SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) EKONOMI KELAS 11 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                        :
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Semester           : XI (sebelas) / 1

Standar Kompetensi     : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi.

Kompetensi Dasar        : 1.1 Mengklasifikasi ketenagakerjaan

Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
2. Menjelaskan penyebab pengangguran.
3. Menjelaskan cara mengatasi masalah pengangguran di Indonesia.
4. Menjelaskan cara meningkatkan kualitas tenaga kerja.
5. Menjelaskan sistem pengupahan dan penggajian yang berlaku di Indonesia.
                                   
Alokasi Waktu  : 8 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)     Siswa dapat menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
b)    Siswa dapat menjelaskan penyebab pengangguran.
c)     Siswa dapat menjelaskan cara mengatasi masalah pengangguran di Indonesia.
d)    Siswa dapat menjelaskan cara meningkatkan kualitas tenaga kerja.
e)     Siswa dapat menjelaskan sistem pengupahan dan penggajian yang berlaku di Indonesia.
                   Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,
           
B. Materi Pokok
            Ketenagakerjaan

C. Uraian Materi
a)     Hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja
b)    Pengangguran
c)     Cara-cara mengatasi pengangguran
d)    Usaha peningkatan mutu tenaga kerja
e)     Sistem upah yang berlaku di Indonesia

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi.
· Mendiskusikan hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
· Siswa dapat Menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang ketenagakerjaan. Kemudian guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan kondisi ketenagakerjaan di Indonesia. Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
Masalah ketenagakerjaan adalah masalah yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Masalah tersebut merupakan topik yang senantiasa dibicarakan dalam kerangka pembangunan ekonomi nasional. Kelak, para siswa akan menjadi bagian dari tenaga kerja Indonesia.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mengklasifikasi ketenagakerjaan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi lima kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menjelaskan penyebab pengangguran. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menjelaskan cara mengatasi masalah pengangguran di Indonesia. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk menjelaskan cara meningkatkan kualitas tenaga kerja. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk menjelaskan sistem pengupahan dan penggajian yang berlaku di Indonesia. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
h. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP, spidol






Mengetahui,
Kepala Sekolah





, Juli 2011
Guru mapel Ekonomi








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                        :
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Semester           : XI (sebelas) / 1

Standar Kompetensi     : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi

Kompetensi Dasar        : 1.2 Mendeskripsikan tujuan pembangunan ekonomi

Indikator Pencapaian Kompetensi        :
1.  Menjelaskan pengertian pembangunan ekonomi.
2.  Menilai kondisi perekonomian Indonesia dan menjelaskan tujuan pembangunan ekonomi di Indonesia.
3.  Mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia.
4.  Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia.

Alokasi Waktu  : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)     Siswa dapat menjelaskan pengertian pembangunan ekonomi.
b)    Siswa dapat menilai kondisi perekonomian Indonesia dan menjelaskan tujuan pembangunan ekonomi di Indonesia.
c)     Siswa dapat mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia.
d)    Siswa dapat mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Pembangunan ekonomi

C. Uraian Materi
a)     Pengertian pembangunan ekonomi
b)    Pengertian dan tujuan pembangunan nasional
c)     Pola dan tahapan pembangunan nasional
d)    Keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi.
· Mencari informasi tentang pola dan tahapan pembangunan nasional.
· Siswa dapat Mendiskusikan keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang ketenagakerjaan. Kondisi ketenagakerjaan sangat berkaitan dengan keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia. Kemudian guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan pembangunan nasional. Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
Setiap negara secara berkesinambungan melakukan pembangunan ekonomi untuk menciptakan kesejahteraan rakyatnya.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan tujuan pembangunan ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menjelaskan pengertian pembangunan ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menilai kondisi perekonomian Indonesia dan menjelaskan tujuan pembangunan ekonomi di Indonesia. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);.
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan pembangunan nasional. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP, spidol

Mengetahui,
Kepala Sekolah





, Juli 2011
Guru mapel Ekonomi










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                        :
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Semester           : XI (sebelas) / 1

Standar Kompetensi     : 1.       Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap     pembangunan ekonomi

Kompetensi Dasar        : 1.3 Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi

Indikator Pencapaian Kompetensi        :
1. Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.
2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.
                                                                       
Alokasi Waktu  : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)     Siswa dapat mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.
b)    Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,
B. Materi Pokok
Pertumbuhan ekonomi
C. Uraian Materi
a)     Arti pertumbuhan ekonomi
b)     Teori pertumbuhan ekonomi
c)      Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi
D. Pendekatan
            Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi.
·       Mengumpulkan informasi tentang pengertian dan teori pertumbuhan ekonomi
·   Siswa dapat Mendiskusikan faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang pembangunan ekonomi. Kemudian guru mengaitkan dan menjelaskan perbedaan antara pembangunan ekonomi tersebut dengan pertumbuhan ekonomi serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi yang baru dan kompetensi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Laju pertumbuhan ekonomi merupakan Indikator Pencapaian Kompetensi keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara.
            2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);.
G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol
Mengetahui,
Kepala Sekolah





, Juli 2011
Guru mapel Ekonomi





Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) EKONOMI KELAS 11 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top