SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PAI KELAS 6 SD BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD/MI                                   : ___________________
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                     : VI/1
Standar Kompetensi   : 1.      Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar                : 1.1        Membaca QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
Alokasi Waktu                       : 3x35      menit (1x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat membaca Surah Al Qadr dan Al Alaq ayat 1-5 dengan
                                                            harakat dan makhraj yang benar
2.       Siswa dapat menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Qadr dan Al
     ‘Alaq ayat 1-5 dengan benar
                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).

Materi Pembelajaran   : Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5.

Metode Pembelajaran       : 1.   Siswa berlatih membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
                                                            dengan harakat dan makhraj yang benar
2.       Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya
      membahas        hukum bacaan yang ada pada Surah Al Qadr dan Al
      ‘Alaq ayat 1-5
3.       Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.       Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2.       Kegiatan Inti.                        
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa Sugi Dan Siswa lainnya membaca Surah Al Qadr dan Al Al ‘Alaq ayat 1-5,  sedangkan siswa yang lain mendengarkan
F Siswa membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar mangikuti bacaan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang-ulang membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
F Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
F Siswa membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq dengan menerapkan hukum   bacaan yang benar
F Siswa menampilkan kemampuan membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat, makhraj, dan hukum bacaan yang benar di depan kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang hukum bacaan yang ada pada surah yang telah dipelajari
F Siswa diminta menulis Surah Al Qadr dan Al ’Alaq ayat 1-5 di buku tugas

Alat/Sumber Belajar:
1.       Teks lafal Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 di karton
2.       Buku Tajwid
3.       Buku Pendidikan Agama Islam
4.       Kaset/CD Alquran
5.       Alquran (juz Amma)
6.       Pengalaman guru

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Membaca Surat Al Qadr


Ø  Membaca Surah Al ‘Alaq ayat 1-5
Tes lisan


Tes lisan
Pelafalan


Pelafalan
Ø  Lafalkan Surah Al Qadr dengan harakat dan makhraj yang benar!

Ø  Lafalkan Surah Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar!


1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP/NIK : ...........................

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP/NIK : ...........................

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PAI KELAS 6 SD BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top