokok-pokok itu menjadi sebuah pengumuman! Gunakanlah kalimat lugas dan sederhana !





                                                                       
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,




Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




ISYEU SRI SUNARYATI
NIP. -








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : VII/1
Standar Kompetensi   : 3. Membaca ( Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca).
Kopetensi dasar          : 3.1. Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
Alokasi waktu             : 2x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
F  Peserta didik dapat menentukan lema secara cepat dan tepat
F  Peserta didik dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
B.Materi Pembelajaran
Cara menemukan makna kata secara cepat dan tepat serta implementasinya

C.Metode Pembelajaran
Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
  Apersepsi :
          1. Guru memperlihatkan teks non sastra kepada siswa.
Motivasi :
1.  Guru menjelaskan pentingnya membaca.

     Kegiatan Inti       
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Peserta didik dapat Peserta didik membaca teks nonsatra
F  Guru bertanya jawab mengenai isi bacaan

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  Menandai kata-kata baru dan menemukan kata itu sebagai lema yang akan dicari                 maknanya dalam kamus.
F  Bepasangan untuk menemukan lema secara cepat dan tepat dari kamus yang               Sudah disediakan. (Satu Peserta didik mencari lema, Peserta didik lain menghitung waktu)
F  Berpasangan untuk menemukan makna kata ( lema ) secara cepat dan tepat               sesuai dengan konteks yang diinginkan dalan teks bacaan ( 1 Peserta didik mencari arti  sesuai dengan konteks, Peserta didik lain menghitung waktu )

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
                            
E.Sumber Belajar
a.   Bagan identifikasi pengalaman
b.  Gambar
c.   VCD
d.  Narasumber
e.   Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat
·    Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan

Observasi
Lembar observasi
·   Peserta didik dapat menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak
·   Peserta didik dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak

                            
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,



Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,



ISYEU SRI SUNARYATI
NIP. -



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : VII/1
Standar Kompetensi   : 3. Membaca ( Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca).
Kopetensi dasar          : 3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit
Alokasi waktu             : 2x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
  1. Peserta didik dapat Menyim­pul­kan isi baca­an
  2. Peserta didik dapat Menghitung waktu  membaca
  3. Peserta didik dapat Merangkai pokok-pokok bacaan
  4. Peserta didik dapat Menentukan pokok-pokok bacaan

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
B.Materi Pembelajaran
Penyimpulan isi bacaan

C.Metode Pembelajaran
1.           Pemodelan
2.           Tanya jawab
3.           Penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Kegiatan Awal
Apersepsi :
o  Guru memperlihatkan teks non sastra kepada siswa.
  Motivasi :
o  Menyim­pul­kan isi membaca.

     Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Peserta didik dapat Peserta didik membaca teks nonsatra
F  Guru bertanya jawab mengenai isi bacaan

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  Peserta didik dapat Membaca bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya.
F  Peserta didik dapat Menghitung waktu  membaca
F  Peserta didik dapat Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
F  Menghitung Kecepatan Efektif Membaca (KEM)
F  Menentukan pokok-pokok bacaan

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.Sumber Belajar
a.       Bagan identifikasi pengalaman
b.      Gambar
c.       VCD
d.      Narasumber
e.       Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu membaca cepat 200 kata per menit




·    Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan

·    Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
Tes praktik/kinerja

Uji petik kerja

·  Buka dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah terdengar bel 2 kali!
·  Jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. ...
2. ...  dst.
Hitunglah KEM kamu
·  Tuliskan pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan itu!  
                         


Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,




Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




ISYEU SRI SUNARYATI
NIP. -







BACA JUGA RPP BAHASA INDONESIA LAINNYA.......................



1.) RPP BAHASA INDONESIA KELAS 8

2.) RPP BAHASA INDONESIA KELAS 9

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BHS.INDONESIA KELAS 7 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top