Wednesday, September 25, 2013

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIOLOGI KELAS 11 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                 : 1 dan 2
Alokasi Waktu           : 4  jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1.   Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar    :  1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
Tujuan                       : 1.   Siswa mampu membuat preparat pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan, mengamati, dan menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
                                       2.   Siswa mampu menjelaskan perbedaan sel mati dan sel hidup, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel prokariotik dan sel eukariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
·         Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
·         Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati
·         Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·         Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
·         Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan sel eukariotik

II.  Materi Ajar
·         Struktur sel dan fungsi sel meliputi,
1.      Membran sel
2.      Sitoplasma
3.      Inti sel
·         Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
·         Sel prokariotik dan sel eukariotik


III. Metode Pembelajaran
Pengamatan-diskusi-penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengamati struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·  Membuat peta konsep sel
·  Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel
·  Menggunakan mikroskop untuk pengamatan sel
·  Menggambar sel sesuai dengan hasil pengamatan mikroskopis
·  Membedakan struktur sel hidup dan sel mati
·  Membedakan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·     Menentukan nama  bagian-bagian sel hasil pengamatan mikroskopis
·     Siswa dapat Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
·     Siswa dapat Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
·     Siswa dapat Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati
·     Siswa dapat Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·     Siswa dapat Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
·     Siswa dapat Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan eukariotik

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pembelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru memberi pengantar ruang lingkup materi tentang sel.
·         Guru meminta siswa melakukan pengamatan sel dengan menggunakan Kegiatan 1.3 dan 1.4.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru mendemonstrasikan cara membuat preparat pengamatan mikroskopis sel tumbuhan dan sel hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa mengambil alat dan bahan untuk praktek pengamatan sel  tumbuhan dan sel hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa  membuat preparat sel tumbuhan kemudian mengamati di bawah mikroskop(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa membuat preparat sel hewan kemudian mengamatinya di bawah mikroskop. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa dan guru menyimpulkan struktur sel yang dapat diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menanyakan kembali perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. 
B.     Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·        Guru menunjukkan gambar sel-sel gabus dan sel hewan/sel tumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa diminta membedakan sel hewan/sel tumbuhan dengan sel gabus. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa diminta memberi nama bagian-bagian sel hewan dan tumbuhan dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Guru menunjukkan gambar sel bakteri. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·        Siswa diminta membedakan struktur sel hewan/sel tumbuhan dengan sel bakteri. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa menyimpulkan perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·        Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·        Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan Akhir (10 menit)
·        Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan sel hidup dan sel mati, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel eukariotik dan sel prokariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab 1
·         Mikroskop
·         Lembar Kegiatan 1.3 dan 1.4
VI. Penilaian
·         Laporan hasil pengamtan sel
·         Uji kompetensi tertulis



Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Biologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                 : 3
Alokasi Waktu           : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1.   Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar    : 1.2 Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan
Tujuan                          :     Siswa dapat mendeskripsikan struktur dan fungsi organel-organel sel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Menyebutkan  nama-nama organel sel pada gambar sel
·         Menjelaskan fungsi organel-organel sel

II.  Materi Ajar
Organel-organel sel dan fungsinya

III. Metode Pembelajaran
Diskusi-Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengamati gambar ultra mikroskopis sel, menentukan nama-organel-organel selnya dan menjelaskan fungsi masing-masing organel sel
·     Mengambar secara skematis struktur ultramikroskopis sel
·     Memberi nama organel-organel sel pada gambar skematis sel
·     Menentukan fungsi organel-organel sel
·     Siswa dapat Menyebutkan  nama-nama organel sel pada gambar sel
·     Siswa dapat Menjelaskan  fungsi organel-organel sel



IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menunjukkan gambar sel berdasarkan hasil pengamatan dengan mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan prinsip mikroskop cahaya dan mikroskop elektron
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru bersama siswa mendiskusikan organel-organel sel yang terdapat dalam sel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan dan menjelaskan struktur dan fungsi organel- organel sel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mengidentifikasi perbedaan organel sel yang terdapat dalam sel hewan dan sel tumbuhan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·        Siswa bersama guru menyimpulkan struktur dan fungsi organel sel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menugaskan siswa utnuk membuat poster sel dengan menggunakan Kegiatan 1.6. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab 1
·         Gambar sel
·         Lembar kegiatan 1.6
VI. Penilaian
·         Poster tentang sel
·         Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama KD 1.1)



Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Biologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                 : 4 dan 5
Alokasi Waktu           : 4  jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1.   Memahami struktur dan fungsi sel sabagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar    :  1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, eksositosis
Tujuan                     :    Siswa dapat mendeskripsikan struktur membran sel dan transpor melalui membrane. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
                         
I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Menunjukkan adanya gejala  difusi dan osmosis
·         Mendefinisikan pengertian difusi dan osmosis
·         Menjelaskan mekanisme transpor aktif
·         Menghubungkan struktur membran sel dan fungsinya dalam transpor zat

II.  Materi Ajar
·         Struktur membran sel
·         Plasmolisis
·         Mekanisme pengangkutan zat melalui membran sel antara lain:
1.      Difusi
2.      Osmosis
3.      Imbibisi
4.      Transpor aktif

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi







Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengamati transpor melalui membran
·   Menunjukkan gejala difusi
·   Mendefinisikan difusi berdasarkan percobaan
·   Menunjukkan gejala osmosis
·   Mendefinisikan gejala osmosis berdasarkan percobaan
·   Menggambarkan struktur membrans sel
·  Siswa dapat Menunjukkan adanya gejala  difusi dan osmosis
·  Siswa dapat Mendefinisikan pengertian difusi dan osmosis
·  Siswa dapat Menjelaskan mekansime transpor aktif
·     Siswa dapat Menghubungkan struktur membran sel dan fungsinya dalam transpor zat

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali bagian-bagian sel dan menanyakan fungsi membran sel.
·         Guru meminta siswa untuk bersiap-siap melaksanakan Kegiatan 1.1 dan 1.2.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa mengambil alat dan bahan untuk Kegiatan 1.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa melakukan eksperimen dengan Kegiatan 1.1, kemudian meletakkan hasil eksperimen di tempat yang sudah ditentukan untuk diamati esok hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mempersiapkan melakukan Kegiatan 1.2 dengan mengambil mikroskop, alat, dan bahan yang lain. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa membuat preparat pengamatan dan mengamatinya dengan menggunakan mikroskop. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mencatat hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa dan guru menyimpulkan pengertian plasmolisis dan faktor penyebabnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru mengatur waktu pengamatan kegiatan 1.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mengecek hasil pengamatan Kegiatan 1.1.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hasil Kegiatan 1.1.
B. Kegiatan inti  (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru menunjukkan gambar membran sel, kemudian meminta siswa mendeskripsikan struktur membran sel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara struktur membran sel dengan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme pengangkutan melalui membran sel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.        Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan proses transportasi zat melalui membran sel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab 1

VI. Penilaian
·         Laporan hasil eksperimen
·         Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama KD 1.1 dan 1.2)



Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Biologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit
RPP SMA LENGKAP

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2011 Wira Junior Blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us