SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 9 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                   : ......................
Mata Pelajaran                 : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi     : 1.  Memahami makna   dalam percakapan transaksional dan inter-personal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar       : 1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan
Jenis teks                     : Transactional / Interpersonal
Tema                           : Camping Life and An Adventure In the Forest
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.       Mengidentifikasi penjelasan tentang identitas seseorang
b.      Memilih jawaban yang tepat berdasarkan informasi dalam dialog
c.       Menentukan karakteristik seseorang dengan penjelasan yang ada
d.      Menggambar wajah sesuai deskripsi dalam rekaman dialog
e.       Melengkapi dialog rumpang

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice
·         Sript dan rekaman dialog
·         Rekaman, gambar dan pilihan jawaban
·         Penjelasan kegiatan
·         Dialog rumpang dan rekaman
b.      Developing Skills
·         Rekaman percakapan dan pilihan jawaban
·         Gambar dan rekaman percakapan
c.       Pronunciation
·         Rekaman dan script kata-kata yang mengandung pelafalan bunyi [i:] dan [I]
3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab tentang gambar yang menjadi latar belakang dalam dialog yang akan dibahas
·         Guessing Game: menebak nama tokoh terkena yang dideskripsikan oleh guru.
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mencocokkan karakteristik seseorang dalam gambar dengan penjelasan dalam rekaman
F  Menggambar wajah pelaku kejahatan sesuai penjelasan dalam rekaman
F  Menggambar seseoang sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh siswa lain
F  Melengkapi dialog rumpang
F  Menentukan pemilik benda-benda yang terdapat dalam gambar
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F  Membantu menyelesaikan masalah;
F  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
F  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan : Kaset/CD
b.      Workbook Kaset/CD
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan














a.       Instrumen:
Listen to the dialogue (Listening on page 16) and answer the following questions.
1.      How does Nancy look like?
2.      Whose camp stove is that in the campsite?
3.      Where does Tony ask Nancy to go at noon?
4.      How does Nancy refuse Tony’s offer?
5.      When will they meet again?
b.      Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 3
2. Jumlah skor maksimal  x 3 = 15     
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa = 
c.       Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0


Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  ......................................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                 : ......................
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi     : 1. Memahami makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar       : 1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman
Jenis teks                     : Transactional / Interpersonal
Tema                           : Camping Life dan An Adventure In the Forest
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.       Melengkapi dialog rumpang
b.      Merespon pertayaan sesuai dalam rekaman
c.       Menjawab pertanyaan sesuai dengan informasi dalam dialog
d.      Menyebutkan hal-hal yang terjadi dalam comic-strip

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice (halaman 30, 48, 60, 72, 73)
·         Script, rekaman dialog
·         Comic-strip dan rekaman
b.      Developing Oral Skills(halaman 57, 67)
·         Rekaman dialog, pilihan jawaban
·         Rekaman dan script pertanyaan Mr. Boardman

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique
4.      Langkah-langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan comic-strip
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Melengkapi dialog rumpang
F  Memilih jawaban yang tepat berdasarkan informasi dalam interview dengan Mr. Boardman
F  Menjawab berbagai pertanyaan dalam interview tersebut
F  Menjawab pertanyaan sesuai dengan informasi dalam dialog
F  Menjawab pertanyaan yang berhubunga dengan rekaman comic strip
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F  Membantu menyelesaikan masalah;
F  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
F  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan : Kaset/CD .
b.      Workbook Kaset/CD .
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan










Instrumen:
Answer these questions orally:
1.      Is Scott a great dog? How do you think so?
2.      Are Tony and Trevor considered to be careless? Why do you think so?

d.      Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 5
2. Jumlah skor maksimal 5 x 2 = 10
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa = 10

Uraian
Skor
Jawaban benar dengan kalimat sempurna
Jawaban benar dengan kalimat kurang sempurna
Jawaban salah dengan kalimat sempurna
Jawaban salah dengan kalimat kurang sempurna
Jawaban salah

5
4
3
2
1


Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  ......................................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                 : ......................
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi     : 2     Memahami makna dalam     teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar       : 2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Jenis teks                     : teks lisan fungsional
Tema                           : Camping Life dan An Adventure in the Forest
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.       Menentukan harga barang sesuai rekaman
b.      Mengulangi pengucapan nama-nama bagian tubuh sesuai dalam rekaman
c.       Mengulangi kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi vokal

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice
·        Gambar dan reaman
b.     Pronunciation
·         Rekaman dan script kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi [u:] dan [u]
·         Rekaman dan script kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi [3:] dan [e]

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique
4.      Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Menyebutkan hal-hal yang berhubungan dengan belanja
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Melihat apa saja barang yang terdapat dalam daftar belanja
F  Menentukan harga barang sesuai dalam rekaman
F  Berdiskusi dengan siswa lain tentang harga keseluruhan dari daftar tersebut
F  Mendengarkan rekaman dari kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi [u:] dan [u]
F  Menentukan kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi [u:] dan [u]
F  Mendengarkan rekaman dari kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi [3:] dan [e]
F  Mengklasifikasikan kata yang mendapat pelfalan bunyi [3:] dan [e]
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F  Membantu menyelesaikan masalah;
F  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
F  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan: Kaset/CD .
b.      Workbook Kaset/CD .
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan











a.       Instrumen:
Write 10 names of the parts of the body mentioned by your teacher!

b.      Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 1
2. Jumlah skor maksimal 10 x 1 = 10 
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa = 



Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  ......................................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                 : ......................
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi     : 2.       Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar       :  2.2    Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Jenis teks                     : monologue (procedure/report)
Tema                           : Camping Life dan An Adventure in the Forest
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a.       Menentukan urutan suatu rekaman monolog
b.      Melengkapi teks bacaan sesuai rekaman
c.       Menulis nama orang-orang yang mengungkapkan pendapat dalam monolog

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice (halaman 7)
·         Script, rekaman monolog ‘Does chocolate grow on trees?’
b.      Developing Skills (halaman 12, 39)
·         Rekaman, script ‘How they make chewing gum’
·         Rekaman, script ‘Gilwell Park’

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique
4.      Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
A. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Menyebutkan makanan-makanan ringan yang disukai
·         Bertanya jawab tentang cara pembuatan coklat
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Membaca ‘The Mysterious Hut’
F  Menulis nama-nama orang yang megungkapkan pernyataan dalam cerita akhir ‘The Mysterious Hut’
F  Membaca bacaan ‘Gilwell Park’
F  Melengkapi teks bacaan tersebut dengan berdasarkan rekaman dialog
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melihat gambar yang mengilustrasikan tentang pembuatan coklat
F  Membaca kalimat yang tersusun acak
F  Menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah paragraph dengan mengacu pada rekaman monolog tentang pembuatan coklat
F  Melengkapi teks bacaan ‘How they make chewing gum’
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F  Membantu menyelesaikan masalah;
F  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
F  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan: Kaset/CD .
b.      Workbook Kaset/CD .
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan










Instrumen:
Listen to the monologue about Harvesting Rice.
Your teaher will play it three times.
Take notes for details to make a report on how to harvest rice.
1.
2.
3.
4.
5.

Script:
Harvesting Rice
It always needs much water if we want to start planting the rice. Farmers usually plant the seeds in rainy seasons so that it wouldn’t lack of water. For several months, the seeds are planted in a smaller muddy field. After they grow into about 10 cms long, they will be replanted in a larger muddy field. Farmers will crop them if the leaves are yellowish.

b.      Pedoman Penilaian\
Setiap jawaban yang sempurna diberi skor 3
Jumlah skor maksimal keseluruhan     x 5 = 15          
Nilai maksimal = 10
Nilai Siswa =

c.       Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar dan tata bahasa tepat
Jawaban benar dan tata bahasa kurang tepat
Jawaban kurang tepat dan tata bahasa tidak benar
Tidak menjawab
3
2
1
0


Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  ......................................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah                 : ......................
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi     : 3.       Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar       : 3.1     Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan
Jenis teks                     : transactional/interpersonal
Tema                           : Camping Life dan An Adventure in the Forest
Aspek/Skill                  : Berbicara
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2X Pertemuan )

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a.       Menentukan bagian-bagian tubuh seseorang dalam gambar
b.      Bertanya jawab tentang gambar dan situasi yang terdapat di dalamnya
c.       Bermain peran dalam sebuah dialog
d.      Bertanya jawab tentang kesukaan orang lain
e.       Menjawab pertanyaan sesuai dengan petunjuk yang ada
f.       Menggunakan must dan can dalam dialog

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice (halaman 3, 5, 6, 18, 19, 34, 74, 75 )
·         Penjelasan kegiatan dalam games
·         Percakapan-percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan:
A: I think this is Bruce Willis’ nose
B: Yeah, that’s right

            A: Whose is this pen?
            B: It’s Steve’s
            A: Yes, exactly

            A: How tall are you?
            B: I am …

            A: What about some dessert?
            B: I’ll have…

b.      Grammar Practice (halaman 23, 35, 78)
·         Penjelasan penggunaan Whose….
·         Penjelasan penggunaan Shall…?/Let’s …
·         Penjelasan penggunaan must dan can

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique
4.      Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
A. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Game: Hide and seek. Dengan mengacu pada gambar, menempatkan karakter dalam tempat-tempat tersembunyi dalam gambar. Siswa lain menebak nama-nama karakter dalam unit tersebut dan tempat persembunyiannya
·         Game: menebak siapa pemilik benda-benda yang dikumpulkan dalam kelompok (4 siswa)
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Menentukan bagian-bagian tubuh seseorang dalam gambar
F  Bertanya jawab tentang berat dan tinggi badan seseorang
F  Bertanya jawab tentang pendapat tentang suatu gambar dan peristiwa yang terjadi dalam gambar tersebut
F  Bertanya jawab tentang kesukaan orang lain
F  Bermain peran sesuai dengan situasi yang terdapat dalam buku ( mengundang Jean dan Nancy ke sebuah restoran)
F  Menjawab pertanyaan secara oral (whose…)
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F  Membantu menyelesaikan masalah;
F  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
F  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan: Kaset/CD .
b.      Workbook Kaset/CD .
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan

b.      Pedoman Penilaian\
Nilai maksimal 20 x 5 =100    

c.       Rubrik Penilaian
Criteria
Score
Pronunciation
5
Delivery
5
Performance
5
Cooperation
5

Standard of each criteria:

Excellent
5
Very good
4
Good
3
Average
2
Poor
1









Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  ......................................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 9 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top