SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS 8 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1



    RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah    
:
SMP NEGERI 1 SINGAJAYA       
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
VIII (delapan)/ 1
Standar Kompetensi
:
1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan
Kompetensi Dasar
:
1.1. Menganalisis laporan
Alokasi Waktu
:
2 x pertemuan ( 4 x 40 menit )

1.   Tujuan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama:
Peserta didik dapat menganalisis laporan
- Pertemuan Kedua:
§  Peserta didik dapat menyimpulkan pokok-pokok laporan
§  Peserta didik dapat mengenali laporan.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.   Materi Pembelajaran
      Contoh teks laporan perjalanan
      a. Daftar kosa kata
      b. Gambar  lokasi / peta

3.   Metode Pembelajaran
      a. Diskusi
      b. Tanya jawab
      c. Penugasan

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
 1. Peserta didik menentukan kalimat utama dan kalimat penunjang yang diperdengarkan
            2. Peserta didik memilih kosa kata yang berkenaan dengan perjalanan
Motivasi :
  1. Menuliskan pokok-pokok laporan perjalanan dengan kalimat yang singkat
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik  dapat menganalisis laporan

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi Peserta didik mendengarkan laporan perjalanan dari seorang teman yang ditunjuk
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
      c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

      Pertemuan Kedua
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik dan guru bertanya jawab
          2. Peserta didik menyimpulkan pokok-pokok laporan
Motivasi :
1. Menunjukkan bagian – bagian yang harus ditulis dalam laporan

b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik  menganalisis laporan

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi Peserta didik  mengenali lporan perjalanan : Berdasrkan urutan tempat, urutan kegiatan, dan urutan   waktu.
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Dengan bimbingan guru, peserta didik diminta membuat laporan.


5.   Sumber Belajar
      a. Gambar
      b. Teks perjalanan
      c. VCD
      d. Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
6.   Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu menuliskan  pokok-pokok laporan yang didengarkan dengan kalimat singkat
·    Mampu menganalisis pola urutan waktu, ruang, atau topik dalam laporan yang didengarkan.

Tes lisan


Tes tulis

Dafttar pertanyaan

Uraian

§ Tulislah enam pokok laporan dari laporan yang kamu dengarkan!
§ Tentukan pola urutan laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!


      1. Tentukan 2 kalimat utama dan kalimat penunjang dari teks perjalanan di atas !
          Pedoman Penskoran :
     
Kegiatan
Skor
Peserta didik menulis 2 contoh kalimat
2
Peserta didik menulis 1 contoh kalimat
1
Peserta didik tidak menulis
0

      2. Tulislah 3 pokok – pokok laporan perjalanan tersebut !
          Pedoman penskoran
Kegiatan
Skor
Peserta didik menulis 3 pokok – pokok laporan
3
Peserta didik tidak dapat menuslikan apa-apa
0

      3. Tulislah 5 hal – hal menarik dari teks perjalanan di atas :
                Kegiatan
Skor
Peserta didik menulis 5 contoh
5
Peserta didik menulis 4 contoh
4
Peserta didik menulis 3 contoh
3
Peserta didik menulis 2 contoh
2
Peserta didik menulis 1 contoh
1
Peserta didik tidak menulis
0

Skor maksimum
No 1 : 2
No 2 : 3
No 3 : 5
Jumlah: 10


Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Perolehan skor
Nilai Akhir :                                         x skor ideal (100) = ..........
Skor maksimum ( 10 )


                                                                                               
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,




Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Dra. ENUNG SUKMAWATI
NIP. 196611302008012002




















RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah    
:
SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
VIII (delapan)/ 1
Standar Kompetensi
:
1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan
Kompetensi Dasar
:
1.2. Menanggapi isi lporan
Alokasi Waktu
:
( 2 x 40 menit )

1.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini
§  Peserta didik dapat menanggapi isi laporan
§  Peserta didik dapat melaporkan dari hasil temuan.
§  Peserta didik dapat menyusun laporan perjalanan dengan menggunakan kalimat sendiri.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
2.   Materi Pembelajaran
      Contoh teks laporan perjalanan

3.   Metode Pembelajaran
      a. Diskusi
      b. Tanya jawab
      c. Penugasan

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik mendengarkan laporan perjalanan dari nara sumber
          2. Peserta didik mengungkapkan satu kalimat dengan baik berdasarkan perasaan hati
Motivasi :
1. Membuat contoh sebuah paragraf yang menerangkan tempat, kegiatan dan waktu.

b. Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik menganalisis laporan

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi Peserta didik mendengarkan laporan perjalanan dari seorang yang akan ditunjuk
F  memfasilitasi Peserta didik menuliskan pokok-pokok laporan perjalanan dengan kalimat singkat
F  memfasilitasi  Peserta didik menemukan masalahunmtuk didiskusikan
F  memfasilitasi Peserta didik berdiskusi merumuskan permasalahan dalam laporan perjalanan.
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Peserta didik mencatat hal penting dalam teks laporan perjalanan

5.   Sumber Belajar
      a. Gambar ( denah  / peta  )
      b. Teks
      c. VCD
      d. Buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

6.   Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu menuliskan  pokok-pokok laporan yang didengarkan dengan kalimat singkat
·    Mampu menganalisis pola urutan waktu, ruang, atau topik dalam laporan yang didengarkan.

Tes lisan


Tes tulis

Dafttar pertanyaan

Uraian

§ Tulislah enam pokok laporan dari laporan yang kamu dengarkan!
§ Tentukan pola urutan laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!


      1. Tulislah isi laporan perjalanan yang meliputi :
          a. Wktu dan tempat
          b. Kegiatan yang dilakukan
          c. Hasil yang diperoleh
          d. Peristiwa yang dialami
          Pedoman Penskoran
     
Kegiatan
Skor
Peserta didik menuliskan 4 atau lebih kalimat
4
Peserta didik menulsikann 3 kalimat
3
Peserta didik menulsikann 2 kalimat
2
Peserta didik menulsikann 1 kalimat
1
Peserta didik tidak menulis
0

      2. Membuat 2 contoh kalimat tanggapan kritik yang membangun !
          Pedoman penskoran
         
Kegiatan
Skor
Peserta didik menuliskan 2 atau lebih kalimat
2
Peserta didik menuliskan 1 atau lebih kalimat
1
Peserta didik tidak menulis
0

      3. Buat contoh peta laporan perjalanan ! lengkapi keterangan
     
Kegiatan
Skor
Gambar lengkap dan jelas
4
Gambar tidak lengkap dan tidak jelas
2
Gambar tidak ada
0

Skor maksimum
No 1 : 4
No 2 : 2
No 3 : 4
Jumlah: 10
Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Perolehan skor
Nilai Akhir :                                         x skor ideal (100) = ..........
Skor maksimum ( 10 )

                                   
                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,




Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Dra. ENUNG SUKMAWATI
NIP. 196611302008012002



RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Nama Sekolah    
:
SMP NEGERI 1 SINGAJAYA      
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
VIII (Delapan)/ 1
Standar Kompetensi
:
3. Memahami Ragam Wacana Tulis Dengan Membaca   Memindai
Kompetensi Dasar
:
3.1.Menemukan Informasi Secara Cepat Dan Tepat Dari Ensiklopedi/Buku Telepon Dengan Membaca Memindai.
Alokasi Waktu
:
2 X Pertemuan ( 4 X 40 Menit )

A.      Tujuan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama:
§  Peserta didik dapat menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/ buku telepon dengan membaca memindai
- Pertemuan Kedua:
§  Peserta didik dapat informasi paling lengkap, cepat, dan tepat.
§  Peserta didik dapat menentukan subjek informasi dan alokasi waktu yang harus dicapai dalam menemukan subjek.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
B.      Materi Pembelajaran
Membaca memindai
1         Definisi informasi
2         Definisi ensiklopedia
3         Buku telepon/ buku ensiklopedi
4         Cara- cara membaca memindai

C.      Metode Pembelajaran
   Pemodelan
   Inkuiri
   Demonstrasi

D.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.       Kegiatan Awal
Apersepsi :
§  Peserta didik mencari dan menemukan ensiklopedi/ buku telepon di perpustakaan.
§  Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang informasi, ensiklopedi, dan buku telepon.
§  Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang membaca memindai dan manfaatnya

Motivasi :
§  Mengidentifikasi informasi- informasi yang dapat diperoleh dari ensiklopedi/ buku telepon
2.       Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik informasi paling lengkap, cepat, dan tepat.
F  memfasilitasi Peserta didik dapat menentukan subjek informasi dan alokasi waktu yang harus dicapai dalam menemukan subjek

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang cara menemukan informasi dengan membaca memindai
F  memfasilitasi Peserta didik memilih informasi-informasi yang ingin diperoleh
F  memfasilitasi Peserta didik berlatih membaca memindai untuk menemukan informasi-informasi yang ingin diperoleh
F  memfasilitasi Peserta didik mengemukakan kembali informasi-informasi yang diperoleh dengan bahasa sendiri secara tertulis
F  memfasilitasi Peserta didik berdiskusi merumuskan permasalahan dalam laporan perjalanan.
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.       Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

Pertemuan kedua
1.  Kegiatan Awal
Apersepsi :
§  Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang kegiatan membaca memindai sebelumnya
§  Peserta didik membandingkan kecepatan dan ketepatan menemukan informasi dengan Peserta didik lain
Motivasi :
§  Menentukan subjek informasi dan alokasi waktu yang harus dicapai dalam menemukan subjek.
2.       Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/ buku telepon dengan membaca memindai

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang cara menemukan informasi dengan membaca memindai
F  memfasilitasi Peserta didik memilih informasi-informasi yang ingin diperoleh
F  memfasilitasi Peserta didik berlatih membaca memindai untuk menemukan informasi-informasi yang ingin diperoleh
F  memfasilitasi Peserta didik mengemukakan kembali informasi-informasi yang diperoleh dengan bahasa sendiri secara tertulis
F  memfasilitasi Peserta didik berdiskusi merumuskan permasalahan dalam laporan perjalanan.
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.       Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E.       Sumber Belajar
1         Buku teks
2         Buku telepon
3         Buku ensiklopedi

F.       Penilaian 
      Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat
·    Mampu menemukan informasi secara cepat dan tepat
·    Mampu mengemukakan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri

Observasi





Tes praktik/kinerja
Lembar observasi

§ Apakah siswa menemukan  kata ”lema” dalam waktu 10 detik? Ya/tidak
§ Apakah informasi tentang ... ditemukan dalam waktu 2 menit? Ya/tidak
§ Kemukakan informasi yang kamu peroleh secara lisan!



·     Pedoman penskoran.
1.      Sebutkan tiga jenis subjek informasi yang dapat diperoleh dari ensiklopedi/ buku telepon!

Pedoman penskoran


Menyebutkan 3 jenis subjek
Menyebutkan 2-1 jenis subjek
Tidak menyebutkan subjek satu pun
skor 2
Skor 1
Skor 0




2.   Temukan informasi dari subjek yang telah kamu temukan secara cepat dan tepat!

Pedoman penskoran


Waktu 0-2 menit
Waktu 3-4 menit
Waktu lebih dari 4 menit
skor 3
Skor 2
Skor 1





3.   Ungkapkan secara lisan informasi yang kamu peroleh !.

Pedoman penskoran


Menyebutkan dengan tepat dan lengkap
Menyebutkan kurang lengkap dan tepat
Menyebutkan tidak lengkap
skor 3
Skor 2
Skor 1





Skor maksimum
No 1 : 2
No 2 : 3
No 3 : 3
Jumlah: 8
Penghitungan nilai akhir:
Perolehan skor
Nilai Akhir :                                         x skor ideal (100) = ..........
Skor maksimum

           
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,




Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Dra. ENUNG SUKMAWATI
NIP. 196611302008012002



RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Nama Sekolah    
:
SMP NEGERI 1 SINGAJAYA        
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
VIII (Delapan)/ 1
Standar Kompetensi
:
3. Memahami Ragam Wacana Tulis Dengan Membaca Memindai
Kompetensi Dasar
:
3.2. Mendeskripsikan Tempat Atau Arah Dalam Konteks Yang Sebenarnya Sesuai Dengan Yang Tertera Dalam Denah.
Alokasi Waktu
:
 ( 2 X 40 Menit )

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai yang tertera di dalam denah.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )

B. Materi Pembelajaran
§  Definisi peta/ denah
§  8 penjuru mata angin
§  Langkah-langkah membaca peta/ denah
§  Peta sebuah wilayah/ denah penunjuk jalan

C. Metode Pembelajaran
   Pemodelan
   Inkuiri
   Demonstrasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan Awal.
Apersepsi :
§  Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang penunjuk arah 
§  Peserta didik mengemukakan pengalaman mencari sebuah lokasi.
§  Peserta didik menyebutkan kegunaan peta atau denah penunjuk jalan
Motivasi dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
§  Peserta didik Untuk Membuatkan Tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai yang tertera di dalam denah.
2.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai yang tertera di dalam denah

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi Peserta didik mencermati petunjuk arah mata angin
F  memfasilitasi Peserta didik menyebutkan 8 arah mata angin
F  memfasilitasi Peserta didik menunjukkan 8 arah mata angin.
F  memfasilitasi Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang langkah- langkah membuat peta/ denah
F  memfasilitasi Peserta didik mencermati sebuah denah atau peta
F  memfasilitasi Peserta didik menjelaskan perjalanan yang paling mudah ke tempat yang dituju
F  memfasilitasi Peserta didik mengemukakan secara lisan rute perjalanan ke tempat yang dituju dari tempat dan arah tertentu
F  memfasilitasi Peserta didik berdiskusi merumuskan permasalahan dalam laporan perjalanan.
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E. Sumber Belajar
§  Buku teks
§  Denah/ peta
§  Petunjuk arah mata angin

F. Penilaian 
§  Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu membaca arah mata angin
·    Mampu menjelaskan arah ke tempat yang dituju dari tempat yang paling dekat
·    Mampu mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju


Tes tulis
Uraian
§ Kemukakan arah mata angin dengan arah sebenarnya!
§ Jelaskan arah yang paling dekat ke tempat yang dituju  berdasarkan denah tersaji!
§ Uraikan  rute perjalanan yang paling efektif dan efisien ke arah tem­pat yang dituju sesuai denah tersaji!
§  Pedoman penskoran.
1.   Tunjukkan arah mata angin dengan arah sebenarnya!

Pedoman penskoran


Menyebutkan betul 6-8
Menyebutkan betul 5-4
Menyebutkan betul 1-3
skor 3
Skor 2
Skor 1





2.   Jelaskan arah tempat yang dituju dari tempat- tempat (yang paling dekat)!

Pedoman penskoran


Semua tepat
Beberapa tidak tepat
Banyak yang tidak tepat
skor 3
Skor 2
Skor 1





3.   Uraikan rute perjalanan dari tempat (cukup jauh) !

Pedoman penskoran


Menyebutkan secara runtut danjelas
Menyebutkan kurang runtut dan jelas
Menyebutkan tidak runtut dan jelas
skor 3
Skor 2
Skor 1




Skor maksimum
No 1 : 3
No 2 : 3
No 3 : 3
Jumlah: 9
Penghitungan nilai akhir:
Perolehan skor
Nilai Akhir :                                         x skor ideal (100) = ..........
Skor maksimum
                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,




Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Dra. ENUNG SUKMAWATI
NIP. 196611302008012002


RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah    
:
SMP NEGERI 1 SINGAJAYA      
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
VIII (delapan)/ 1
Standar Kompetensi
:
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai
Kompetensi Dasar
:
3.3. Menyimpulkan isi suatu teks dengsn membaca cepat 250 kata per menit.
Alokasi Waktu
:
1 x pertemuan ( 2 x 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat Menyimpulkan isi suatu teks dengsn membaca cepat 250 kata per menit.B. Materi Pembelajaran
§  Membaca cepat
§  Rumus menghitung kecepatan baca
§  Metode meningkatkan kecepatan baca
§  Menguji pemahaman bacaan

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
C. Metode Pembelajaran
   Pemodelan Demonstrasi
   Diskusi/kelompok
   Inkuiri

 

D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama
1.   Kegiatan Awal.
Apersepsi :
§  Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang Membaca dan jenis-jenis membaca
§  Peserta didik menyebutkan perbedaan membaca cepat,teknik, mememindai, estetik, dan pemahaman
§  Peserta didik mengidentifikasi jenis membaca cepat dari contoh cara membaca.
Motivasi :
§  Menyimpulkan isi bacaan
2.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik Menyimpulkan isi suatu teks dengsn membaca cepat 250 kata per menit

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang manfaat membaca cepat
F  memfasilitasi Peserta didik menyediakan teks bacaan yang sama dengan Peserta didik lain
F  memfasilitasi Peserta didik membaca teks dan Peserta didik lain mencatat waktu yang di capai secara bergantian
F  memfasilitasi Peserta didik membandingkan kecepatan membacanya dengan kecepatan ideal
F  memfasilitasi Peserta didik menemukan teknik meningkatkan kecepatan baca
F  memfasilitasi Peserta didik membaca dengan teknik membaca cepat
F  memfasilitasi Peserta didik menjawab pertanyaan bacaan yang ia baca
F  memfasilitasi Peserta didik berdiskusi merumuskan permasalahan dalam laporan perjalanan.
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

 

E.   Sumber Belajar

§  Nara sumber
§  Media cetak
§  Buku referensi teknik membaca cepat

 

F.       Penilaian 

§  Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman
·    Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%
·    Mampu menyimpulkan isi teks bacaan
Observasi


Tes tertulis




Lembar observasi

Uraian
§ Lama waktu baca untuk teks 250 kata : tiga menit, dua menit, satu menit, kurang satu menit , dst.
§ Jawablah pertanyaan berikut ini! 
§ Tulislah simpulan bacaan dalam beberapa kalimat!

§  Pedoman penskoran
1.   Bacalah sebuah teks dengan alokasi waktu 2 menit kemudian hitunglah kecepatan bacamu dan temamu !

Pedoman penskoran


> 250 kata/menit
250 kata/menit
< 250 kata/menit
skor 3
Skor 2
Skor 1





2.   Tutup bacaan yang kamu baca, lalu jawablah pertanyaan bacaan berikut!

Pedoman penskoran


> 75% benar
60-75% benar
25-50% benar
10-25% benar
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1






3.   Buatlah kesimpulan isi bacaan/ teks yang kamu baca!.

Pedoman penskoran


Lengkap dan tepat
Kurang lengkap dan tepat
Tidak lengkap dan tepat
skor 3
Skor 2
Skor 1






                                                                                                             
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,




Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Dra. ENUNG SUKMAWATI
NIP. 196611302008012002

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS 8 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top