CONTOH RPP IPA KELAS 6 SD BERKARAKTER SEMESTER 1

Written By Wira Hadi on Sunday, August 25, 2013 | 1:09 AM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..............................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   VI / 1
Materi Pokok               :   Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Waktu                          :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

B.     Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya

C.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
o   Siswa dapat Mempelajari ciri khusus :
-       Alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
-       Kaki lengket pada cecak dan tokek.
-       Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
-       Punuk pada unta.
-       Mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-       Semburan air ikan pemanah.
-       Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas VI
o   Buku atau majalah

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1

1.      Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)
2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
F Mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
-    Memancarkan bunyi dari mulutnya,
-    bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya,
-    selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya
F Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek.
-    Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket
F Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
3.      Penutup
o   Memberikan kesimpulan
-   Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
-   Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat
-   Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah.


(5 menit)
4.      Pekerjaan Rumah
o   Tugas PR


Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Mempelajari Punuk pada unta.
-    Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada yang dua punuk
-    Punuk berisi lemakuntuk menyimpan cairan
-    Unta tidak berkeringat, dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran
F Mempelajari mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-    Kedua mata burung terletak di bagian depan kepala, memiliki leher yang lentur
-    Pendengaran nya sangat tajam untuk menentukan lokasi mangsanya.
F Mempelajari Semburan air ikan pemanah.
-    Menyemburkan air pada hewan yang sedang bergantung
F Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).
-    Menempel didasar laut dan menunggu datangnya mangsa.
F Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang halus tempat masuknya air
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan :
-   Unta memiliki punuk untuk menyimpan lemak
-   Burung hantu menggunakan mata dan telinga untuk mecari mangsa
-   Ikan pemanah menyemburkan air untuk menangkap mangsanya.
o   Bunga karang enempel di dasar laut dan menunggu datangnya mangsa

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Tugas


G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o  Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
Tugas Individu



Laporan





o  Sebutkanlah contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o  Jelaskanlah cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.







 
 CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPA



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..............................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   VI / 1
Materi Pokok               :   Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup
Waktu                          :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

B.     Kompetensi Dasar
1.2 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya

C.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
o   Siswa dapat Mempelajari rongga udara pada teratai
o   Siswa dapat Mempelajari kantung semar dan venus si pemakan serangga.
o   Siswa dapat Mempelajari bau busuk bunga rafflesia
o   Siswa dapat Mempelajari batang penyimpan air pada kaktus.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Ciri-ciri khusus beberapa tumbuhan.

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan
o   Buku atau majalah

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
F Mempelajari rongga udara pada teratai
-    Hidup di air
-    Tangkai daun cenderung tumbuh menjalar, helai daun terlihat mengapung
-    Batang teratai terdapat rongga-rongga udara
-    Rongga udara membawa oksigen ke batang dan akar
F Mempelajari kantung semar dan venus si pemakan serangga.
-    Tumbuh dirawa
-    Mencari mangsa seperti serangga karena kandungan nitrogen tidak cukup untuk memenuhi makanannya
-    Kantung semar berbetujk seperti piala yang mengel;uarkan cairan
-    Cairan tersebut memikat serangga, serangga ada yang terjatuh ke dalam tubuhnya, lalu cairan tersebut juga dapat melarutkan serangga dan mengambil nitrogen
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa
-   Daun teratai berbentuk lebar memudahkan air mneguap, dan melakukan fotosintesis. Akar dan batang memiliki rongga.
-   Kantung semar pemakan serangga


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   tugas


Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Mempelajari bau busuk bunga rafflesia
- Tidak memiliki klorofil, hidup sebagai parasit pada akar tumbuhan
- Batangnya terdiri dari benang halus
- Bunga terbesar
- Mengeluarkan bau seperti daging busuk untuk memikat serangga
- Memiliki bagian yang dapat memantulkan cahaya matahari
F Mempelajari batang penyimpan air pada kaktus.
- Tumbuh di daerah padang pasir dan panas
- Saat hujan kaktus menyerap air sebanyak mungkin
- Mempunyai satu akar yang panjang dan lurus ke dalam
- Akar-akar samping menyerap air hujan sebelum menguap.
- Air disimpan dibatangnya yang gemuk
- Bantangnya dilindungi kulit yang tebal ubtuk megurangi penguapan.
- Daun kaktus sebenarnya duri.
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan
-   Rafflesia tidak memiliki klorofil dan hidup sebagi parasit
-   Batang kaktus memiliki kulit yang tebal utnuk mengurangi penguapan


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Tugas


G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.
o  Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.
o  Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.

Tugas Individu







Uraian Objektif



o  Sebutkanlah contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.
o  Jelaskanlah ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.
o  Gaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPA



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..............................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   VI / 1
Materi Pokok               :   Perkembangbiakan makhluk hidup
Waktu                          :   2 x 45 menit
Metode                         :   Ceramah dan diskusi

A.    Standar Kompetensi       :
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup

B.     Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia

C.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang perkembangan tubuh manusia
o   Siswa dapat Menjelaskan bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
o   Siswa dapat Menjelaskan dengan diskusi tentang perkembangan manusia mulai dari:

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Perkembangan dan pertumbuhan manusia (Hlm.19)

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas VI

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang perkembangan tubuh manusia
F Menjelaskan bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berdiskusi tentang perkembangan manusia mulai dari
- Satu bulan : mungil dan lemah
- Delapan bulan : besar dan lincah
- Lima tahun : berjalan, berlari, dan menggerakkan tangan dengan baik
- Belasan tahun : masa pubertas
- Usia dewasa : puncak perkembangan
- Lanjut usia : penurunan fungsi tubuh
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
F Memberikan kesimpulan bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan sejak bayi hingga dewasa

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
-


G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
Tugas Kelompok


Laporan dan unjuk kerja


o  Jelaskanlah perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPA


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..............................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   VI / 1
Materi Pokok               :   Perkembangbiakan makhluk hidup
Waktu                          :   2 x 45 menit
Metode                         :   Ceramah dan diskusi

A.    Standar Kompetensi       :
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup

B.     Kompetensi Dasar
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan

C.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang perkembangan manusia.
o   Siswa dapat Memahami saat remaja (16 – 20 tahun) laki-laki atau perempuan mengalami pertumbuhan yang pesat.
o   Siswa dapat Mengetahui pertumbuhan primer  dan sekunder pada laki-laki
o   Siswa dapat Mengetahui pertumbuhan primer dan sekunder pada perempuan
o   Siswa dapat Mengetahui cara menjaga kesehatan diri dan organ reproduksi.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Perubahan fisik tubuh manusia pada masa pubertas.

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas VI

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang perkembangan manusia.
F Memahami saat remaja (16 – 20 tahun )laki-laki atau perempuan mengalami pertumbuhan yang pesat.
F Mengetahui pertumbuhan primer pada laki-laki yaitu mulai diproduksinya sel sperma oleh testis
F Mengetahui pertumbuhan sekunder pada laki-laki yaitu dada terlihat bidang, tumbuh kumis, janggut, dan rambut halus di sekitar alat kelamin.
F Mengetahui pertumbuhan primer pada perempuan yaitu mulai diproduksinya sel telur oleh ovarium.
F Mengetahui pertumbuhan sekunder pada perempuan yaitu pinggul dan dada membesar, rambut halus di sekitar alat kelamin.
F Mengetahui cara menjaga kesehatan diri dan organ reproduksi.
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa pada masa pubertas, tubuh laki-laki dan perempuan mengalami perubahan-perubahan yang memungkinkan mereka untuk berkembang

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Tugas


G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mendiskusikan perubahan fisik tubuh laki-laki dan perempuan pada masa pubertas dan pengaruhnya.
o  Menjaga kebersihan organ-organ reproduksi
Tugas Individu



Uraian Objektif

o  Jelaskanlah perubahan fisik tubuh laki-laki dan perempuan pada masa pubertas dan pengaruhnya.
o  Jelaskan untuk Menjaga kebersihan organ-organ reproduksi


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPA



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..............................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   VI / 1
Materi Pokok               :   Perkembangbiakan makhluk hidup
Waktu                          :   16 x 45 menit (8 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan diskusi

A.    Standar Kompetensi       :
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup

B.     Kompetensi Dasar
2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

C.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Mengetahui cara hewan berkembangbiak
o   Siswa dapat Memahami dan menyebutkan cara hewan membelah diri dan bertunas
o   Siswa dapat Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur (ovipar)
o   Siswa dapat Memahami dan menyebutkan cara hewan berkembangbiak dengan melahirkan (vivipar)
o   Siswa dapat Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur – melahirkan (ovovivipar)
o   Siswa dapat Menjelaskan  ciri hewan bertelur dan melahirkan
o   Siswa dapat Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif
o   Siswa dapat Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif buatan
o   Siswa dapat Memahami perkembang biakan dengan stek
o   Siswa dapat Memahami cara memelihara perkembangbiakan tumbuhan secara generatif melalui penyerbukan.
o   Siswa dapat Menyebutkan bagian-bagian bunga
o   Siswa dapat Menjelaskan proses penyebukan dan pembuahan
o   Siswa dapat Menyebutkan cara-cara penyerbukan.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
o   Perkembangbiakan hewan.
o   Perkembangbiakan tumbuhan

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas VI

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengetahui cara hewan berkembangbiak
- Membelah diri dan bertunas
- Bertelur
- Melahirkan
- Bertelur-melahirkan
F Memahami dan menyebutkan cara hewan membelah diri dan bertunas
- Membelah diri : protozoa (amoeba, paramaecium)
- Bertunas : anemon laut, hydra
F Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur (ovipar)
- Merpati, elang, ayam, bebek.
- Ikan, serangga dan amfibi
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa hewan ada yang berkembang biak dengan membelah diri dan bertunas serta bertelur

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o  

Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami dan menyebutkan cara hewan berkembangbiak dengan melahirkan (vivipar)
-   Kucing, Anjing, sapi, kijang dan harimau
-   Pesut, lumba-lumba, paus
F Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur – melahirkan (ovovivipar)
-   Beberapa jenis ular
-   Beberapa jenis reptil
F Menjelaskan  ciri hewan bertelur
-   Tidak mengalami masa mengandung
-   Zat makan bayi berasal dari zat dalam telur
-   Tidak memiliki kelenjar susu
F Menjelaskan  ciri hewan melahirkan
-   Mengalami masa mengandung
-   Zat makan bayi berasal dari tubuh induknya
-   Memiliki kelenjar susu
-   Ditumbuhi rambut disekitar tubuhnya
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
Memberikan kesimpulan bahwa berbagai macam cara hewan berkembangbiak membelah diri, bertelur (ovipar), melahirkan (vivipar), dan bertelur-melahirkan (ovovivipar)

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah

Pertemuan ke 3-4

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o   Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami perkembanganbiakan tumbuhan dibagi menjadi dua
-       Vegetatif (perkembangan makhluk hidup tanpa perkawinan)
-       Generatif (perkembangan makhluk hidup dengan perakawinan)
F Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif
-   Mermbelah diri
-   Spora
-   Akar tinggal
-   Umbi lapis
-   Umbi batang
-   Umbi akar
-   Geragih
-   Tunas
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
Memberikan kesimpulan, perkembangbiakan vegetatif almiah terdiri dar membelah diri, spora, akar tinggal, umbi lapis , umbi batang, umbi akar, geragih, tunas

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah

Pertemuan ke 5-6

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o   Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan

(10 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif buatan
- Cangkok
- Stek
- Runduk
F Memahami perkembang biakan dengan stek
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(100 menit)
  1. Penutup
F Memberikan kesimpulan, perkembangbiakan vegetatif buatan terdiri dari cangkok, setek dan runduk

(10 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
F kegiatan

Pertemuan ke 7-8

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o   Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan

(10 menit)
  1. Kegiatan Inti 
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami cara memelihara perkembangbiakan tumbuhan secara generatif melalui penyerbukan.
F Menjelaskan proses penyebukan dan pembuahan
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bagian-bagian bunga
F Menyebutkan cara-cara penyerbukan
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(100 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan, empat macampenyerbukan berdasarkan asal serbuk sari, yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang, dan penyerbukan bastar

(10 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Tugas.


G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak.
o  Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan.
o  Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak.
o  Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif.
o  Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
o  Menjelaskan peran penyerbukan
o  Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.

Tugas Individu
Dan kelompok



Uraian Objektif

Tugas

Kegiatan

o  Jelaskanlah berbagai cara hewan berkembang biak.
o  Bedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan.
o  Jelaskanlah berbagai cara tumbuhan berkembang biak.
o  Simpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif.
o  Jelaskanlah bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
o  Jelaskanlah peran penyerbukan
o  Praktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.







 
 CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPA



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :






BACA JUGA RPP IPA LAINNYA......................:

1.) RPP IPA KELAS 4 

2.) RPP IPA KELAS 5

3.) RPP IPA KELAS 7

4.) RPP IPA KELAS 8

5.) RPP IPA KELAS 9

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : Wira Hadi ~Wira Junior Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP IPA KELAS 6 SD BERKARAKTER SEMESTER 1 yang ditulis oleh Wira Junior Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini, Kecuali menyertakan link http://wirajunior.blogspot.com sebagai Sumbernya.

Artikel Terkait Lainnya:

WiraJunior [ WiraJunior ]

Blog, Updated at: 1:09 AM

1 komentar:

  1. Thanks infonya. ditunggu kunjungannya materi ciri-ciri khusus mahluk hidup
    http://materipelajaransdn.blogspot.com/2013/12/ciri-ciri-khusus-pada-hewan.html
    http://materipelajaransdn.blogspot.com/2013/12/ciri-ciri-khusus-pada-tumbuhan.html

    ReplyDelete

Wira Junior Blog© 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu