SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GEOGRAFI KELAS 11 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1



BAB 1. BIOSFER
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                   :
Mata Pelajaran                         : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi                 : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer  
Alokasi Waktu                         : 1 x 45 menit

A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengungkapkan kembali pengertian fenomena biosfer
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Pengertian biosfer
-          Fenomena biosfer

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
·   Mengungkapkan kembali fenomena biosfer dari bahan berbagai referensi
·    Secara berkelompok, mendiskusikan faktor-faktor  yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna, kemudian presentasi
·   Siswa dapat Carilah pengertian biosfer dari situs internet!
·   Diskusikanlah faktor-faktor  yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.    Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen
·         Apersepsi materi
2.    Kegiatan Inti: 30 menit
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·           Guru menjelaskan pengertian biosfer dan fenomenanya secara garis besar dengan menggunakan gambar  (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·           Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian biosfer dari berbagai pakar dari situs internet. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian biosfer di buku sumber (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.    Kegiatan Penutup: 10 menit
·           Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna. Pada pertemuan berikutnya, setiap kelompok mempresentasikan makalahnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar mengenai fenomena biosfer
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian biosfer dari situs internet.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




Mengetahui,
Kepala SMA/MA,





, Juli 2011
Guru Mapel Geografi




.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                   :
Mata Pelajaran             : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi                 : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
Alokasi Waktu                         : 1 x 45 menit

A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengidentifikasikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
-          Faktor lingkungan
-          Faktor sejarah geologi

C.     Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab, penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
·   Secara berkelompok, mendiskusikan faktor-faktor  yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna, kemudian presentasi
·   Siswa dapat Diskusikanlah faktor-faktor  yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna



D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1.                Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·           Memberi salam dan mengabsen
·           Siswa mengumpulkan karangan tentang pengertian biosfer dari situs internet dan makalah kelompok, kemudian guru memilih dua makalah terbaik untuk dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.
·           Apersepsi materi
2.                Kegiatan Inti: 30 menit
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·           Siswa mempresentasikan makalah kelompok mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna.Kelompok lain diminta menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·           Siswa mendiskusikan mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Bersama-sama membuat kesimpulan hasil diskusi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.                Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Penugasan: siswa secara kelompok mengumpulkan CD mengenai flora dan fauna di muka bumi. CD tersebut akan ditonton pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet


F.      Penilaian
Jenis tagihan                 :Unjuk kerja
Bentuk tagihan             :Diskusi
Bahan diskusi               :Diskusikanlah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna!

Rubrik Penilaian Makalah
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari masalah yang dibahas




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal                : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
Nama Siswa                 : .................................................................................

Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kerja sama dalam kelompok




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,
Kepala SMA/MA,





, Juli 2011
Guru Mapel Geografi






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                   :
Mata Pelajaran             : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi                 : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Menganalisis sebaran flora dan fauna
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mengidentifikasi sebaran flora dan fauna di permukaan bumi
Alokasi Waktu                         : 1 x 45 menit

A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menganalisis persebaran flora dan fauna di muka bumi
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Persebaran flora
-          Persebaran fauna

C.     Metode Pembelajaran
CD pembelajaran, tanya jawab, penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Menganalisis sebaran flora dan fauna
·   Menonton VCD tentang flora dan fauna di muka bumi
·   Siswa dapat membuatlkan ringkasannya secara berkelompok!

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Siswa mengumpulkan CD tentang flora dan fauna, dan memilih CD yang terbaik untuk ditonton.
·         Apersepsi materi.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Menonton film mengenai flora dan fauna di muka bumi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Mendiskusikan mengenai isi film yang telah ditonton. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Secara kelompok, siswa membuat karangan (ringkasan) mengenai materi/isi film dengan mencantumkan judul film dan pembuatnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Penugasan: siswa secara kelompok membuat peta persebaran flora dan fauna di muka bumi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          VCD tentang flora dan fauna
-          Internet
-          OHP / Slide Proyektor

F.      Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mengenai ringkasan film tentang persebaran flora dan fauna di muka bumi.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari isi film




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap isi film




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,
Kepala SMA/MA,





, Juli 2011
Guru Mapel Geografi





Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GEOGRAFI KELAS 11 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top