CONTOH RPP PENJASKES KELAS 4 SD BERKARAKTER SEMESTER 1

Written By Wira Hadi on Monday, August 26, 2013 | 5:52 AM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah
:   ...........................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:   4 ( Empat )/ I (Satu )
Pertemuan ke
:   I ( Satu ) sampai dengan 5 ( Lima )
Alokasi Waktu
:   10 x 35 Menit


Standar Kompetensi : 1.     Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar     : 1. 1 Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**)

A.    Tujuan Pembelajaran:
  • Siswa dapat melakukan dan memahami permainan kasti
  • Siswa dapat melakukan bermain kasti serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
  • Siswa dapat memahami strategi dalam bermain kasti

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )

B.     Materi Ajar (Materi Pokok):
  • Permainan bola kecil / kasti




C.    Metode Pembelajaran:
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Praktek

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1, 2, 3, 4 & 5
  • Kegiatan Awal:
     Siswa dibariskan menjadi empat barisan
     Mengecek kehadiran siswa
     Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
     Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
     Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

  • Kegiatan Inti:
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melambungkan bola dengan berbagai arah dan kecepatan berpasangan atau perorangan
F Menjelaskan dan mempraktekkan peraturan main yang terdapat dalam permainan kasti
F Mendemonstrasikan tekhnik kerjasama dan permainan yang sportivitas
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan melambungkan/melempar bola tanpa bola dengan hitungan
F Melakukan  lempar tangkap dari berbagai arah dan kecepatan : melempar bola lurus, melempar bola lambung, melembar menyusur tanah dilakukan secara berpasangan
F Melakukan gerakan memukul bola dengan hitungan
F Memukul bola yang di lambungkan  sendiri
F Memukul bola yang dilambungkan oleh orang lain
F Membagi kelompok yang seimbang untuk persiapan main
F Bermain kasti dengan peraturan yang dimodifikasi
F Bermain kasti / pemantapan
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan kasti

E.     Alat dan Sumber Belajar:
  • Buku Penjaskes kls. 4
  • Diktat permainan bola kecil
  • Lapangan
  • Pemukul kasti
  • Bola kasti
  • Tiang hinggap
  • Scoring board/keset
  • Pluit
  • Kapur line/tali

F.     Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melambungkan bola dengan berbagai arah dan kecepatan
·   Melemparkan bola dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
·   Menangkap bola dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
·   Memukul objek yang dilambungkan /dilemparkan dari berbagai arah dan jarak.
·   Menjelaskan peraturan permainan kasti .
·   Bermain kasti dengan peraturan yang dimodifikasi.
·   Bekerjasama dengan tim, bermain sportifitas
Tes
Tulis dan
praktik
Tes
Soal &
ketram
Pilan
Tes tulis
·   *Menjelas-kan pengertia permainan tonnis
·   Melakukan pukulan porehand  dengan baik
·   Melakukan pukulan backhand  dengan baik
·   melakukan  servis ke   sasaran

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       

             
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah
:   ...........................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:   4 ( Empat )/ I (Satu )
Pertemuan ke
:   6  ( Enam ) dan 7  ( Tujuh )
Alokasi Waktu
:   4  x 35 Menit


Standar Kompetensi : 1.     Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar     : 1.2   Mempraktikkan gerak dasar atletik  sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin**)

A.    Tujuan Pembelajaran:
  • Siswa dapat melakukan dan memahami dasar-dasar atletik
  • Siswa dapat memahami cara melakukan lari dalam pengaturan napas

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )

B.     Materi Ajar (Materi Pokok):
  • Dasar-dasar atletik / Lari

C.    Metode Pembelajaran:
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Praktek



D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 6 dan 7
  • Kegiatan Awal:
     Siswa dibariskan menjadi empat barisan
     Mengecek kehadiran siswa
     Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
     Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
     Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  • Kegiatan Inti:
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan dan memahami dasar-dasar atletik
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan lari di tempat, perlahan-lahan l, lalu cepat
F Melakukan gerakan lari ke berbagai arah dan kecepatan, berlari ke depan, berlari ke samping, berlari mundur
F Berlari dengan jarak-jarak tertentu
F Mempraktekkan tekhnik berlari dengan mengatur irama langkah dan pernapasan pada saat berlari dengan jarak agak jauh di sesuaikan dengan kondisi anak
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam Atletik/ lari

E.     Alat dan Sumber Belajar:
  • Buku Penjaskes kls. 4
  • Lapangan
  • Pluit

F.     Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan gerak an lari ditempat
·   Melakukan gerakan lari dengan berbagai arah dan kecepatan
·   Melakukan gerakan lari dengan berbagai jarak
·    Mengatur irama langkah dan pernapasan saat lari

Tes
Praktik
Tes
-ketram
pilan
-Penga-
matan
Tes :
·    Melaku-kan  lari mengangkat paha
·   Melakukan lari tumit ke belakang
·   Melakukan lari tungkai disepakan ke depan
·   Melakukan jalan santai ( joging )
·   Melakukan lari cepat
·   Melakukan lomba me-mindahkan batu


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.






                                                                                       
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah
:   ...........................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:   4 ( Empat )/ I (Satu )
Pertemuan ke
:   8  (delapan ) sampai dengan 12  )
Alokasi Waktu
:   10   x 35 Menit


Standar Kompetensi : 1.     Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar     : 1.3  Mempraktikkan gerak dasar permainan bola besar sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja  sama, sportivitas, dan kejujuran**)

A.    Tujuan Pembelajaran:
  • Siswa dapat melakukan dan memahami permainan sepak bola

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )


B.           Materi Ajar (Materi Pokok):
  • Permainan bola besar / sepak bola

C.    Metode Pembelajaran:
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Praktek


D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 8,9,10,11 dan 12
  • Kegiatan Awal:
     Siswa dibariskan menjadi empat barisan
     Mengecek kehadiran siswa
     Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
     Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
     Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

  • Kegiatan Inti:
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan dan mempraktekkan peraturan yang terdapat dalanm permainan sepak bola
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Pemantapan tekhnik bermain
F Mendemonstrasikan tekhnik kerjasama antar tim dan menjungjung tinggi sportivitas
F Membagi kelompok menjadi beberapa kelompok
F Bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi disesuaikan dengan kondisi
F Melakukan gerakan menendang bola  dengan kaki bagian dalam, bagian luar, dengan ujung kaki, dan dengan kura-kura kaki dilakukan dengan berpasangan / perorangan
F Melakukan gerakan  menggiring bola berjalan, berlari perorangan atau berpasangan
F  
F Melakukan gerakan variasi menggiring, mengontrol, dan menendang bola ke gawang berpasangan atau perorangan
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
     Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
     Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan sepak bola

E.     Alat dan Sumber Belajar:
  • Buku Penjaskes kls. 4
  • Lapangan
  • Pluit
  • Bola sepak
  • Gawang
  • Stop watch
  • Scoring board

F.     Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menendang bola dengan berbagai bagian kaki
·   Menggiring bola dengan control yang baik
·   Melakukan mengoper bola berpasangan/ berkelompok
·   Melakukan  variasi gerakan dasar  : menggiring, mengoper, menendang berpasangan dengan control yang baik.
·   Menjelaskan peraturan permainan sepak bola
·   Bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
·   Bermain dengan kerjasama tim ,menjungjung sportifitas
Tes
Praktik
- Tes
Ketram
pilan
- Penga- matan
·   Lakukan menendang bola dengan kura-kura kaki
·   lakukan  menendang bola dengan kaki bagian dalam
·   Lakukan menendang bola dengan kaki bagian luar
·   Lakukan menggiring dang mengirim bola ber pasangan


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
                                                                             
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah
:   ...........................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:   4 ( Empat )/ I (Satu )
Pertemuan ke
:   13  (Tiga belas )
Alokasi Waktu
:   2   x  35 Menit


Standar Kompetensi : 2.     Mempraktikkan   latihan  untuk meningkatkan kebugaran dan     nilai-nilai  yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar     : 2. 1 Mempraktikkan aktivitas permainan sederhana  untuk melatih  daya  tahan  dan   kekuatan otot, serta nilai   kerja   keras, dan disiplin

A.    Tujuan Pembelajaran:
  • Siswa dapat melakukan bentuk latihan kebugaran

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )

B.           Materi Ajar (Materi Pokok):
  • Latihan kebugaran

C.    Metode Pembelajaran:
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Praktek



D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 13
  • Kegiatan Awal:
     Siswa dibariskan menjadi empat barisan
     Mengecek kehadiran siswa
     Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
     Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
     Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  • Kegiatan Inti:
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
F Siswa dapat melakukan bentuk latihan kebugaran

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membagi kelompok menjadi beberapa kelompok
F Melakukan gerakan  latihan berangkai : melakukan gerakan jalan kepiting, sit up, lari bolak balik, naik turun tangga, dan gerakan push up.
F Melakukan lompat tali
F Melakukan gerakan mengangkat benda/teman yang seimbang dalam bentuk lombamemfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
     Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
     Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang dilakukan

E.     Alat dan Sumber Belajar:
  • Buku Penjaskes kls. 4
  • Lapangan
  • Pluit
  • Tali skiping
  • Stop watch

F.     Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan gerakan
·    berangkai / sirkuit training.
·   Melakukan gerakan lompat tali/skiping.
·   Melakukan gerakan menggendong teman yang seimbang
- Tes praktek
- Penga-
matan
* Tes ketrampilan
* Tugas
·   Lakukanlah lari jelajah sekolahan
·   Lakukanlah sit up 10 x berpasangan
·   Tirukanlah gerakan  anjing laut
·   Lakukan mengangkat tubuh semam-pummu
·   Lakukanlah permainan jongkok berdiri
·   Lakukan permainan  berangkai 4 pos

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel PJOK.



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah
:   ...........................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:   4 ( Empat )/ I (Satu )
Pertemuan ke
:   14  (empat belas )
Alokasi Waktu
:   2   x  35 Menit


Standar Kompetensi : 2.     Mempraktikkan   latihan  untuk meningkatkan kebugaran dan     nilai-nilai  yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar     : 2.2   Mempraktikkan aktivitas permainan untuk melatih kelenturan dan koordinasi, serta nilai kerja keras, dan disiplin

A.    Tujuan Pembelajaran:
  • Siswa dapat melakukan latihan kelenturan

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )

B.           Materi Ajar (Materi Pokok):
  • Latihan kelenturan

C.    Metode Pembelajaran:
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Praktek

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 14
  • Kegiatan Awal:
     Siswa dibariskan menjadi empat barisan
     Mengecek kehadiran siswa
     Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
     Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
     Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  • Kegiatan Inti:
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan latihan kelenturan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan duduk selunjur cium luttut
F Melakukan gerakan  duduk berpasangan berhadapan saling tarik menarik.
F Melakukan gerakan sikap kayang
F Melakukan gerakan kombinasi
F Melakukan gerakan membungkuk badan  dengan batas tali dalam bentuk lomba
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
     Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
     Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang dilakukan

E.     Alat dan Sumber Belajar:
  • Buku Penjaskes kls. 4
  • Lapangan
  • Pluit
  • Stop watch

F.     Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan gerakan latihan kelenturan. Otot-otot besar
·   Melakukan gerakan koordinasi anggota badan bagian atas dengan bawah yang terkontrol
*Tes
praktek dan
Pengamatan
* Tes ketrampilan
* Tugas
·   Lakukan duduk terselunjur berpasangan
·   Lakukan permainan timbangan
·   Lakukan senam jongkok

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1







& Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1
LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                             Guru Mapel PJOK.


..................................                                                      ..................................
NIP :                                                                               NIP :  


  

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : Wira Hadi ~Wira Junior Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP PENJASKES KELAS 4 SD BERKARAKTER SEMESTER 1 yang ditulis oleh Wira Junior Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini, Kecuali menyertakan link http://wirajunior.blogspot.com sebagai Sumbernya.

Artikel Terkait Lainnya:

WiraJunior [ WiraJunior ]

Blog, Updated at: 5:52 AM

0 komentar:

Post a Comment

Wira Junior Blog© 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu