SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 8 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTS                   : ..........................
Kelas/Semester                        : VIII (Delapan) / 1
Standar Kompetensi     : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, meminta dan memberi pendapat.
Jenis teks                     : Transactional / Interpersonal
Tema                           : Home Life
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             :2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.       Menentukan pasangan kalimat berdasarkan percakapan
b.      Memilih jawaban yang tepat berdasarkan rekaman dialog
c.       Melengkapi teks wawancara berdasarkan rekaman
d.      Melengkapi teks dialog berdasarkan rekaman dengan memilh jawaban yang tersedia
e.       Melafalkan  kalimat interogatif dan kalimat positif dengan intonasi yang tepat

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice (halaman 2, 3, 4, 5, 6)
·         Rekaman dialog
·         Rekaman percakapan dengan menggunakan why dan because
·         Percakapan-percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut:
            A: Why is the meeting at four?
            B: Because it’s Friday
b.      Grammar Practice( halaman 7, 8, 31)
·         Penjelasan tentang kalimat interrogative-negative Simple Present
·         Penjelasan kalimat imperative negative
·         Daftar pertanyaan dan pilihan jawaban
c.       Developing Skills (halaman 10 , 12, 24)
·         Rekaman wawancara
·         Rekaman percakapan
d.      Pronunciation (halaman 12)
·         Rekaman percakapan dengan intonasi kalimat interogatif dan kalimat positif
e.       Unit Self-Test (halaman 25)
·         Record your Voice: rekaman percakapan dengan mengacu pada petunjuk

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab tentang gambar
·         Brainstorming ideas: Why is the moon circular? Why should we study?,  etc.
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mendengarkan penjelasan tentang penggunaan bentuk interogatif negatif Simple Present
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F  Membantu menyelesaikan masalah;
F  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
F  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan .
b.      CD / kaset
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan
6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.      Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
2.      Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak barang
3.      Mengakui, mengingkari fakta
4.      Merespon ooooungkapan meminta dan memberi pendapat

Tes  lisan



Tes lisan










Merespon secara lisan




Pilihan ganda









Respond the following statement
A: Let me help you
B: ....
A: Can I have a bit?
B: ...........

Choose the right response
A: Did you break the glass?
B:.......
a. Yes, I did
b. I don’t know
c. I’m not sure
d. All right

Give your response
A: What do you think of my new dress
B:............


a.       Instrumen:
Listen to the dialogue and fill in the blanks (listening script on listening 1 and pronunciation)
1.      A: _________________closed?
B: _________________o’clock.
2.      A: _________________closed?
B: _________________.
3.      A: _________________closed?
B: _________________.
4.      David: I like tennis very much
      __________________?
5.   Karen: Well, I _____________
            But football is my favourite sport.
David: Oh yes. ________________
b.      Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 3
2. Jumlah skor maksimal  x 3 = 15     
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
c.       Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0



Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................


( ....................................................... )
NIP /NIK :  ..............................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/MTS                   : ..........................
Kelas/Semester                        : VIII (Delapan) / 1
Standar Kompetensi     : 1. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar       : 1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
Jenis teks                     : Transactional / Interpersonal
Tema                           : Narrating Past Event
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
b.      Menjawab pertanyaan berdasarkan rekaman dialog
c.       Menjawab secara lisan
d.      Menentukan benar atau salah kalimat-kalimat yang tersedia
e.       Menulis kalimat berdasarkan rekaman sesuai dengan gambar
f.       Menentukan benar atau salah pengucapan kata kerja was dan were
g.       Menentukan pengucapan kata kerja was dan were sesuai intonasi dalam rekaman

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice (halaman 44, 68, 69)
·         Rekaman dialog
·         Daftar pertanyaan dan jawaban
b.      Grammar Practice (halaman 48, 49, 50, 62)
·         Pernyataan-pernyataan yang memuat ungkapan:
            A: Was Karen at the sports center?
            B: Yes, she was
            (jawaban singkat dalam bentuk past simple)
·         Penjelasan penggunaan kata kerja bantu may
c.       Developing Oral Skills(halaman 53)
·         Rekaman dialog
d.      Pronunciation (halaman 54)
·         Rekaman dan script kalimat-kalimat yang memuat kata kerja was dan were

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab tentang gambar dalam dialog
·         Menebak berdasarkan gambar apa yang terjadi dalam dialog.
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mendengarkan penjelasan bentuk past simple dari kata kerja be
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan ..
b.      CD / kaset.
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan

6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Merespon ungkapan mengundang,menerima, dan menolak ajakan

·         Merespon ungkapan menyetujui / tidak menyetujui

·         Merespon ungkapan memuji

·         Merespon ungkapan memberi selamat

Tes lisan

Jawaban singkat

Write your response to the following statements:

1.A: Would you go with me to the movie ?
  B: ...

2.A: I do agree with you to join the speech contest.
  B: ...

3.A: You have a beautiful hair
  B: ...

4.A: Congratulation ! you passed your exams
  B : ...

a.       Instrumen:

Listen to the recording (A Message with a Map) and state whether these sentences are right or wrong.       
                                                                                                              Right     Wrong


 
1.      Mr. Miler was at the sports center this morning
2.      He usually gives Nigel the trining program every Sunday
3.      Nigel and Karen thought that Mr. Miller may not feel well
4.      Mrs. Miller was in the house
5.      Mr. Miller was out of London
6.      He never forgets to write the programmes
7.      There may be a map on the computer
8.      Nigel and Karen saw the message on the map
9.      Mrs. Miller didn’t find Nigel’s programme
10.  Karen is Nigel’s sister

b.      Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 1
2. Jumlah skor maksimal 10 x 1 = 10
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa = 10



Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  ..............................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/MTS                   : ..........................
Kelas/Semester                        : VIII (Delapan) / 1
Standar Kompetensi     : 2.    Memahami  makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar       : 2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Jenis teks                     : teks lisan fungsional
Tema                           : Home Life
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.       Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan rekaman pada halaman website
b.      Melengkapi kalimat dengan menggunakan there are/is
c.       Membuat kalimat yang memuat some/any
d.      Menulis insruksi sesuai rekaman dan gambar
e.       Menentukan urutan cara penyajian teh
f.       Menggarisbawahi suku kata yang mendapat tekanan dalam pengucapan

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice (halaman 28)
·        Instruksi-instruksi yang memuat ungkapan berikut:
-          Don’t forget the toast
-          Pass me the bread
b.      Grammar Practice (halaman 18 dan19)
·         Penjelasan dan latihan soal tentang penggunaan bentuk interogatif there is/are
·         Penjelasan dan latihan soal tentang penggunaan artikel partitif some/any
c. Developing skills (halaman 11, 35, 36)
·        Rekaman teks halaman website tentang Crystal Palace national Sports Center
·        Rekaman urutan cara penyajian teh dan gambar
·        Rekaman dan script lagu
d. Pronunciation (halaman 36)
·         Rekaman dan script suku kata yang mendapat tekanan ucapan
e. Unit self-test (halaman 37)
·         Record your voice: jelaskan cara menyajikan teh secara terperinci

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab tentang internet
·         Permainan: Simon Says
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mendengarkan penjelasan tentang artikel parttitif some/any
F  Menulis instruksi sesuai rekaman dan gambar
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F  Membantu menyelesaikan masalah;
F  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
F  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan..
b.      CD / kaset.
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan

6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa 
undangan.  
2 Mengidentifikasi ciri  
    kebahasaan dalam  
    teks fungsional  
    pendek berupa  
    Undangan.
Tes tertulis

Melengkapi 
rumpang

1. Complete the     following
 sentences based  on the text you  hear

2. Listen to the text and give short answer

a.       Instrumen:
Listen to the recording about how to serve a glass of avocado float.
Script:
If you want to have a glass of avocado float with melted chocolate on the top of it, please prepare some ice cubes, water, sugar and a bar of chocolate. Mix the ice cubes with water and some sugar. Blend smoothly until mixed and soft. Pour it into a glass. Heat a bar of chocolate and pour into the blended avocado. The float is ready to serve!
Rewrite the instructions:
b.      Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 2
2. Jumlah skor maksimal 5 x 2 = 10   
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =

c.       Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar dengan kalimat sempurna
Jawaban benar dengan kalimat kurang sempurna
Jawaban salah

2
1
0






Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  ..............................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/MTS                   : ..........................
Kelas/Semester                        : VIII (Delapan) / 1
Standar Kompetensi     : 2.    Memahami   makna   dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  descriptive dan recount  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar       :2.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
Jenis teks                     : monologue (descriptive/recount)
Tema                           : Narrating Past Event
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 8 x 40 menit ( 4x pertemuan )

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a.       Menulis tanggal kelahiran orang-orang pada gambar berdasarkan rekaman
b.      Menulis bilangan ordinal dengan bilangan kardinalnya
c.       Menulis kegiatan seseorang berdasarkan keterangan waktu
d.      Memilih jawaban dari akhir suatu cerita
e.       Menentukan bentuk pelafalan akhiran –ed pada kata-kata yang diucapkan

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice (halaman 46)
·         Gambar orang-orang dan rekaman tentang tanggal kelahiran orang-orang tersebut
b.      Grammar Practice (halaman 50 dan 51)
·         Penjelasan bilangan ordinal
·         Penjelasan tentang penanggalan
c.       Developing Skills (halaman 63)
·         Rekaman kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Mrs. Britten
·         Rekaman akhir cerita dari ‘The Kidnappers’
d.      Pronunciation (halaman 80 dan 66)
·        Rekaman dan script kata-kata yang berakhiran –ed
·        Rekaman dan script kata-kata yang memuat bunyi [^] dan [a:]

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique
4.      Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama, dua, ketiga dan keempat.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Warming-up activity: find five friends who were born in five different months. The fastest is the winner
·         Tanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan penculikan
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mendengarkan penjelasan tentang bilangan ordinal dan penanggalan
F  Mendengarkan rekaman tentang tanggal kelahiran orang-orang yang terlihat pada gambar
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan..
b.      CD / kaset.
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan

6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
  1. Mengidentifikasi Informasi/makna yang terdapat dalam teks berbentuk descriptive dan recount
  2. Mengidentifikasi tujuan komunikatif dan langkah retorika teks deskriptif dan recount. 
Tes lisan





Tes tulis
Pertanyaan lisan

Answer the questions orally based on the text you listen to




Choose the best option based on the text you have listened to

a.       Instrumen:
Listen to the recording (listening 4a on page 64) and answer the questions.
1. Where were Nigel and Karen?
2. What did Mrs. Miller do with all messages she had?
3. What was the message about?
4. How many messages were there?
5. What was the last message contained?

b.      Pedoman Penilaian\
Setiap jawaban yang sempurna diberi skor 3
Jumlah skor maksimal keseluruhan     x 5 = 15          
Nilai maksimal = 10
Nilai Siswa =

c.       Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar dan tata bahasa tepat
Jawaban benar dan tata bahasa kurang tepat
Jawaban kurang tepat dan tata bahasa tidak benar
Tidak menjawab
3
2
1
0


Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................




( ....................................................... )
NIP /NIK :  ..............................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/MTS                   : ..........................
Kelas/Semester                        : VIII (Delapan) / 1
Standar Kompetensi     : 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar       : 3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
Jenis teks                     : transactional/interpersonal
Tema                           : Home Life
Aspek/Skill                  : Berbicara
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a.      Tanya jawab menggunakan why dan because
b.      Tanya jawab tentang pekerjaan seseorang
c.       Tanya jawab tentang makanan dan minuman yang disukai
d.      Memberikan tanggapan atas suatu pernyataan dengan menggunakan so dan neither
e.       Tanya jawab tentang keberadaan suatu benda
f.       Bermain peran dalam dialog
g.       Mengungkapkan saran-saran atas pernyataan yang ada

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.      ateri Pembelajaran
a.       Communication Practice (halaman 3, 4, 5, 6, 29, 15)
·         Percakapan-percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan:
A: Why is the meeting at four?
B: Because it’s Friday
            A: What does Ms. Jones do?
            B: She’s a coach

            A: What sport do you like best?
            B: I like football
            A: So do I /I don’t mind.

            A: What’s there under the desk?
            B: There are some books.

            A: Is there any lettuce?
            B: Yes, there is.

            A: Wash vegetable before eating them.
            B: Yes. And don’t touch food with dirty hands

b.      Grammar Practice (halaman 8 dan 9)
·         Penjelasan dan latihan soal (so dan neither)
c.       Developing Skills (halaman 24)
·         Penjelasan kegiatan
·         Percakapan yang memuat ungkapan:
A: What is Mrs. Greenfield doing?
B: She’s …….

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama, dan dua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Warming-up activity: find five friends who were born in five different months. The fastest is the winner
·         Tanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan makanan, minuman dan olahraga yang disukai
·         Menyebutkan benda-benda yang terdapat dalam ruang kelas
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  penjelasan tentang makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F  Membantu menyelesaikan masalah;
F  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
F  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan..
b.      CD / kaset.
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan

6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.      Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak jasa
2.      Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak barag
3.      Bertanya dan menjawab tentang mengakui, mengingkari fakta
4.      Bertanya dan menjawab memberi pendapat

Unjuk kerja

Uji Petik Berbicara
Bermain peran

Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.


a.       Instrumen:
Make up a short dialogue with your partner based on each topic. Perform the dialogues in front of the class.
Topics:
1. sports
2. food and drinks
3. things in my room
4. drinking milk everyday
b.      Pedoman Penilaian\
Jumlah skor maksimal keseluruhan     100
Nilai maksimal masing-masing dialog 25        

c.       Rubrik Penilaian

Dialogue 1
Dialogue 2
Dialogue 3
Dialogue 4
Pronunciation
5
5
5
5
Delivery
10
10
10
10
Performance
10
10
10
10

Standard of Pronunciation:                                         
Excellent
10
Very good
9
Good
8
Average
7
Poor
≤6








Standard of Delivery and Performance:
Excellent
5
Very good
4
Good
3
Average
2
Poor
1





Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  ..............................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 8 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top