SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PKN KELAS 11 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

I.                      IDENTITAS
1.         Nama Sekolah  :          
            2.         Mata Pelajaran :           PKn
            3.         Materi Pokok    :           BUDAYA POLITIK
o    Pengertian Budaya Politik
o    Ciri-ciri budaya politik
o    Macam-macam budaya politik
o    faktor penyebab berkembangnya budaya politik di suatu daerah
o    Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
            4.         Kelas/Program :           XI/I
            5.         Alokasi Waktu  :           2 x 45 Menit

II.                     STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
            1.         Standar Kompetensi
                        1. Menganalisis budaya politik di Indonesia

            2.         Kompetensi Dasar
                        1.1. Mendeskripsikan pengertian budaya politik

III.         INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mendeskripsikan pengertian budaya politik
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menjelaskan orientasi masyarakat terhadap suatu sistem politik.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


IV.   TUJUAN PEMBELAJARAN  :
            Setelah proses belajar mengajar siswa diharapkan mampu :
·         Mendeskripsikan pengertian budaya politik
·         Mengidentifikasikan ciri-ciri budaya politik
·         Mendeskripsikan macam-macam budaya politik
·         Menjelaskan faktor penyebab berkembangnya budaya politik di daerahnya
·         Mengidentifikasi perkembangan budaya politik
·         Menyimpulkan budaya politik yang berkembang di masyarakat

V.         STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-   Memberikan salam siswa
-   Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-        Disiplin
-        Kerja sama
-        Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F  Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F  menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F  Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
F  Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
BUDAYA POLITIK
o    Pengertian Budaya Politik
o    Ciri-ciri budaya politik
o    Macam-macam budaya politik
o    faktor penyebab berkembangnya budaya politik di suatu daerah
o    Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F  Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F  Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F  Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F  Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F  Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F  Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-        Kerja sama
-        Kesungguhan
-        Disiplin
-        Uji diri
3.
Penutup
-   Evaluasi/Tanya jawab
-   Penenangan
20’
-        Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mendeskripsikan pengertian budaya politik
·         pengertian budaya politik
·      Siswa dapat Menjelaskan orientasi masyarakat terhadap suatu sistem politik.

VI.        PERANGKAT PEMBELAJARAN
            1.         Buku Paket PKn Kelas XI
            2          Media massa (Koran, Majalah, Internet)
            3.         Buku-Buku Sumber yang Relevan
            4.         Lembar Kerja Siswa

VII.       PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
            1.         Penilaian Kognitif
            2.         Penilaian Afektif


                                                                                   
Mengetahui,
Kepala





Juli 2011
Guru Mapel PKN












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


I.                      IDENTITAS
1.         Nama Sekolah  :
            2.         Mata Pelajaran : PKn
3.         Materi Pokok                : Tipe-tipe budaya politik
o    Macam-macam tipologi budaya politik
o    Perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan sistem politik yang berlaku
            4.         Kelas/Program : XI/I
            5.         Alokasi Waktu  : 2 x 45 Menit

II.                     STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
            1.         Standar Kompetensi
                        1. Menganalisis budaya politik di Indonesia

            2.         Kompetensi Dasar
                        1.2   Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia

III.         INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik menurut Almond, dkk
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.   TUJUAN PEMBELAJARAN  :
            Setelah proses belajar mengajar siswa diharapkan mampu :
·         Mendeskripsikan tipe-tipe budaya politik
·         Mengidentifikasi tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia

V.         STRATEGI PEMBELAJARAN    
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-   Memberikan salam siswa
-   Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-        Disiplin
-        Kerja sama
-        Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F  Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F  menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F  Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
F  Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Tipe-tipe budaya politik
o    Macam-macam tipologi budaya politik
o    Perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan sistem politik yang berlaku
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F  Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F  Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F  Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F  Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F  Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F  Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-        Kerja sama
-        Kesungguhan
-        Disiplin
-        Uji diri
3.
Penutup
-   Evaluasi/Tanya jawab
-   Penenangan
20’
-        Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mendeskripsikan pengertian budaya politik
·         pengertian budaya politik
·      Siswa dapat Menjelaskan orientasi masyarakat terhadap suatu sistem politik.

VI.        PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.  Buku Paket PKn Kelas XI
            2.  Majalah, Koran, dan internet
            3.  Buku-Buku Sumber yang Relevan
            4.  Surat kabar, majalah, dan internet.

VII.       PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
            1.         Penilaian Kognitif
            2.         Penilaian Afektif
                       

                                   
Mengetahui,
Kepala





Juli 2011
Guru Mapel PKN






Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PKN KELAS 11 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top