SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SBK KELAS 11 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran         : Seni Rupa
Kelas/Semester        : XI/1
Standar Kompetensi: 1.  Mengapresiasi karya seni kriya

Kompetensi Dasar :
1.1.  Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
      1.2.  Menampilkan sikap aprsiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni  kriya di wilayah Nusantara

Indikator Pencapaian Kompetensi        :
1.    Menjelaskan  kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
2.    Mendeskripsikan  dan menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya
3.    Mampu mengapresiasi karya seni kriya Nusantara
4.    Mendeskripsikan teknik membuat karya seni kriya Nusantara

Alokasi Waktu          :  Tiap materi masing-masing 1 x 45 menit

A.   Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
  • Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
  • Mempelajari teknik membuat berbagai karya seni kriya
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.

B.   Materi Pembelajaran
·         Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
·         Teknik membuat karya seni kriya di wilayah Nusantara

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengapresiasi karya seni kriya
·   cara membuat karya seni kriya  berikut ini!

·   Siswa dapat  Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
·   Siswa dapat  Menampilkan sikap aprsiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Apersepsi:
§   Siswa diingatkan tentang pengertian seni kriya
Motivasi:
§   Memotivasi siswa pentingnya mempelajari proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara

Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§   Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni kriya yang memiliki khas Nusantara.
§   Guru meminta siswa berdiskusi tentang kecenderungan gagasan yang kira-kira melatarbelakangi penciptaan karya itu. 
§   Siswa mencari informasi di internet tentang proses penciptaan/pembuatan karya seni tersebut.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§   Siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu.
§   Siswa mempelajari teknik pembuatan karya seni tersebut dengan meniru membuat karya tersebut.
§   Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya tersebut dalam beberapa kalimat ringkas. 
§   Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik membuat suatu karya seni kriya khas Nusantara.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,  Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air,  Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§   Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

C.   Sumber Belajar
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI - ESIS
·         Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XI – ESIS
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

D.   Contoh Penilaian
Format Penilaian


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan



Kemampuan siswa  mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu



Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut



Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas



Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan



Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                  Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran         : Seni Rupa
Kelas/Semester        : XI/1
Standar Kompetensi: 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya

Kompetensi Dasar :
2.1.     Merancang karya seni kriya dengan memanfatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
2.2.     Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
2.3.     Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah
2.4.     Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran  di kelas atau di sekolah 

Indikator Pencapaian Kompetensi :
·         Mampu menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya Nusantara dan merancangnya
·         Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya  dengan kandungan unsur corak seni Nusantara
·         Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan teknik yang telah dirancang
·         Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan corak yang telah direncanakan
·         Menyiapkan karya seni rkriya untuk dipamerkan
·         Mengatur dan menata karya seni kriya dalam pameran

Alokasi Waktu          : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit

Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
  • Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
  • Mempelajari teknik membuat berbagai karya seni kriya
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.

Materi Pembelajaran
·         Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
·         Teknik membuat karya seni kriya di wilayah Nusantara

Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya
·   Mencari tahu ragam corak seni kriya Nusantara lalu membuat karyanya 
·   Cara pembuatan  karya seni kriya dengan teknik khas Nusantara

·   Siswa dapat  Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya  dengan kandungan unsur corak seni Nusantara
·   Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan teknik yang telah dirancang

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§   Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni kriya yang memiliki khas Nusantara.
§   Guru meminta siswa berdiskusi tentang kecenderungan gagasan yang kira-kira melatarbelakangi penciptaan karya itu. 
§   Siswa mencari informasi di internet tentang proses penciptaan/pembuatan karya seni tersebut.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§   Siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu.
§   Siswa mempelajari teknik pembuatan karya seni tersebut dengan meniru membuat karya tersebut.
§   Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya tersebut dalam beberapa kalimat ringkas. 
§   Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik membuat suatu karya seni kriya khas Nusantara.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,  Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air,  Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§   Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

Sumber Belajar
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI - ESIS
·         Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XI – ESIS
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

Contoh Penilaian
Format Penilaian


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan



Kemampuan siswa  mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu



Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut



Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas



Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan



Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1



Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                  Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran         : Seni rupa
Kelas/Semester        : XI/1
Standar Kompetensi: 1.  Mengapresiasi karya seni rupa.

Kompetensi Dasar:
1.1.  Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan Nusantara
1.2.  Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara

Indikator Pencapaian Kompetensi:
§  Menjelaskan  kecenderungan gagasan dalam berbagai karya seni rupa Nusantara
§  Mendeskripsikan  teknik/proses dalam menciptakan berbagai karya seni rupa terapan Nusantara
§  Menjelaskan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat  berbagai karya seni rupa terapan Nusantara
§  Menjelaskan gagasan, kecenderungan yang unik, dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer

Alokasi Waktu:
Alokasi Waktu          : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit dan 2x 45 menit.

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§  Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan Nusantara
§  Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.


B. Materi Pembelajaran
§  Gagasan dalam karya seni rupa terapan Nusantara
§  Teknik pembuatan karya seni rupa terapan Nusantara
§  Bahan yang digunakan untuk membuat berbagai karya seni rupa terapan Nusantara
§  Apresiasi terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengapresiasi karya seni rupa
·   Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam berbagai karya seni rupa Nusantara
·   Mencari informasi tentang gagasan, kecenderungan yang unik, dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
·   Siswa dapat  Menjelaskan  kecenderungan gagasan dalam berbagai karya seni rupa Nusantara
·   Siswa mampu Menjelaskan gagasan, kecenderungan yang unik, dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Apersepsi:
§   Siswa diingatkan tentang pengertian seni rupa.
Motivasi:
§   Memotivasi siswa pentingnya mempelajari keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§   Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni rupa yang memiliki khas Nusantara.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§   Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam berbagai karya seni rupa Nusantara
§   Mencari informasi tentang gagasan, kecenderungan yang unik, dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
§   Guru meminta siswa berdiskusi. 
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,  Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air,  Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§   Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XI
               - Buku lain yang relevan

F. Penilaian
1. Teknik/jenis : Tugas kelompok
2. Bentuk instrumen : tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Menurutmu, gagasan apa yang terkandung dalam karya seni rupa Nusantara berikut ini?
b. Jelaskan teknik yang digunakan dalam membuat karya seni rupa terapan Nusantara  berikut ini!
c. Bahan apa saja yang digunakan untuk membuat karya seni rupa terapan ini?
d. Jelaskan keunikan gagasan dan teknik yang terdapat dalam karya seni rupa modern/ kontemporer berikut ini!


Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)


Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                  Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SBK KELAS 11 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top