SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PENJASKES KELAS 5 SD BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                            :  ....................................
Mata Pelajaran               :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                :  V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi       :  1.    Mempraktekkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olah raga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar          :  1.1  Mempraktekkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportifitas dan kejujuran
Alokasi Waktu                :  8 x 35 menit (4 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan gerakan
-          Melambungkan bola
-          Melempar bola
-          Menangkap bola
-          Memukul bola
-          Berlari
b.      Siswa dapat bermain rounders dengan peraturan yang sederhana atau dimodifikasi

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )

B.     Materi Pembelajaran
a.       Permainan Rounders
-          Melambungkan bola
-          Melempar bola
-          Menangkap bola
-          Memukul bola
-          Berlari
b.      Bermain rounders dengan peraturan yang sederhana atau dimodifikasi

C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Latihan
-          Tanya jawab

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi
F Melambungkan bola menggunakan tangan kanan dan kiri

  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melambungkan bola dengan berbagai arah dan kecepatan berpasangan atau perorangan
F Menjelaskan dan mempraktekkan peraturan main yang terdapat dalam permainan kasti
F Mendemonstrasikan tekhnik kerjasama dan permainan yang sportivitas
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan melambungkan/melempar bola tanpa bola dengan hitungan
F Melakukan  lempar tangkap dari berbagai arah dan kecepatan : melempar bola lurus, melempar bola lambung, melembar menyusur tanah dilakukan secara berpasangan
F Melakukan gerakan memukul bola dengan hitungan
F Memukul bola yang di lambungkan  sendiri
F Memukul bola yang dilambungkan oleh orang lain
F Membagi kelompok yang seimbang untuk persiapan main
F Bermain kasti dengan peraturan yang dimodifikasi
F Bermain kasti / pemantapan
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar

2.       Pertemuan 2
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melambungkan bola menggunakan tangan kanan dan kiri secara berpasangan dan kelompok
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan melambungkan/melempar bola tanpa bola dengan hitungan
F Melakukan  lempar tangkap dari berbagai arah dan kecepatan : melempar bola lurus, melempar bola lambung, melembar menyusur tanah dilakukan secara berpasangan
F Melakukan gerakan memukul bola dengan hitungan
F Memukul bola yang di lambungkan  sendiri
F Memukul bola yang dilambungkan oleh orang lain
F Membagi kelompok yang seimbang untuk persiapan main
F Bermain kasti dengan peraturan yang dimodifikasi
F Bermain kasti / pemantapan
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar

3.       Pertemuan 3
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memukul bola dan
F Berlari
F Mendemonstrasikan tekhnik kerjasama dan permainan yang sportivitas
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar

4.       Pertemuan 4
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memukul bola dan
F Berlari
F Mendemonstrasikan tekhnik kerjasama dan permainan yang sportivitas
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar


E.     Sumber Belajar
-          Buku Penjasorkes SD
-          Buku referensi bermain rounders
-          Tim Abdi Guru

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan gerakan:
·   Melambungkan bola
·   Melempar bola
·   Menangkap bola
·   Berlari

Test lesan


Test praktik



Praktikkanlah memukul bola



1.      Rubrik Penilaian

RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN ROUNDERS

ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4

1.      Melambungkan bola
2.      Melempar bola
3.      Menangkap bola
4.      Memukul bola
5.      Berlari
6.      Bermain Rounders





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL



FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







  
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
           
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                            :  ....................................
Mata Pelajaran               :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                :  V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi       :  1.    Mempraktekkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olah raga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar          :  1.2  Mempraktekkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola besar serta nilai kerjasama tim, sportifitas dan kejujuran
Alokasi Waktu                :  8 x 35 menit (4 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan gerakan
-          Mengoper dan menerima
-          Mengoper dan mengontrol
b.      Siswa dapat bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )

B.     Materi Pembelajaran
a.       Bermain Sepak bola
-          Mengoper dan menerima
-          Mengoper dan mengontrol
b.      Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi

C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Latihan
-          Tanya jawab

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mempraktekkan gerak mengoper dan menerima
F Mendemonstrasikan tekhnik kerjasama dan permainan yang sportivitas
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar

2.      Pertemuan 2
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengoper dan menyundul
F Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar

3.      Pertemuan 3
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
4.      Pertemuan 4
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
F Mempraktekkan gerak mengoper dan menerima
F Mengoper dan menyundul
F Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar

E.     Sumber Belajar
-          Buku teks
-          Buku referensi
-          Tim Abdi Guru
-          Permainan Sepak Bola

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan gerakan:
·   Mengoper dan menerima
·   Mengoper dan mengontrol
·   Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi

Test pengamatan

Test praktik

Praktikkanlah melempar bola

Praktikkanlah menagkap bola dengan benar


1.      Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN SEPAK BOLA

ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4

1.      Mengoper dan menerima
2.      Mengoper dan mengontrol
3.      Bermain Sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       


 
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                            :  ....................................
Mata Pelajaran               :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                :  V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi       :  1.    Mempraktekkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olah raga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar          :  1.3  Mempraktekkan gerak dasar atletik sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin.
Alokasi Waktu                :  8 x 35 menit (4 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan gerakan
-          Start
-          Saat berlari
-          Finish

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )

B.     Materi Pembelajaran
Atletik
-          Start
-          Saat berlari
-          Finish

C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Latihan
-          Tanya jawab

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mempraktekkan gerak mengoper dan menerima
F Melakukan gerak dasar sikap awal saat melakukan dan sikap akhir
- Melakukan gerak dasar start
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar



2.      Pertemuan 2
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
F Dalam kegiatan eksplo Melakukan gerak dasar sikap awal saat melakukan dan sikap akhir
F  Gerak dasar saat berlari rasi, guru:
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar

3.      Pertemuan 3
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
F Melakukan gerak dasar sikap awal saat melakukan dan sikap akhir
F Gerak dasar saat finish
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar

4.      Pertemuan 4
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
F - Melakukan gerak dasar sikap awal saat melakukan dan sikap akhir
F - Melakukan gerak start
F - Melakukan Gerak dasar saat berlari dan saat finish
F Melakukan gerak dasar sikap awal saat melakukan dan sikap akhir
F Gerak dasar saat finish
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar

E.     Sumber Belajar
-          Buku teks
-          Buku referensi
-          Atletik
-          Tim Abdi Guru






F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan gerakan:
·   Start
·   Saat berlari
·   Finish

Test pengamatan
dan test praktik

Test ketrampilan
Test praktik
Test demostrasi

Praktikkan tendangan bola dan lakukan menggiring bola maupun menembak bola

Lakukanlah start lari dan finish


1.       Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN LARI CEPAT / SPRINT
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4

1.      Star
2.      Saat berlari.
3.      Finish





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1




&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1
 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                               
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                            :  ....................................
Mata Pelajaran               :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                :  V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi       :  2.     Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani dan
                                                    nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar          :  2.1   Mempraktekkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot
                                                    Anggota badan bagian atas
Alokasi Waktu                :  8 x 35 menit (4 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan gerakan:
-          Push up
-          Shit up

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )

B.     Materi Pembelajaran
a.       Kebugaran
-          Push up
-          Shit up

C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Latihan
-          Tanya jawab


D.    Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
F Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir push up
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar

  1. Pertemuan 2
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
F Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir push up
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar

  1. Pertemuan 3
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
F Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir push up
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar

  1. Pertemuan 4
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
F Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir push up
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar

E.     Sumber Belajar
-          Buku teks,
-          Buku referensi
-          Tim Abdi Guru
-          Kebugaran (Jasmani)


F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan gerakan:
- Push up
- Shit up

Test perorangan



Test praktik
Test ketrampilan
Test demonstrasi

Praktikkan peregangan otot
Lakukanlah senam dasar



           





1.Rubrik Penilaian

RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN KEBUGARAN
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4

1.      Push Up
2.      Shit Up





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







  
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
 
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                            :  ....................................
Mata Pelajaran               :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                :  V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi       :  2.     Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani dan
                                                    nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar          :  2.2   Mempraktekkan aktivitas untuk kecepatan dan kualitas
                                                    gerak yang meningkat
Alokasi Waktu                :  8 x 35 menit (4 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan gerakan:
-          Lari cepat
-          Lari bolak-balik

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                  Keberanian ( Bravery )


B.     Materi Pembelajaran
a.       Kebugaran
-          Lari cepat
-          Lari bolak-balik

C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Latihan
-          Tanya jawab

D.    Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
F Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir lari cepat
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar

  1. Pertemuan 2
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
F Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir lari cepat
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
  1. Pertemuan 3
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksploras
F Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir lari bolak-balik
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
  1. Pertemuan 4
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Kegiatan inti
§ Eksploras
F Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir lari bolak-balik
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar

E.     Sumber Belajar
-          Buku teks,
-          Buku referensi
-          Tim Abdi Guru
-          Kebugaran (Jasmani)

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan gerakan:
Lari cepat
Lari bolak-balik

Test perorangan

Test ketrampilan

Test praktik

Test demonstrasi

Lakukanlah kekuatan bahu

Lakukanlah kekuatan otot dada

Lakukanlah daya tahan








1.    Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN LARI CEPAT / SPRINT
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4

1.      Lari Cepat
2.      Lari bolak – balik





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







 
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       


 
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PENJASKES KELAS 5 SD BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top