SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KELAS 11 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
1.  Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan  wawancara
KOMPETENSI DASAR
1.1  Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang didengar   
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi           
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
2
Menuliskan pokok-pokok isi sambutan  ke dalam beberapa kalimat
3
Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
ALOKASI WAKTU
 4 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
Siswa mampu  menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang  didengar

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Sambutan atau khotbah
Pokok-pokok isi sambutan
Cara membuat   ringkasan sambutan/ khotbah

METODE PEMBELAJARAN

Presentasi

V
Diskusi Kelompok

v
Inquari

V
Tanya Jawab

V
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan  wawancara.
·         Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah
·        Sambutan atau khotbah
·        Pokok-pokok isi sambutan
·        Cara membuat   ringkasan sambutan/ khotbah
·     Siswa dapat Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah.
·     Siswa Menuliskan pokok-pokok isi sambutan  ke dalam beberapa kalimat.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F  Guru mengajak siswa untuk mengingat dan  mencermati  berbagai peristiwa bencana alam di tanah air.  Guru memperlihatkan foto-foto atau film dokumenter  kondisi lingkungan alam yang rusak.   Siswa  diajak    menemukan benang merah yang menghubungkan antara dua hal tersebut.
F  Guru  mengajak siswa    peduli terhadap  kelestarian lingkungan alam melalui berbagai cara, misalnya dengan menyimak baik-baik pidato/sambutan/khotbah yang mengangkat topik isu-isu lingkungan hidup.

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F  Siswa diminta untuk memikirkan dan merumuskan perbedaan antara mendengarkan dan mendengar.
F  Guru menanyakan kepada siswa  perbedaan /persamaan antara pidato, khotbah, dan sambutan.
F  Siswa mendengarkan pembacaan/rekaman khotbah/sambutan/pidato  bertopik lingkungan.
F  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi khotbah/sambutan/pidato  yang didengarkannya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F  Secara berkelompok, siswa mengidentifikasi pokok-pokok pikiran penting khotbah yang didengar.
F  Siswa  membuat rangkuman isi khotbah yang didengar.
F  Siswa menanggapi  beberapa pernyataan penting  yang terdapat dalam khotbah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

Pertemuan ke-2   (90’)

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F  Siswa mengerjakan Geladi Kelompok:  mendengarkan rekaman khotbah, menjawab pertanyaan, mengidentifikasi pokok-pokok penting,  meringkas/merangkum, dan menanggapi isi khotbah,
F  Guru menyampaikan tugas Geladi Diri: mendengarkan khotbah di luar sekolah baik secara langsung  di  rumah-rumah ibadah atau melalui siaran di media elektronik dan melaporkan hasil simakannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F  Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F  Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
F  Guru menghimbau siswa untuk dapat menjadi pendengar yang baik, cerdas, dan kritis saat mendengarkan khotbah
                                                                            
·   Bersahabat/ komunikatif







 SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 1-8
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk.  terbitan Universitas Sanata Dharma  

V
Material: VCD, kaset, poster
Flim dokumenter yang memperlihatkan eksploitasi alam dan dampak yang ditimbulkan
Gambar perusakan  alam dan bencana-bencana alam yang disebabkan kerusakan lingkungan

V
Mediacetak dan elektronik
rekaman / tayangan   khotbah/pidato/sambutan   dari radio atau televisi

Website internet


Narasumber


Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk menyimak/mendengarkan khotbah/pidato.
Daftar pertanyaan  pemahaman isi khotbah.
Tugas untuk merangkum dan menanggapi isi khotbah.
Tugas geladi diri untuk menyimak khotbah/pidato di rumah (baik langsung maupun rekamannya)
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik Penilaian Merangkum/meringkas isi pidato  (terlampir di bawah)

           



Mengetahui,
Kepala Sekolah






                    Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Indonesia








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara

KOMPETENSI DASAR
1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara  

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi           
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
2
Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
3
Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
ALOKASI WAKTU
4  x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  merangkum isi pembicaraan dalam wawancara
Siswa mampu    menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Rekaman wawancara sosok  di radio atau televisi
Isi pokok rekaman wawancara
Contoh rangkuman wawancara
Cara merangkum hasil wawancara

METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan  wawancara.
·         Merangkum isi
·        Rekaman wawancara sosok  di radio atau televisi
·         Isi pokok rekaman wawancara
·         Contoh rangkuman wawancara
·         Cara merangkum hasil wawancara
·     Siswa dapat Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
·     Siswa Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F  Guru menyebut sebuah program  acara  televisi   yang  berisi wawancara dengan tokoh-tokoh terkenal/publik figur dan menanyakan kepada siswa siapa yang secara rutin mengikutinya, misalnya Jayasuparana Show. (Bila memungkinkan, Guru menayangkan cuplikan rekaman acara tersebut)
F  Bilamana ada, siswa yang bersangkutan diminta  menyampaikan  nama pewawancara, nama narasumber, dan topik wawancara   program terakhir yang  disiarkannya.
F  Terhadap topik wawancara, siswa dimintai tanggapannya secara singkat.

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F  Guru menayangkan sebuah rekaman wawancara dengan topik seni dan budaya.
F  Guru menjelaskan prinsip-prinsip merangkum
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F  Siswa menjawab sejumlah pertanyaan pemahaman isi wawancara  yang dilisankan guru.
F  Siswa mengidentifikasi  intisari pertanyaan dan jawaban narasumber
F  Siswa merangkum isi pembicaraan dalam wawancara dengan memperhatikan sturktur kalimat
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

Pertemuan ke-2  (90’)

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F  Siswa saling menukarkan hasil rangkuman  untuk diedit.
F  Siswa memperbaiki hasil rangkuman berdasarkan catatan  atau masukan teman
F  Secara bergantian, siswa membacakan rangkumannya di depan kelas untuk ditanggapi siswa yang lain.
F  Guru memilih  beberapa rangkuman terbaik dan memberikan ulasan penjelasan.
F  Guru menyampaikan tugas mandiri, menyimak tayangan program wawancara di radio/televisi dan mengulang  latihan-latihan yang sudah diberikan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F  Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F  Siswa   diajak merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                            
·   Bersahabat/ komunikatif


SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 25 - 31
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk.  terbitan Universitas Sanata Dharma  
V
Material: VCD, kaset, poster
rekaman siaran wawancara  di  televisi/radio


Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

V
Model peraga
siswa yang memeragakan/ menyimulasikan adegan wawancara
V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa
PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan

Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Sejumlah pertanyaan /soal  untuk menguji pemahaman  siswa atas isi wawancara
Tugas untuk mengidentifikasi intisari pertanyaan dan jawaban narasumber
Tugas untuk merangkum isi wawancara yang didengar
Tugas untuk menyimak acara wawancara di radio/televisi dan melaporkan hasil simakannya
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
 Rubrik penilaian tugas merangkum hasil wawancara (terlampir di bawah)




                       
Mengetahui,
Kepala Sekolah






                    Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Indonesia







Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KELAS 11 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top