SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BHS.INGGRIS KELAS 7 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1


Nama sekolah                 : ......................
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi    : 1.   Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal  sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa    lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
Jenis teks                     : Transactional / Interpersonal
Tema                           : Personal Life
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.       Menjawab pertanyaan berdasarkan suatu percakapan secara berani ( courage )
b.      Melengkapi keterangan pada gambar
c.       Merespon pertanyaan
d.      Merespon instruksi

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice (halaman 3, 4, 13, 14, 25, 51)
·         Rekaman dan script dialog
·         Rekaman percakapan, gambar dan pilihan jawaban
b.      Recalling Vocabulary ( halaman 2)
·         Rekaman dan gambar
c.       Grammar Practice (halaman 8, 16)
·         Penjelasan dan latihan

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
a.      Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab tentang gambar
·         Tanya jawab melibatkan berbagai ungkapan sapaan
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

b.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna secara tekun
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik dengan bertanggung Jawab
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan :  Kaset/CD  
b.      Narasumber, Kaset/CD  
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan

6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon Ungkapan-ungkapan :
- sapaan orang yang sudah / belum dikenal
- Perkenalan diri sendiri / orang lain
-Perintah / larangan

Merespon ungkapan / pertanyaan secara lisan dan tertulis
- Pertanyaan
  lisan
1. Listen to the expression and give response orally
    1. Good morning. How are you ?
        ………………………………..
    2. Hi, I ‘m Reno and you are ?
        ………………………………..
    3. Are you Anisa ?
        …………………………
    4. Hello, it’s nice to meet you
        …………………………..
    5. Who is that girl
        ……………………….
II. Listen to the expression and choose the best responses,
      A, B, C, or D
    1. A.  : Hello, how are /
        B   : ……….
a. Yes, it is                                 c. Thank you
b. I ‘ Renny                                 d. Don’t worry
    2. A   : Is that your sister, Anna ?
        B   :  ………….
a. Yes, it is                       
b. I don’t know
c. No, she is not here       
d. Very well thanks
    3. A   : Budi, this is my friend, Susan
        B   : Hi, Susan…….
        a. Fine, thank                   
 c. Nice to see you
        b. It ‘s OK                        
d. I ‘m alright

a. Rubrik Penilaian
No.
Uraian
Skor
1.
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0

II.
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah / tidak dijawab
2
0

      b. Kunci Jawaban.  : Terlampir
c  Pedoman Penilaian.
1.Untuk No. 1 tiap jawaban benar skor 3
2.Untuk No. II, tiap jawaban benar diberi skor 2
3.Jumlah skor maksimal    I  5 x 3 = 18
                                                                                                                                      i.      II  5 x 2 = 10
                                                                                                                                    ii.      Jumlah    25
4.Nilai maksimal 10
                                        Skor Perolehan  
5.Nilai Siswa =                             X 10
                                   Skor Maksimal
      d. Nilai akhir



Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  .....................................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                : ..........................
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                       : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi      : 1.     Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal          sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar         : 1.2   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
Jenis teks                     : Transactional / Interpersonal
Tema                           : Introductory Chapter dan Family Life
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.       Membuat kalimat berdasarkan rekaman dan gambar
b.      Merespon pertanyaan berdasarkan percakapan
c.       Mengulangi pelafalan kata, abjad, dan akhiran –s berdasarkan rekaman
d.      Merespon pertanyaan untuk melengkapi dialog

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Grammar Practice (halaman 10, 44, 45 )
·         Penjelasan dan latihan
b.      Communication Practice (halaman 5, 6, 7, 23, 39, 40, 41, 42, 51, 61, 62)
·         Gambar, pertanyaan dan pilihan jawaban tentang kota-kota
·         Gambar dan nama alat-alat musik
·         Gambar denah tempat dan nama alat-alat musik
·         Rekaman percakapan
·         Rekaman nama-nama orang (first name dan surname)
·         Rekaman, gambar dan pertanyaan tentang keluarga dan tempat tinggalnya
·         Rekaman pengucapan waktu
·         Rekaman percakapan dan isian
·         Rekaman nama-nama hadiah ulang tahun
c.       Pronunciation (halaman 10, 19, 47, 67)
·        Rekaman penekanan ucapan pada suku kata dan script kata
·        Rekaman pengucapan Mr, Mrs, dan Miss
·        Rekaman  pengucapan abjad
·        Rekaman  pengucapan akhiran -s
d.      Developing Oral Skills (halaman 20, 68)
·           Rekaman dan daftar pertanyaan Susan
·           Rekaman, gambar, dan latihan tentang  birthday presents
e.       Recalling Vocabulary ( 50, 60)
·         Rekaman dan soal bergambar tentang angka
·         Rekaman pengucapan nama-nama bulan

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
a.       Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai nama-nama benda yang ada di ruang kelas
·         Tanya jawab mengenai waktu (pengucapan jam)
·         Tanya jawab mengenai alamat tempat tinggal siswa.
Motivasi :
·         memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
b.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F   Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F   Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F   Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F   Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F   Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F   Membantu menyelesaikan masalah;
F   Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F   Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
F   Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F   bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F   melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F   memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F   merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F   menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan :  Kaset/CD  .
b.      Narasumber, Kaset/CD  .
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan

6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon ungkapan-ungkapan :
Ø  Meminta dan memberi informasi
Ø  Ungkapan terima kasih
Ø  Permintaan maaf
Ø  Kesantunan







1. Tes lisan






2. Tes tulis











1.Merespon pertanyaan / ungkapan lisan




2.Menjawab pertanyaan lisan secara tertulis











Ø  Listen to the questions / expression and give your answer / response orally.
a. A: How many persons are
        in the conversation?
    B: ............
b. A: thank you so much.
   B: ............

2 Listen to the questions / expressions and write your answer / response.
a. A : What’s that ?
    B : .........

b. A: Sorry I’m Late.
   B: .........

c. A : Come in, please !
   B : ...

d. A : You are so kind.
         Thank you
    B : ...

Ø  Listen to the recording (listening on page 61) and fill in the blanks.
Susan asks John whether he wants to  _______ to her  ______’s party. The party is on _______. John asks Susan whether her brother likes  ______. Susan says that he ________ them. John says that he wants to buy him a ______. Then, John asks Susan about the_____ of the party. Susan ______ know about it. Then, Susan asks John about his ________ John answers that it’s in _______.

a.Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 1
2. Jumlah skor maksimal 1 x 10 = 10 
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =


b.   Rubrik Penilaian

Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  ..............................
........., ............................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................





BACA JUGA RPP BAHASA INGGRIS LAINNYA.....................:




1.) RPP BAHASA INGGRIS KELAS 8

2.) RPP BAHASA INGGRIS KELAS 9

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BHS.INGGRIS KELAS 7 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top