SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP EKONOMI KELAS 10 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                        :
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Semester           : X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi: 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar        : 1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia.

Indikator Pencapaian Kompetensi        :  1. Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
2. Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
3.Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
4. Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
5.Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
6. Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
Alokasi Waktu  : 3 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)     Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
b)    Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
c)     Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
d)    Siswa dapat mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
e)     Siswa dapat mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
f)     Siswa dapat mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,
B. Materi Pokok
Kebutuhan manusia
C. Uraian Materi
a)     Pengertian kebutuhan
b)    Macam-macam kebutuhan
c)     Hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan
d)    Pengertian benda pemuas kebutuhan
e)     Macam-macam benda pemuas kebutuhan
f)     Kegunaan benda pemuas kebutuhan
D. Pendekatan
            Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

\

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
·        Mencari informasi tentang pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
·        Siswa dapat Mengidentifikasi kebutuhan manusia.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang kebutuhan siswa sendiri dan pengertian kebutuhan pada umumnya. Kemudian guru mempersilakan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan atau melakukan kunjungan ke pasar di daerah sekitar. Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
Pemenuhan kebutuhan adalah salah satu kegiatan ekonomi yang sangat mendasar. Pada pemenuhan kebutuhan, terlihat sikap seseorang dalam perencanaan perjalanan hidupnya.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.   Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP, spidol


Mengetahui,
Kepala Sekolah





, Juli 2011
Guru mapel Ekonomi






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                        :
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Semester           : X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi: 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar        : 1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan  kebutuhan manusia yang tak terbatas.

Indikator Pencapaian Kompetensi        : 1. Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
                                      2. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.
  3. Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
                                      4. Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.

Alokasi Waktu  : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)     Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
b)    Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.
c)     Siswa dapat mengidentifikasi mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
d)    Siswa dapat bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Kelangkaan dan pengalokasian sumber daya ekonomi

C. Uraian Materi
a)     Pengertian kelangkaan
b)    Penyebab kelangkaan
c)     Penentuan alokasi sumber daya ekonomi
d)    Sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
·        Menggali informasi tentang kelangkaan
·        Siswa dapat Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya..

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kebutuhan. Banyak kebutuhan yang tidak terpenuhi karena keterbatasan sumber daya ekonomi. Kemudian guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan masalah kelangkaan. Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
Masalah kelangkaan adalah inti dari pembahasan mengenai masalah ekonomi.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.     Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan  kebutuhan manusia yang tak terbatas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b.Kelompok pertama diberi tugas untuk  mendeskripsikan pengertian kelangkaan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan sikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan masalah kelangkaan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP, spidol


Mengetahui,
Kepala Sekolah





, Juli 2011
Guru mapel Ekonomi












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                        :
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Semester           : X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi: 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar: 1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.

Indikator Pencapaian Kompetensi        :
1. Mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
2. Mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi barang.
                                      3. Mendeskripsikan untuk siapa barang diproduksi.
                                   
Alokasi Waktu  : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)     Siswa dapat mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
b)    Siswa dapat mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi barang.
c)     Siswa dapat mendeskripsikan untuk siapa barang diproduksi.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
Masalah ekonomi tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.

C. Uraian Materi
a)      Barang apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya.
b)     Bagaimana cara memproduksi barang.
c)      Untuk siapa barang tersebut diproduksi.

D. Pendekatan
            Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
·        Bagaimana cara memproduksi barang.
·        Siswa dapat Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa memproduksi melalui diskusi kelompok dan studi kepustakaan.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kelangkaan. Kemudian guru mengaitkan masalah kelangkaan tersebut dengan masalah tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi yang baru dan kompetensi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Masalah tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi adalah masalah ekonomi yang paling mendasar, sehingga harus dipahami dengan tuntas.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.     Siswa dapat  Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 10-12 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan untuk siapa barang barang diproduksi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui,
Kepala Sekolah





, Juli 2011
Guru mapel Ekonomi




…………...











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                        :
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Semester           : X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi     : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan             kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar        : 1.4    Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila                              melakukan produksi di bidang lain.

Indikator Pencapaian Kompetensi:
                          1. Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang
                                      2. Kurva kemungkinan produksi

Alokasi Waktu  : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang.
b)     Siswa dapat menjelaskan konsep yang terdapat pada kurva kemungkinan produksi.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
Hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.

C. Uraian Materi
a)     Arti biaya sehari-hari dan biaya peluang
b)    Kurva kemungkinan produksi

D. Pendekatan
            Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
·        Pengertian biaya sehari-hari dan biaya peluang
·         Kurva kemungkinan produksi.
·        Siswa dapat Mendiskusikan contoh-contoh biaya peluang.
·        Siswa dapat  Menggambar kurva kemungkinan produksi.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kelangkaan yang menyebabkan individu harus membuat pilihan. Kemudian guru mengaitkan materi tersebut dengan hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi yang baru dan kompetensi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai konsep biaya peluang dan kurva kemungkinan produksi sangat diperlukan untuk mempermudah pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat  Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk  mendeskripsikan pengertian biaya.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian biaya peluang.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d.Kelompok ketiga diberi tugas untuk mencari perbedaan biaya sehari-hari dengan biaya peluang. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian laba akuntansi dan laba ekonomi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk membuat contoh soal tentang laba akuntansi dan laba ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk menjelaskan konsep yang terdapat pada kurva kemungkinan produksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan masalah kelangkaan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui,
Kepala Sekolah





, Juli 2011
Guru mapel Ekonomi








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        :
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Semester           : X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi     : 1.       Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan                                                                 kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar        : 1.5      Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah     ekonomi.

Indikator Pencapaian Kompetensi        :
1. Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
2. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi tradisional.
3. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi pasar.
4. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi komando.
5. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi campuran.

Alokasi Waktu  : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)     Siswa dapat mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
b)    Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi tradisional.
c)     Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi pasar.
d)    Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi komando.
e)     Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi campuran.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Sistem ekonomi
C. Uraian Materi
a)     Pengertian sistem skonomi
b)    Sistem ekonomi tradisional
c)     Sistem ekonomi pasar
d)    Sistem ekonomi komando
e)     Sistem ekonomi campuran

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
·         Pengertian sistem ekonomi
·         Sistem ekonomi tradisional
·         Sistem ekonomi pasar
·         Sistem ekonomi komando
·         Siswa dapat Mengidentifikasi sistem ekonomi yang ada dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui diskusi kelompok dan studi kepustakaan.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi penjelasan tentang pentingnya sistem ekonomi, macam-macam sistem ekonomi, dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.
b. Motivasi
Sistem ekonomi berpengaruh pada kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat menjelaskan pengertian sistem ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi tradisional. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi pasar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi komando. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi campuran. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui,
Kepala Sekolah





, Juli 2011
Guru mapel Ekonomi





Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP EKONOMI KELAS 10 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top