SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS 9 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             :SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi   : 1.    Memahami dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Kompetensi Dasar      : 1.1.Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan  televis / siaran radio.
Alokasi waktu             : 2 / 40 menit

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.   Materi Pembelajaran
      a. Mendengarkan dialog interaktif
      b. Membuat kesimpulan isi dialog interaktif

3.   Metode Pembelajaran
      a. Tanya jawab
      b. Diskusi

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
    1. Peserta didik mencermati tampilan gambar yang sudah disediakan guru
          2. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang gambar yang ditampilkan
Memotivasi :
       Menyimpulkan isi dialog interaktif

b. Kegiatan Inti.  
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Peserta didik dan guru menyimpulkan cara memberikan komentar yang baik

5.   Sumber Belajar
      a,. Gambar
      b. Rekaman dialog interaktif

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Menentukan tema dialog interaktif
·    Menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis

Tes tulis
Uraian
§ Tulislah tema dialog interaktif yang  diperdengarkan ini!
§ Simpulkan isi dialog yang kamu dengar!

      Pedoman Penilaian
      1. Tuliskan hal-hal penting yang ada dalam dialog interaktif tersebut !
Kegiatan
Skor
Peserta didik menulis hal-hal penting dengan lengkap
2
Peserta didik menulis sebagian saja bagian penting dalam dialog
1
Peserta didik tidak dapat menuliskan sama sekali


      2.   Tuliskan informasi yang terdapat dalam dialog interaktif !
Deskriptor
1
2
3
4
Penyusunan struktur kalimat




Ketepatan penggunaan bahasa





      3. Tuliskan kesimpulan setelahh mendengrkan dialog interaktif tersebut !
Deskriptor
1
2
3
4
Ketepatan merumuskan kesimpulan




Kelogisan penulisan kesimpulan




Ketepatan penggunaan bahasa





      4. Tuliskan komentarmu terhadap pendapat para narasumber dalam dialog
Deskriptor
1
2
3
4
Ketepatan merumuskan komentar




Kelogisan penulisan komentar




Ketepatan penggunaan bahasa





      Skor maksimal       :

      No. 1         : 2
      No. 2         : 8
      No. 3         : 12
      No. 4         : 12
                          34

      Perhitungan nilai akhir

Nilai akhir :     Skor yang diperoleh      
                          X   100  
                                    Skor maksimak


Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,



Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli  2012
Guru Mata Pelajaran,



RENA CITRA C., S.Pd.
NIP. -


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi    : 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Kompetensi Dasar      : 1.2, Mengomkentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Alokasi waktu             : 4 x  40 menit ( 2x pertemuan )

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
2.   Materi Pembelajaran
Cara mengomentari pendapat dalam dialog dan implementasi- nya

3.   Metode Pembelajaran
      a. Tanya jawab
      b. Diskusi

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      Pertemuan pertama dan kedua :
a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
       1.  Peserta didik Bertanya jawab mengenai pendapat para narasumber
Memotivasi :
           1. Peserta didik Mendata pendapat tiap-tiap narasumber

      b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat Mendengarkan rekaman atau tayangan/siaran dialog interaktif
F  memfasilitasi Peserta didik dapat Mendata pendapat tiap-tiap narasumber.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mengomentari pendapat tiap-tiap narasumber dengan alasan yang meyakinkan
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

5.   Sumber Belajar
      a. Gambar
      b. Rekaman dialog interaktif

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·  Mendata pendapat tiap-tiap narasumber
·   Mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan

Tes tulis
Uraian
§ Tuliskan kembali pokok-pokok pemikiran narasumber!
§ Berilah komentar terhadap pendapat narasumber!


Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,



Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli  2012
Guru Mata Pelajaran,



RENA CITRA C., S.Pd.
NIP. -



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi    : 2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk klomentar dan laporan
Kompetensi Dasar        : 2.1. Mengkritik / memuji berbagai karya ( seni atau produk ) dengan  komentar dan laporan. tayangan televise / siaran radio
Alokasi waktu             : 4  x  40 menit ( 2x pertemuan )

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat mengkritik dan memuji suatu karya seni atau produk dengan bahasa yang lugas dan santun

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Ketulusan ( Honesty )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )

2.   Materi Pembelajaran
      a. Mengamati karya seni / Produk
      b. Menentukan bagus atau tidak bagus suatu krya seni / produk
      c. Mengkritik atau memuji suatu karya seni / produk

3.   Metode Pembelajaran
      a. Inkuiri
      b. Demonstrasi

4.   Langkah-lngkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuabn Pertama Dan Kedua :          
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
  1. Peserta didik memperhatikan suatu karya yang ditunjukkan guru
  2. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang kelebihan dan kekurangan dari karya tersebut
Memotivasi :
   1. Peserta didik menulsikan pujiannya bila hasil kerja temannya menarik dan kritikkan bila hasil kerja  temannya kurang baik disertai dengan alas an logis
     
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat mengkritik dan memuji suatu karya seni atau produk dengan bahasa yang lugas dan santun.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan



c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
F  Peserta didik dan guru menyimpulkan cara memberikan pujian dan kritikan terhadap suatu hasil karya  dengan bahasa yang lugas dan sederhana

5.   Sumber Belajar
      a. Hasil karya seni
6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·        Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya
·        Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun

Observasi



Lembar observasi



·  Bahasa yang digunakan untuk mengunkapakn kekurangan karya: lugas, berbelit-belit
·  Bahasa yang digunakan untuk mengungkapan keunggulan karya: lugas, berbelit-belit.
      Pedoman Penskoran
      1. Tuliskan pujianmu terhadap hasil karya temanmu jika Anda nilai bagus dan tuliskan kritikan jika  penilaian Anda kurang bagus, disertai alas an yang logis !
Isi
Deskrip si
Skor
( 10 – 100 )
Penalaran
Apakah alas an yng dituliskan sudah logis  ?

Bahasa
Apakah bahasa yang digunakan mudah dipahami  ?
Apakah klimatnya sudah runtut ?

Organisasi
Apakah pujian sudah menunjukkan kelebihan dari hasil karya ?


Apakah kritikan sudah menunjukkan kekurangan dari hasil

      2. Sampaikan dengan bahasa lisan pujian dan kritikanmu terhadap  salah satu hasil karya temanmu !
         
No
Nama Siswa
Alasan Logis
Skor 10-100
Bahasa runtut
Skor 10-100
Bahasa Mudah Dipahami
Skor 10 - 100
Kelancaran
Skor 10-100
1
Tuti




2
Dani




3
Brian





Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,



Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli  2012
Guru Mata Pelajaran,



RENA CITRA C., S.Pd.
NIP. -


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           : IX/1
Standar Kompetensi     : 2.     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam   bentuk klomentar dan laporan
Kompetensi Dasar        :2.2. Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan   kalimat yang logis
Alokasi waktu               : 6 x  40 menit ( 3x pertemuan )

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat menceritakan berbagai peristiwa yang terjadi dengan kalimat yang logis’

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.   Materi Pembelajaran
      a. Peristiwa yang terjadi
      b. Waktu, tempat, mengapa, bagaimna peristiwa terjadi
      c. Mendeskripsikan suatu peristiwa

3.   Metode Pembelajaran
      a. Inkuiri
      b. Demonstrasi

4.   Langkah-lngkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama, Kedua  Dan ketiga :           
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang peristiwa yang sering terjadi di Indonesia
Memotivasi :
1. Peserta didik dan guru membicarakan kapan, di mna, mengapa, dan bagaimana terjadinya peristiwa

      b. Kegiatan Inti       
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat menceritakan berbagai peristiwa yang terjadi dengan kalimat yang logis.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Secara individu Peserta didik menyebutkan beberapa peristiwa yang diketahuinya
F  Peserta didik mendeskripsikan satu peristiwa yang diketahuinya secara rinci dengan kalimat yang jelas
F  Secara bergiliran Peserta didik bercerita tentang peristiwa yang diketahuinya dengan menggunakan   kalimat yang jelas
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

5.   Sumber Belajar
      a. Peristiwa / kejadian

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·        Mampu mendata pokok-pokok peristiwa secara rinci
·        Mampu melaporkan bebagai peristiwa dengan kalimat yang jelas

Tes praktik/kinerja
Uji petik
kerja 
·    Laporkanlah peristiwa yang ada di lingkunganmu secara lisan!

1. Tuliskan beberapa peristiwa / kejadian yang Anda ketahui !
Kegiatan
Skor
Menuliskan lebih dari dua peristiwa
2
Menuliskan satu sampai dua peristiwa
1
Tidak menuliskan sama sekali
0
     
2. Deskripsikan satu peristiwa yang Anda ketahui secara rinci dengan kalimat yang jelas dibuku kerjamu!
Deskriptor
1
2
3
4
Kelogisan penulisan peristiwa




Ketepatan penggunaan kalimat





      3. Ceritakan satu peristiwa yang Anda ketahui secara rinci di depan kelas dengan bahasa yang baik !
Deskriptor
1
2
3
4
Keserasian antara ekpresi wajah, gerak, sikap dan ucapan




Apakah ada variasi bahasa yang menarik




Kejelasan melafalkan kata




Kelancaran menyampaikan cerita






                                                                                               
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,



Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli  2012
Guru Mata Pelajaran,



RENA CITRA C., S.Pd.
NIP. -


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia    
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi  : 3.  Memahami  ragam wacna tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai kegiatan membaca intensif.
Kompetensi Dasar      : 3.1. Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar dan mendata fakta yang ada.
Alokasi waktu             : 2 x  40 menit

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik Dapat membedakan antara fakta dan opini

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.   Materi  Pembelajaran
      a. Daftar pengalaman siswa
      b. Teks tek berita dalam surat kabar

3.   Metode Pembelajaran
      a. Tanya jawab
      b. Inkuiri

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik diajak  melihat Koran dan mencermati iklan yang memuat fakta dan opini
Memotivasi :
1. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang berbagai isi teks iklan yang memuat fakta dan opini

      b. Kegiatan Inti   
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat membedakan antara fakta dan opini.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Secara kelompok Peserta didik mendiskusikan fakta dan opini yang ada dalam teks iklan
F  Peserta didik  diajak membahas dan mengkelompokkan mana yang berupa fakta dan opini
F  Peserta didik menyi8mpulkan dan membedakan fakta dan opini dalam teks iklan
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

5.   Sumber Belajar
      a. Media cetak / surat kabar
      b. Buku pelajaran bahasa Indonesia

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·        Mampu mendata fakta yang ada dalam teks
·        Mampu mendata opini yang ada dalam teks
·         Mampu membedakan fakta dan opini

Penugasan individual/ke-lompok
Pekerjaan rumah (PR)
§ Tulislah pernyataan yang merupakan fakta  dan  opini!
§ Bedakan antara fakta dan  opini dalam suatu teks!

      1. Tulislah minimal empat pernyataan yn g berupa fakta dan pendapat !
      Pedoman penskoran
Kegiatan
Skor
1. Peserta didik menulis 4 atau lebih fakta dan opini
2
2. Peserta didik menulis 1 – 2 fakta dan opini
1
3. Peserta didik tidak menulis apa-apa
0

      2. Bedakan apa yang dimaksud fakta dan opini
Kegiatan
Skor
1. Peserta didik dapat membedakan
1
2. Peserta didik tidak dapat membedakan
0
                                   
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,



Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Juli  2012
Guru Mata Pelajaran,



RENA CITRA C., S.Pd.
NIP. -

 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS 9 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top