SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PENJASKES KELAS 6 SD BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :   ....................................
Mata Pelajaran          :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester          :   Vl (Enam)/(Satu)
Standar Kompetesi   :   1.     Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan  sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar     :   1.1   Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi,serta nilai kerjasama,sportifitas,dan kejujuran**)
Alokasi Waktu           :   8 x 35 menit (4 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat memahami sejarah dan peralatan tennis meja.
§  Siswa dapat  melakuakn latihandasar tennis meja.
§  Siswa dapat bermain tennis meja dengan control dan koordinasi yang baik.

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )

B.     Materi Pembelajaran
§  Sejarah dan alat tennis meja.
§  Latihan dasar tennis meja.
§  Cara bermain dengan peraturan sederhana.

C.    Metode Pembelajaran.
§  Ceramah,demontrasi,penugasan,latihan dan Tanya jawab.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F penjelasan pengertian dan sejarah tennis meja
F pengenalan alat tennis meja
F melakukan latihan dasar tenis meja.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

Pertemuan ll
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F memantul-mantulkan bola dengan dimodifikasi
F mendemontrasikan sikap sedia yang benar.
F melakukan gerakan servis denagn tehnik yang benar.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

Pertemuan lll
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mengulangi gerakan servis yang dimodifikasi.
F melakukan gerakan menerima bola servis.
F melakuakn gerakan smash denagn tehnik yang benar.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

Pertemuan  Vl
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F bermain tennis meja  dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi.
F melakuakn penilaian
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

E.     Sumber Belajar
§  Buku Penjasorkes kls Vl, hal 2-3
§  Buku referensi tennis meja

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Pembagian pemain   berdasarkan kelompok
·   Sejarah tennis meja 
·     Melakukan gerakan: -cara memegang bad
·   Memantul-mantulkan bola dengan control dan koordinasi yang baik.
·   Bermain tennis meja dengan peraturan yang sederhana atau modifikasi
- test

(perorangan)
- Test  Ketrampilan
Lakukan/peragakan gerakan :
1.  Memantul-memantulkan bola
2.  Memegang bad
3.  Posisi badan/siap sedia
4.  Memukul bola
5.  Menyemash/smash
6.  Service bola
(Dengan kontrol dan koodinasi yang baik)


§  Rubrik Penilaian
                                Unjuk kerja permainan tennis meja:      
     
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1.Cara pegang bad
2.Sikap siap sedia
3.Memantul-mantulkan bola
4.Melakukan servis
5.Menerima servis melakukan smash
6.Bermain tennis meja dengan peraturan sederhana dan  dimodifikasi.




 Jumlah       




 Jumlah skor minimal:


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
& Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

& Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       

Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :   ....................................
Mata Pelajaran          :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester          :   Vl(Enam)/(Satu)
Standar Kompetesi   :   1.     Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan  sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar     :   1.2.  Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola besar dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi,serta nilai kerjasama,sportifitas,dan kejujuran**)
Alokasi waktu                        : 16 x 35 menit(4 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa memahami sejarah dan mengenal peralatan basket
§  Siswa melakukan gerakan: mendrible,melempar, menembak,pivot dengan benar
§  Siswa dapat bermain basket dengan peraturan sederhana

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )


B.     Materi Pembelajaran
§  Sejarah ,peralatan basket
§  Latihan/gerak dasar basket:drible,lemparan,menembak,pivot
§  Permainan bola basket

C.    Metode Pembelajaran
§  Ceramah,tanyajawab,demontrasi,latihandan penugasan.



D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Inti: Pertemuan l
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F penjelasan sejarah
F pengenalan alat dan ukuran lapangan basket
F melakukan gerakan dasar basket
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

Pertemuan ll
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mengulangi latihan dasar basket
F melakukan gerakan drible
F melakukan lemparan bola
F bermain basket dengan peraturan sederhana
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

Pertemuan lll
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mengulangi latihan dasar basket
F melakukan lemparan/tembakan ke ring
F bermain basket dengan peraturan sederhana
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

Pertemuan Vl
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F bermain basket dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi
F melakukan penilaian
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

E.     Sumber Belajar
§  Buku Penjasorkes kls Vl, hal 5-11
§  Buku referensi bola basket
F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Memahami sejarah,alat dan ukuran lapangan bola basket.
·   Mendrible
·   Melempar bola
·   Memasukan bola ke ring
·   Pivot/bertumpu satu kaki
·   Bermain basket dengan peraturan sederhana

- test

(perorangan)
- Test  Ketrampilan
- Demonstrasikan  
  gerakan :
1.       Melempar bola dari atas
2.       Mendrible bola


§  Rubrik Penilaian
                                Unjuk kerja permainan bola basket
       
    Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1.Mendrible rendah,tinggi dengan satu tangan
2.Melempar dengan dua dan satu tangan
3.Menembak dengan dua dan satu tangan
4.Melakukan pivot
5.Bermain basket dengan peraturan yang dimodifikasi





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:








FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
& Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

& Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       

Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :   ....................................
Mata Pelajaran          :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester          :   Vl (Enam) / (Satu)
Standar Kompetesi   :   1.     Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan  sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar     :   1.3.  Mempraktikan gerak dasar  dalam tehnik lari lempar dan lompat dengan peraturan yang dimodifikasi,serta nilai, sportifitas,dan kejujuran**)
Alokasi waktu            :   16 x 35 menit(4 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa memahami sejarah,peraturan serta mengenal alat tolak peluru
§  Siswa melakukan gerakan latihan dasar tolak peluru
§  Siswa melakukan gerakan awalan, tolakandan sikap akhir

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )                                                                      Keberanian ( Bravery )

B.     Materi Pembelajaran
§  Tolak peluru
C.    Metode Pembelajaran
§  Ceramah,tanyajawab,demonstrasi,latihan,penugasan
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan l
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F penjelasan pengertian dan sejarah tolakpeluru
F mengenal lapangan dan alat tolak peluru
F melakukan latihan dasar tolak peluru
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.
Pertemuan ll
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melakukan latihan dasar tolak peluru
F melakukan tehnik memegang tolak peluru yang benar
F melakukan tehnik awalan yang benar
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

Pertemuan lll
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melakukan latihan dasar tolak peluru
F melakuan tehnik awalan dengan berbagai gaya yang benar
F melakukan tehnik tolakan dengan benar
F melakukan tehnik sikap akhir yang benar
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

Pertemuan Vl
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melakukan rangkaian gerakan tolak peluru dengan tehnik yang benar
F guru melakukan penilaian dari gerakan awalan,tolakan dan sikap akhir
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

E.     Sumber Belajar
§  Buku Penjasorkes kls Vl, hal 12-15
§  Buku referensi tolak peluru

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Pengenalan tentang  tolak peluru
·   Melakukan latihan dasar tolak peluru
·   Melakukan gerakan awalan, tolakan,sikap akhir


- Test
(perorangan)

- Test  Ketrampilan
-  Lakukan macam-macam lari
-  Lakukan posisi start
-  Lakukan lari bom
-  Lakukan cara mask garis finish

Peragakan :
-  Cara memegang peluru
-  Cara meletakkan peluru di bahu
-  Cara menolak peluru tanpa awalan maupun dengan awalan
-  Sikap akhir setelah menolak


§  Rubrik penilaian
                                                          Unjuk kerja gerak tolak peluru

      Aspek yang dinilai

1
2
3
4
1.Melakukan koordinasi gerak:
   a. awalan
   b. tolakan
   c. sikap akhir
2. Melakukan tolak peluru dengan tehnik yang benar





Jumlah




Jumlah skor maksimal:








FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
& Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

& Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       


Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :   ....................................
Mata Pelajaran          :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester          :   Vl(Enam)/(Satu)
Standar Kompetesi   :   2.     Mempraktikan latihan peningkatan kualitas jasmani(komponen kebugaran jasmani), dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar     :   2.1.  Mengidentifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur tubuh
Alokasi waktu                         : 8 x 35 menit(2 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat melakukan program latihan:
     kekuatan dan kelentukan
     pemanasan
     pos berangkai

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )
B.     Materi Pembelajaran
§  Melakukan program latihan dengan unsure permainan

C.    Metode Pembelajaran
§  Ceramah,tanyajawab,demonstrasi,latihan penugasan

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
§  Inti: Pertemuan l
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F merencanakan dan melakukan program latihan
F melakukan latihan pemanasan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

Pertemuan ll
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melakukan latihan pos berangkai
F guru melakukan penilaian
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

E.     Sumber Belajar
§  Buku Penjasorkes kls Vl, hal 18-20
§  Buku referensi yang relevan

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan program latihan
·   Melakukan latihan pemanasan
·   Melakuakn latihan pos berangkai

- Test
(perorangan)
- Test  Ketrampilan
Berilah contoh gerakan :
Latihan kekutan otot-otot pada lengan, bahu, siku, pinggang, tungkai dll.

§  .Rubrik Penilaian
                                         Unjuk kerja kebugaran
 Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
Program latihan:
  1. kekuatan dan kelentukan
  2. pemanasan
  3. pos berangkai




Jumlah:




Jumlah skor maksimal:








FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
& Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

& Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1



LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
 
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :   ....................................
Mata Pelajaran          :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester          :   Vl(Enam)/(Satu)
Standar Kompetesi   :   2.     Mempraktikan latihan peningkatan kualitas jasmani(komponen kebugaran jasmani),dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar     :   2.2.  Mempraktikan berbagai latihan untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan,serta nilai keselamatan,disiplin dan kerjakeras.
Alokasi waktu            :   8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat melakukan latihan gerakan:
     kelenturan
     kekuatan
     menggunakan beban

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )


B.     Materi Pembelajaran
§  Dengan permainan:
§  Latihan kelenturan:leher ,pinggang,lutut
§  Latihan:pus up,mendorng grobak, tarik tambang
§  Latihan gerakan menggunakan beban

C.    Metode Pembelajaran
§  Ceramah, tanyajawab,demonstrasi,latihan dan penugasan


D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan l
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melakukan sikap awal,saat melakukan dan sikap akhir pada gerakan kelenturan:leher,pinggang,lutut
F melakukan sikap awal,saat melakukan dan sikap akhir pada gerakan menggunakan beban
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.
Pertemuan ll
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melakukan sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir pada gerakan: push up,        mendorong gerobak dan tarik tambang
F guru melakukan penilaian
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

E.     Sumber Belajar
§  Buku Penjasorkes kls Vl, hal 21-26
§  Buku referensi yang relevan



F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan latihan gerakan kelenturan
·   Melakukan latihan gerakan kekuatan
·   Melakukan latihan gerakan menggunakan beban

- Test
(perorangan)

- Test  Ketrampilan
·   Lakukan gerakan :
-  Mendorong gerobak
-  Push-up
-  Sit-up, Back-up
-  Naik turun tangga
·   Lakukan gerakan :
-  Engklek / jingkat

§  Rubrik Penilaian
                                        Unjuk kerja kebugaran
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
  1. Melakukan gerakan kelenturan leher,pinggang,lutut
  2. Melakukan gerakan push up,mendorong gerobak,tarik tambang dan menggunakan beban





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
& Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

& Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PENJASKES KELAS 6 SD BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top