SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS 10 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                           :
MATA PELAJARAN           : Bahasa Indonesia
KELAS                                 : X
SEMESTER                        : 1

A.           STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

B.           KOMPETENSI DASAR :
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita) 
C.           MATERI PEMBELAJARAN :
Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·         Pokok-pokok isi berita
·         penangapan isi berita

D.           INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Menuliskan isi siaran radio/ televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis  secara runtut dan jelas
3
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·         Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
·         Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
·         Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
F.            METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Unjuk kerja
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.          Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.
·         Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·         Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat) 

·        Mencari Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·        Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
·        Siswa berlatih mendiskripsikan Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·     Siswa Menuliskan isi berita . 


H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
F  Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
F  Membentuk kelompok diskusi
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti     :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F  Mendengarkan berita tentang bencana alam ( Misal: semburan lumpur panas Lampindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa dan tsunami Aceh)
F  Menyampaikan secara lisan isi berita secara bergantian
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F  Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat
F  Mendiskusikan isi berita
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
F  Refleksi
F  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif

I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·   Radio/ tape
·   Televisi
·   CD salinan berita atau kaset rekaman

K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat

Mengetahui,
Kepala Sekolah






                    Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Indonesia







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 SEKOLAH                          :
MATA PELAJARAN           : Bahasa Indonesia
KELAS                                 : X
SEMESTER                        : 1

A.           STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

B.           KOMPETENSI DASAR :
1.2   Mengidentifikasi unsur  sastra (intrinsik dan ekstrinsik)  suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam­an   

C.           MATERI PEMBELAJARAN :
 Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)
·         unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, dan amanat)
·         unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)

D.           INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Menyampaikan unsur-unsur  ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.).
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman.
3
Menyampaikan  unsur-unsur intrinsik  ( tema, penokohan, konflik,  amanat, dll.).
4
Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman.

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Menyampaikan  unsur-unsur intrinsik  ( tema, penokohan, konflik,  amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
·         Menyampaikan unsur-unsur  ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
·         Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman dengan menggunakan bahasa yang santun dan efektif.
F.            METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Unjuk kerja
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.          Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.
·         Menyampaikan unsur-unsur  ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.)
·        Mencari siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
·        Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman.
·     Siswa dapat Menyampaikan  unsur-unsur intrinsik  ( tema, penokohan, konflik,  amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
·     Siswa Menyimpulkan tentang  siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.

H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
-  Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti     :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F  Mendengarkan cerita daerah tertentu (Misalnya: Si Kabayan, Roro Jonggrang, Malin Kundang)*
F  Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik
F  Menyampaikan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F  ceritakan yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam­an
F  Diskusi dan tanya jawab
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
-      Refleksi
-      Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif

I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku cerita/kaset
LKS : Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus.
Buku pendamping: Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.

K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat


Mengetahui,
Kepala Sekolah,






, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Indonesia









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 SEKOLAH                          :
MATA PELAJARAN           : Bahasa Indonesia
KELAS                                 : X
SEMESTER                        : 1

A.           STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara ; 2.Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita.

B.           KOMPETENSI DASAR :
2.1   Memperkenalkan diri dan orang lain di da­lam forum resmi dengan intonasi yang tepat.

C.           MATERI PEMBELAJARAN :
Contoh kalimat untuk memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi
·         penggunaan sapaan
·         penggunaan diksi
·         penggunaan struktur kalimat

D.           INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi           
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menggunakan diksi (pilihan kata)  yang tepat
3
Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
4
Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara resmi atau tidak resmi) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
·         Menggunakan diksi (pilihan kata)  yang tepat dan sesuai dengan kondisi.
·         Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
·         Memerbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai
      
F.            METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Unjuk kerja
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.          Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mengucapkan kalimat perkenalan dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton

·        misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara resmi atau tidak resmi

·     Siswa dapat Memperkenalkan diri dan orang lain di da­lam forum resmi dengan intonasi yang tepat.

H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
-  Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti     :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F  Mengamati moderator atau pembawa acara dalam diskusi atau suatu kegiatan langsung atau tak langsung langsung (dilakukan di rumah, di kelas, atau di luar kelas)
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F  Berperan sebagai moderator atau pembawa acara  untuk memperkenalkan diri sendiri dan pembicara dalam diskusi.
F  Menanggapi kekurangan pada pengucapan kalimat perkenalan yang dilakukan oleh teman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
-      Refleksi
-      Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
-      Penugasan
Bersahabat/ komunikatif

I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Buku teks yang terkait
·         Buku pendamping : (1) LKS : Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus.
·         Buku pendamping: (2) Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.
·         Media cetak/ elektronik/CD
·         Tuturan langsung

K.          PENILAIAN :                          
Jenis Tagihan:
§  Tugas individu
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Uraian bebas
§  Pilihan ganda
§  Jawaban singkat

Mengetahui,
Kepala Sekolah






                    Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Indonesia






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 SEKOLAH                          :
MATA PELAJARAN           : Bahasa Indonesia
KELAS                                 : X
SEMESTER                        : 1

A.           STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita

B.           KOMPETENSI DASAR :
     2.2   Mendiskusikan  masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) 
  
C.           MATERI PEMBELAJARAN :
Teks berita, artikel, buku  yang berisi informasi aktual (misalnya, AIDS/HIV, SARS, bencana alam)
    1. penentuan masalah dalam berita
    2. daftar kata sulit dan maknanya

D.           INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi           
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mencatat masalah dari berbagai sumber
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
3
Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan
4
Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan
5
membahas maknanya

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat :
1)    Mencatat masalah dari berbagai sumber
2)    Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
3)    Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan
4)    Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan
5)    membahas maknanya


F.            METODE PEMBELAJARAN :
·         Penugasan
·         Diskusi
·         Tanya Jawab
·         Ceramah
·         Demonstrasi

G.          Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mengamati Teks berita, artikel, buku  yang berisi informasi aktual.
·         Menuliskan kata sulit dalam teks bacaan

·     Mencari dan mengumpulkan data (misalnya, AIDS/HIV, SARS, bencana alam)
·     Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan
·     Siswa dapat Mencatat masalah dari berbagai sumber.
·     Siswa dapat membahas maknanya.

H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
-  Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
-  Guru mendeskripsikan berbagai pengalaman.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti     :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F  Secara bergiliran siswa mencari artikel, atau buku yang berhubungan dengan  lingkungan daerah masing-masing  (misalnya, Folio, SARS, atau bencana alam yang terkait dengan daerah setempat)*
F  Membaca berita,  artikel atau buku.
F  Mengidentifikasi masalah dalam artikel
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F  Mendiskusikan masalah
F  Melaporkan hasil diskusi
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
-      Refleksi
-      Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif

I.             ALOKASI WAKTU :
4  x 40 menit

J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Buku cerita lucu/ kaset cerita
·         Pengalaman langsung
·         Buku pendamping : Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.

K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  Tugas individu
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Uraian bebas
§  Pilihan ganda
§  Jawaban singkat


Mengetahui,
Kepala Sekolah






                    Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Indonesia





  
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS 10 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top