SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INGGRIS KELAS 11 BERKARAKTER SEMESTER 1



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah                   :    
Mata Pelajaran                 :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester                :     XI / 1
Alokasi Waktu                   :     2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran         :     Expressions of relief, pain, and pleasure
Pertemuan Ke                   :

A.      Standar Kompetensi
         Mendengarkan
1.                    Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks  kehidupan sehari-hari.           
         Berbicara
3.               Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.      Kompetensi Dasar
1.1              Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks  kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.
3.1              Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
§  Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure
§  Mengungkapkan perasaan relief, pain, dan pleasure
§  Mempraktekkan  tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
·         Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure
·         Mengungkapkan perasaan relief, pain, dan pleasure
·         Mempraktikkan  tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure

E.      Materi Pokok
Gambits dan dialog yang memuat ungkapan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure


Expression of relief


Expression of pain

Expression of pleasure

  • Good heavens
  • Thanks God I am alive
  • Thanks for heaven
  • I am relief that..
  • God bless me
  • God bless you


v Please, leave me alone.
v I can’t tell my pain in words
v It brought me a lot of miseries
v My heart is so burdened
v I’m so sad to hear this
v I’m feeling bad at this time being

Ø  It’s wonderful.
Ø  How marvelous
Ø  I am please with it / that.
Ø  It’s my pleasure.
Ø  It gives me pleasure.
Ø  That’s great.
Ø  That terrific.
Ø  I am happy with ……
Ø  I like it.
Ø  I love it.



Dialog 1
Andika        : What a terrible journey it is!
Andina        : Is there any problem with your journey my husband?
Andika        : Yes, I took  a flight from New York  to come here. When I were in the middle of the journey. My  plane struck a  turbulence . It shook hard  and went down a couple of feet. My head hit the front  chair. Look! It is  wounded. I feel headache and all my body is in pain.
Andina        : Thanks God. You are still  alive.
Andika        : Yes, thanks for the heaven. Fortunately, the pilots are the experienced ones. They can handle the problems.
Andina        : Ok. Go to the bed and take a rest first.


Dialog 2
Karen          : Hi, … Sally. What’s wrong with you. You look so sad.
Sally           : Please, leave me alone.
Karen          : What’s the problem? Tell me.
Sally           : I can’t tell my pain in words.
Karen          : Oh, I guess. It must be about Josh . Am I right?

Dialog 3
Dea   : “Ouch!
Sally  : “What’s up, Dea?”
Dea   : “I have a headache.”
Sally  : “Poor you. I think you should take an aspirin.”
Dea   : “Yes, you are right. But I don’t have an aspirin. Can you buy me in the drugstore?”
Sally  : “All right. Wait a minute.”
Dea   : “Thanks Sally.”
Sally  : “You are welcome.”


F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response

G.      Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar.
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Nonton film
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.

§  Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Nonton film.
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok (monolog).

§  Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§  Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
·         Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
·         Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
·         Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
·         Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
·         Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa membuat kalimat ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.      Sumber/Bahan/Alat
1.     Buku teks yang relevan : English Texts in Use jilid XI, English For Better Life XI
2.     Transkrip percakapan atau rekaman percakapan/ kaset
3.     Gambar yang relevan



I.       Penilaian

 

I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.



No.

Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh
1.







2.





Merespon dan menggunakan ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure dengan tepat

Mempraktikkan  tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure

Tes Tertulis







Tes Lisan





Melengkapi dialog






Membuat dialog
Complete the dialogue below using the suitable expression!




Give your responses orally based on the situations below!

II. Instrumen  Penilaian


1. Complete the dialogues below using the suitable expressions!
1.   Desi      : “…………. My foot is hurt.”
                        Nino      : “What’s going on?”
                        Desi      : “You step on my foot.”
                  2.   Ima      : “Indra, I have a good news for you.”
                        Indra    : “What is it?”
                        Ima      : “The english test is cancelled”.
                        Indra    : “……….  I am not ready for the test today.”
                  3.   Jay       : “Pedrosa won the Motogp race last night.”
                        Deo      : “…..”
     
            2.  Make a dialogue using the expression of relief, pain, and pleasure with your partner. Perform your dialogue in front of the class!

III.  Pedoman Penilaian    



Kriteria

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Nilai

100

90

80

70



Mengetahui,
Kepala Sekolah,






, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,






Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah                   :    
Mata Pelajaran                 :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester                :     XI / 1
Alokasi Waktu                   :     4 x 45 menit ( 2x pertemuan )
Topik Pembelajaran         :     Expressions of relief, pain, and pleasure
Pertemuan Ke                   :

A.      Standar Kompetensi
         Mendengarkan
1.                    Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  reports, narrative, dan analytical  exposition dalam konteks  kehidupan sehari-hari.          
         Berbicara
4.               Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.      Kompetensi Dasar
2.2.             Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative.
4.2.             Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan  menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
Merespon wacana monolog berbentuk narrative
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1. Merespon wacana monolog berbentuk narrative
2. Melakukan monolog berbentuk narrative

E.      Materi Pokok
1. Teks monolog berbentuk narrative


       Tangkuban Perahu


Dayang Sumbi was exiled in the jungle, because she was unmarried but pregnant. She gave a birth to a baby boy and named him Sang Kuriang. And he became a young and hard working boy. He was a good hunter too.
One day he went hunting with his dog, Si Tumang. In the bush he saw a pig, Wayungyang. He wanted to shoot Wayungyang but Si Tumang hindered him. He was angry at it and killed it, and then took its heart home. He cooked it and ate it with his mother. When he told that it was Si Tumang's heart, she was very angry and hit Sang Kuriang 's head with a spoon. And he ran away and left his mother to the east. He did not know himself and forgot his name. He was about 16 years of age.
After a long time Sang Kuriang came back to the jungle where his mother lived. She looked younger than her age, so Sang Kuriang fell in love with her. "Will you marry me?" one day he asked her. But Dayang Sumbi refused because she recognized that he was her son. He insisted to marry her and Dayang Sumbi asked him two marriage settlements (requirements). One, he had to dammed Citarum river, and two, had to make a boat in one night.
Sang Kuriang almost finished his work but Dayang Sumbi cheated him. He was angry and kicked the boat. The boat fell upside down on the peak of mountain. It was known as mount Tangkuban Perahu, at the northern of Bandung, West Java.



 
 























2.  Kosa kata  terkait tema/Jenis teks.
Misalnya : legend,  long time ago, once upon a time
3.  Tenses   
Misalnya             : past tenses.  Dayang Sumbi was exiled in the jungle, because she was unmarried
4.   Direct and indirect speeches.
Misalnya            :  
Ø  When he told that it was Si Tumang's heart, she was very angry and hit Sang Kuriang 's head with a spoon
Ø  "Will you marry me?" one day he asked her.

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
2 cycles  4 stages ( Building Knowledge of Field, Modeling of Text, Joint Construction of Text, Independent Construction of Text)

G.      Strategi Pembelajaran

Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar.
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Nonton film
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.

§  Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Nonton film.
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok (monolog).

§  Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§  Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
1.   Buiding Knowledge of Field
Ø  Greetings
Ø  Calling the roll
Ø  Pre test
Ø  Berinteraksi  dengan siswa untuk membekali kosa kata terkait dengan narrative
Ø  Berinteraksi dengan siswa untuk menemukan makna kata

2.   Modeling of Text
Ø  Mendengarkan teks monolog lisan narrative
Ø  Merespon isi teks dengan menjawab pertanyaan dan melafalkan beberapa kosakata.
Ø  Menjawab pertanyaan mengenai teks monolog lisan narratives
Ø  Mengidentifikasi urutan kejadian dalam teks
Ø  Menemukan struktur teks/langkah retorika dalam teks
Ø  Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan dalam teks dan mengerjakan latihan-latihan terkait
Ø  Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar

Pertemuan 2
1.   Joint  Construction of Text
Ø  Dalam kelompok, siswa diminta mencari kata-kata kunci dari cerita yang akan disampaikan kelompok tersebut.
Key words   : once upon a time, a prince, a princess, a witch etc.
Ø  Dalam kelompok siswa diminta untuk mendiskusikan plot atau alur cerita sebuah kisah yang akan disampaikan .
Ø  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dikelompoknya, 

2.   Independent Construction of Text
Ø  Menulis draft teks sederhana berbentuk  narrative secara mandiri
Ø  Melakukan revisi atas draft  tersebut
Ø  Mempresentasikan secara lisan teks tersebut di depan kelas

H.      Sumber/Bahan/Alat
1.     Buku teks : English texts in Use XI,  Aneka Ilmu, 2006
2.     Script monolog berbentuk  narratives

I.       Penilaian

 

I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.



No.

Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh
1.





2.





Merespon wacana monolog narrative



Melakukan monolog berbentuk  narrative

Tes Tulis





Unjuk Kerja





Essay berstruktur




Presentasi Lisan
Listen to the monolog and fill in the blank with the correct answer

Choose one of the following stories, then tell it in front of the class.

II. Instrumen  Penilaian


1. Fill the blanks  with the words you heard.

The Legend of Lake Toba

There was a fisherman who (1) ____________ in Batak Land. His name was Batara Guru Sahala. When he was angling, he (2) __________ a fish. He was surprised to find that fish because the fish could talk and it (3) ___________ to set it free. He did accordingly.
            After getting free, the fish (4) __________ into a beautiful woman and Sahala fell in love with her. Sahala asked her to marry him and the woman received him.  However, she asked his promised not to tell anyone the (5) ___________ that she was once a fish. They were very happily married, and got two daughters.
            It was a pity on Sahala. One day when he got very angry with his daughters, he (6) ________ his promise and he (7) ________ it. He told his daughters that they were the daughters of a fish.
            His wife could not (8) ____________ him. Suddenly, the earth began to shake and volcanoes started to erupt. The earth (9) _____________and formed a big hole. People said that the hole (10) ______Lake Toba. 

Answer key
1.         lived
2.         caught
3.         begged
4.         changed
5.         secret
6.         forgot
7.         broke
8.         forgive
9.         cracked
10.      became
           

     2. Choose one of the following stories, then tell in front of the class!
1.     Cinderella
2.     The Beauty and the Beast
3.     Snow White

III.  Pedoman Penilaian    

       a. Untuk nomor   1, tiap jawaban benar diberi skor 5
       b. Untuk nomor   2, mengikuti rubrik penilaian berikut ini:


No.

Uraian
Skor

1.
2.
3.

Isi, langkah retorika dan tata bahasa benar
Isi,langkah retorika dan tata  bahasa kurang tepat
Isi, langkah retorika dan tata bahasa tidak tepat

41 – 50
21 - 40
0  -  20

         
  Jumlah skor maksimal   1. 10 X 5                                                 =   50
                                         2. Jika  skor maksimal diraih     =   50
                                                               Jumlah              = 100

Mengetahui,
Kepala Sekolah,






, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,






Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INGGRIS KELAS 11 BERKARAKTER SEMESTER 1"

bapak wirajunior saya meminta RPP KURRIKULUM 2013. MOHON BAPAK MEMPORTALKANNYA

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top