CONTOH RPP SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS 7 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1

Written By Wira Hadi on Saturday, August 31, 2013 | 5:15 AM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP


Sekolah                                    : ...........................
Mata Pelajaran             : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas / Semester          : VII / 1
Alokasi Waktu             : 2 X 40 Menit ( 1 X Pertemuan )
Standar Kompetensi     : 1.   Mengapresiasi Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar       : 1.1 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa  terapan daerah setempat .

A . TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Mendefinisikan pengertian seni
2. Menyebutkan empat cabang seni
3. Menyebutkan fungsi seni
4. Mendefinisikan pengertian seni
5. Menyebutkan tujuh unsur seni rupa
6. Menjelaskan konsep prinsip seni rupa
7. Menyebutkan tiga jenis karya seni rupa daerah (Jawa Tengah)
8. Menjelaskan fungsi dan makna karya seni rupa daerah (Jawa Tengah)

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B . MATERI POKOK
1. Konsep seni , empat cabang seni , fungsi seni, konsep seni rupa terapan daerah ,
    unsur seni rupa, dan prinsip seni rupa .
2. Beragam jenis, fungsi dan makna karya seni rupa terapan daerah Jawa Tengah

C. METODE PEMBELAJARAN  ;
Pendekatan kontekstual, diskusi , tanya jawab dan tugas

D . LANGKAH LANGKAH KEGITAN PEMBELAJARAN
1.  Kegiatan pendahuluan
- Apersepsi         :
Menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
-  Motivasi           :
Tanya jawab dengan siswa terkait dengan materi , konsep seni , dan menyampaikan manfaat pembelajaran
2 . Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik membaca buku referensi tentang seni rupa terapan daerah
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Peserta didik membentuk kelompok
F  Peserta didik membuat synopsis tentang konsep seni , cabang seni , fungsi
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang seni rupa terapan daerah
F  Pembahasan seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E .SUMBER BELAJAR
1.  Buku teks Seni Budaya .
2.  Gambar karya seni rupa terapan daerah

F . PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·     Mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setepat
·     Mengidentifikasi beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna pada karya seni rupa terapan daerah setempat.

Tes tertulis





Tes Uraian



·     Berikan  5 contoh hasil karya seni rupa terapan dan 5 contoh hasil karya seni rupa murni yang ada di daerahmua.
·     Masing-masing contoh berikan penjelasan tentang bahan, fungsi, teknik pembuatan dan maknanya
·     Jelaskan pengertian seni!
·     Sebutkan empat cabang seni!
·     Sebutkan fungsi seni!
·     Jelaskan pengertian seni rupa terapan daerah!
·     Sebutkan tujuh unsur seni rupa!
·     Jelaskan konsep prinsip seni rupa!
·     Sebutkan dua jenis karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!
·     Jelaskan fungsi dan makna karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!





Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP


SEKOLAH                               :  ...........................
MATA PELAJARAN               :  Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                :  VII / I
ALOKASI WAKTU                 :  4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI      : 1.   Mengapresiasi karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR           : 1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan
                                                        dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
pertemuan 1 dan 2
1.      Membuat kliping karya seni rupa terapan daerah Jawa Tengah
2.      Membuat tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     MATERI POKOK
Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat (JawaTengah)
  1. Keunikan gagasan
  2. Teknik pembuatan karya seni rupa
  3. Pembuatan kliping seni rupa terapan daerah

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ø  Pendekatan CTL:
Ø  tanya jawab,
Ø  diskusi,
Ø  dan pemberian tugas.

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
pertemuan 1 dan 2

1. Pendahuluan

- Apersepsi  dan Motivasi  :
Ø  Guru menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
oleh siswa
Ø  Guru menyampaikan apersepsi tentang seni rupa terapan
Ø  Guru memberi motivasi tentang apresiasi seni rupa

2. Kegiatan Inti

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melihat tayangan proses pembuatan dan hasil karya seni rupa terapan daerah
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Siswa membentuk kelompok menjadi 8 kelompok.
F  Diskusi kelompok tentang proses pembuatan dan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat
F  Membuat tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan, teknik pembuatan.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Guru memberi tugas pembuatan kliping

E. SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Buku teks Seni Budaya
2.      Gambar karya seni rupa terapan : kria dan desain.

F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·     Mendeskripsikan beragam fungsi bentuk dan makna pada keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
·     Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan  karya seni rupa terapan daerah setempat

Tes praktik/ kinerja


Tes iden-     tifikasi

·     Presentasikan hasil diskusi kelompokmu berupa   tanggapan tentang keunikan gagasan ,teknik seni rupa terapan daerahmu
·     Buatlah kliping karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!
·     Buatlah tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan  karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!





Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….








RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

(RPP)


SEKOLAH                               :  ...........................
MATA PELAJARAN               : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                : VII/1
ALOKASI WAKTU                 : 4 X 40 Menit ( 2 x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI      : 2.   Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR           : 2.1 Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan
                                                        Tiga dimensi dari daerah setempat

A.  TUJUAN  PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
Pertemuan 1 & 2
1.      Membuat gelap terang dengan teknik arsir, dusel, dan pointilis
2.  Membuat sketsa  benda kubistis yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi
3.  Membuat sketsa  benda silindris yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi
4.  Membuat gambar bentuk kubistis yang dikembangkan dari karya seni rupa terapan tiga
  dimensi daerah (Jawa Tengah)
5.  Membuat gambar bentuk silindris yang dikembangkan dari karya seni rupa terapan tiga
      dimensi daerah (Jawa Tengah)

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI POKOK             :
  1. Konsep menggambar bentuk
  2. Bentuk kubistis dan silindris
  3. Teknik menggambar bentuk
  4. Prinsip-prinsip menggambar bentuk
  5. Langkah-langkah menggambar bentuk

C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL: demonstrasi, pemberian tugas

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan 1 & 2
1.      Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
·         Penyampaian informasi tentang kompetensi dasar
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi   yang akan diajarkan.
2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membuat gambar bentuk kubistis yang dikembangkan dari karya seni rupa terapan tiga  dimensi daerah
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Siswa berlatih membuat macam-macam teknik menggambar bentuk
F  Siswa membuat sketsa  benda kubistis dan silindris
F  Guru mendemonstrasikan menggambar bentuk dengan pendekatan model
F  Siswa membuat gambar bentuk benda kubistis dan silindris karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. SUMBER BELAJAR         :
Buku teks Seni Budaya
Contoh gambar bentuk

F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Membuat sketsa gambar benda silindris dan kubistis
·   Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah setempat


Tes praktik/ kinerja




 Uji Petik Kerja




·         Gambarlah sebuah benda kubistis yang  tingginya melebihi tinggi mata  dan sebuah benda silindris yang tingginya setengah tinggi mata , keduanya dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi daerahmu


Kriteria penilaian gambar bentuk
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Ketepatan bentuk





Ketepatan gelap terang





Penguasaan teknik












Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….


RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

(RPP)


SEKOLAH                               :  ...........................
MATA PELAJARAN               : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                : VII/1
ALOKASI WAKTU                 : 2 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI      : 2.   Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR           : 2.2  Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik
                                                         dan corak daerah setempat


A.  TUJUAN  PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1.      Membuat gelap terang dengan teknik arsir, dusel, dan pointilis
2.      Membuat sketsa  benda kubistis yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi
3.      Membuat sketsa  benda silindris yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi
4.      Membuat gambar bentuk kubistis yang dikembangkan dari karya seni rupa terapan tiga
5.      dimensi daerah (Jawa Tengah)
6.      Membuat gambar bentuk silindris yang dikembangkan dari karya seni rupa terapan tiga
7.      dimensi daerah (Jawa Tengah)

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI POKOK :
1.      Konsep menggambar bentuk
2.      Bentuk kubistis dan silindris
3.      Teknik menggambar bentuk
4.      Prinsip-prinsip menggambar bentuk
5.      Langkah-langkah menggambar bentuk

C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL: demonstrasi, pemberian tugas

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.      Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
·         Penyampaian informasi tentang kompetensi dasar
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi   yang akan diajarkan.

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa membuat gambar bentuk benda kubistis dan silindris karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Siswa berlatih membuat macam-macam teknik menggambar bentuk
F  Siswa membuat sketsa  benda kubistis dan silindris
F  Guru mendemonstrasikan menggambar bentuk dengan pendekatan model

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. SUMBER BELAJAR         :
Buku teks Seni Budaya
Contoh gambar bentuk

F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Membuat disain benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
·   Menentukan ukuran, bahan dan teknik pembuatan benda pakai

Tes praktik/ kinerja

Uji Petik Kerja

·   Buatlah desain keramik benda pakai dengan teknik dan corak daerah Jawa Tengah!
·   Buatlah desain keramik benda hias dengan teknik dan corak daerah Jawa Tengah!
·   Gambarlah benda kubistis dan silindris yang ada di depan kelas dengan teknik arsir!


Kriteria penilaian gambar bentuk
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Ketepatan bentuk





Ketepatan gelap terang





Penguasaan teknik












Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
                                               

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

(RPP)


SEKOLAH                               : ...........................
MATA PELAJARAN               : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                : VII/1
ALOKASI WAKTU                 : 6 X 40 Menit ( 3x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI      : 2.   Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR           : 2.3  Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat


A.  TUJUAN  PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
Pertemuan 1-2-3
1.      Membuat benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
2.      Membuat  hiasan pada benda pakai.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI POKOK :
1.      Teknik-teknik pembuatan benda pakai
2.      Corak-corak ragam hias daerah setempat

C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL: demonstrasi, pemberian tugas

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan 1-2-3
1.      Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
·         Penyampaian informasi tentang kompetensi dasar
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi   yang akan diajarkan.

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru mendemonstrasikan menggambar bentuk dengan pendekatan model
F  Siswa membuat gambar bentuk benda kubistis dan silindris karya seni rupa       terapan daerah (Jawa Tengah)
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Siswa berlatih membuat benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
F  Siswa membuat hiasan pada benda pakai.

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. SUMBER BELAJAR :
Buku teks Seni Budaya
Contoh gambar bentuk

F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Membuat benda pakai dengan memanfaatkan teknik  seni kriya daerah setempat.
·   Membuat  hiasan pada benda pakai dengan  corak seni rupa daerah setempat

Tes praktik/ kinerja

Uji Petik Kerja

·   Buatlah desain keramik benda pakai dengan teknik dan corak daerah Jawa Tengah!
·   Buatlah desain keramik benda hias dengan teknik dan corak daerah Jawa Tengah!
·   Gambarlah benda kubistis dan silindris yang ada di depan kelas dengan teknik arsir!


Kriteria penilaian gambar bentuk
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Ketepatan bentuk





Ketepatan gelap terang





Penguasaan teknik












Keterangan
1 = sangat kurang   2 = kurang
3 = cukup                4 = baik
5 = sangat baik


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
                                               

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : Wira Hadi ~Wira Junior Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS 7 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1 yang ditulis oleh Wira Junior Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini, Kecuali menyertakan link http://wirajunior.blogspot.com sebagai Sumbernya.

Artikel Terkait Lainnya:

WiraJunior [ WiraJunior ]

Blog, Updated at: 5:15 AM

2 komentar:

Wira Junior Blog© 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu