SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP FISIKA KELAS 10 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                     : SMA .......................
Kelas / Semester    : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran        : FISIKA
Alokasi Waktu         : 6 Jam Pelajaran

Standar Kompetensi
1.        Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya.

Kompetensi Dasar
      1.1    Mengukur besaran fisika ( panjang, massa, dan waktu).

Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur.
  • Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat :
-           Menganalisis besaran dan satuan dalam fisika.
-           Melakukan analisis dimensi terhadap besaran-besaran fisika.
-           Membedakan antara besaran pokok dan besaran turunan.
-           Menerapkan konsep besaran dan satuan dalam perhitungan fisika.
-           Mendeskripsikan pengukuran dalam fisika.
-           Melakukan pengukuran secara langsung terhadap besaran panjang, massa, dan waktu.
-           Melakukan pengukuran terhadap besaran turunan secara langsung dan tidak langsung.
-           Menganalisis ketidakpastian dalam suatu proses pengukuran.
-           Mengolah data yang telah dikumpulkan dari suatu pengukuran.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.


B. Materi Pembelajaran
          Pengukuran Panjang, Massa, dan Waktu

C. Metode Pembelajaran
1.    Model    :           -  Direct Instruction (DI)
                                                -  Cooperative Learning
              2.  Metode : -  Diskusi kelompok
                                                -  Eksperimen
                                                 -  Ceramah

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur: mistar milimeter, jangka sorong, mikrometer, neraca lengan, neraca pegas, dan stopwatch secara berkelompok di sekolah.
·        Membuat daftar (tabel)  nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu yang berlaku di daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massa: mayam di Sumut, untuk ukuran panjang: tumbak di Jabar).
·        Siswa Diskusi Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan

D.   Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
            a. Kegiatan Pendahuluan
·           Motivasi dan Apersepsi:
 -   Apakah panjang tergolong besaran pokok atau besaran turunan?
 -   Apakah manfaat satuan dalam pengukuran yang kita lakukan?
·           Prasyarat pengetahuan:
-  Apakah yang dimaksud dengan besaran pokok?
 -  Apakah yang dimaksud dengan satuan Sistem Internasional (SI)?
            b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·           Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·           Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian besaran. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh besaran pokok dan besaran turunan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pengukuran. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pentingnya penggunaan satuan Sistem Internasional (SI) dalam pengukuran. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran pokok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai nilai satuan standar untuk besaran-besaran pokok yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan satuan Sistem Internasional untuk besaran turunan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran turunan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik memperhatikan penggunaan awalan-awalan satuan yang dibakukan dalam fisika yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru menjelaskan kegunaan analisis dimensi dan memberikan contoh dimensi dari beberapa besaran fisika. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik diminta untuk menuliskan lima contoh analisis dimensi dari besaran turunan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru memeriksa penulisan analisis dimensi dari besaran turunan yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·           Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.)
c. Kegiatan Penutup
·           Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);



PERTEMUAN KEDUA
       a. Kegiatan Pendahuluan
·           Motivasi dan Apersepsi:
-      Bagaimana cara mendapatkan hasil pengukuran yang tepat?
-      Dapatkah kita megukur volume benda yang berbentuk tidak teratur?
·           Prasyarat pengetahuan:
-      Apa yang dimaksud dengan pengukuran?
-      Bagaimana cara mengetuhui volume benda yang berbentuk tidak teratur?
·           Pra eksperimen:
-      Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang digunakan dalam            pengukuran.
 b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·           Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·           Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengukuran secara langsung dan pengukuran secara tidak lanngsung dalam fisika. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru mempresentasikan bagian-bagian mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup dan menunjukkannya kepada peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh guru, jika terdapat kesalahan langsung diberi umpan balik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru mendemontrasikan langkah-langkah penggunaan alat ukur, pengukuran suatu objek, cara membaca skala, menentukan nilai, dan membandingkan tingkat ketelitian dari hasil pengukuran dengan menggunakan mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru juga melakukan hal yang sama terhadap alat ukur neraca dua lengan, neraca elektronik dan stopwatch. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik mengerjakan lembar kerja yang telah disiapkan oleh guru (kegiatan 2.1 halaman 40). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru memeriksa kegiatan pengukuran yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru menjelaskan pengukuran secara tidak langsung untuk besaran panjang, massa, dan waktu. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengukuran besaran turunan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengukur luas dan volume banda yang berbentuk teratur dan tidak teratur. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·           Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
            c. Kegiatan Penutup
·           Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

PERTEMUAN KETIGA
       a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-       Apa manfaat melakukan pengukuran berulang?
-       Berapakah angka penting dari bilangan 0,00005006?
l  Prasyarat pengetahuan:
-       Apa yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin?
-       Bagaimana cara menentukan jumlah angka penting?
 b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·           Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·           Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya ketidakpastian dalam pengukuran. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengurangi kesalahan dalam pengukuran. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan jenis-jenis ketidakpastian dalam pengukuran. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menentukan jumlah angka penting. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru memberikan contoh soal mengenai cara menentukan jumlah angka penting. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai menentukan jumlah angka penting di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru memberikan beberapa soal mengenai cara menentukan jumlah angka penting untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara pengolahan data dari hasil pengukuran. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara variabel bebas dan variabel terikat. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik memperhatikan contoh pengolahan data dari hasil pengukuran tebal sehelai kertas dengan menggunakan mikrometer sekrup yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·           Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);



         c. Kegiatan Penutup
·           Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·           Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.1A (Esis) halaman 1-52
  b. Lembar kerja
  c. Alat dan bahan praktikum
             
F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian:
 -  Tes unjuk kerja
 -  Tes tertulis                 
            b. Bentuk Instrumen:
  -  Uji petik kerja produk
 -  PG
 -  Uraian
            c. Contoh Instrumen:
                     -   Contoh uji petik kerja produk
                              Isilah tabel berikut dengan mengamati skala pada beberapa alat-alat ukur                                    panjang. Tentukan nst serta ketidakpastiannya.
                                   
No
Alat ukur panjang
nst
ketidakpastian
1



2



3



4




-  Contoh tes PG
     Pasangan besaran dan satuan yang berdasarkan satuan Sistem Internasional   adalah ....
a.    waktu, menit                                   
b.    panjang, inci
c.    massa, kilogram
d.    suhu, celcius
e.    jumlah zat, candela
-  Contoh tes uraian
Apa yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin?

                              ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA.....                                                 Guru Mata Pelajaran



.................................                                                   ..................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                     : SMA .......................
Kelas / Semester    : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran        : FISIKA
Alokasi Waktu         : 8 Jam Pelajaran

Standar Kompetensi
            1.    Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya.

Kompetensi Dasar
            1.2  Melakukan penjumlahan vektor.

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara grafis.
2.      Menjumlahkan dua vektor secara analisis.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.    Membedakan pengertian besaran vektor dan besaran skalar.
2.    Menyebutkan contoh besaran vektor dan besaran skalar.
3.    Menuliskan simbol vektor.
4.    Melakukan operasi vektor dengan metode jajargenjang dan metode poligon.
5.    Menganalisis komponen-komponen vektor.
6.    Menyelesaikan masalah vektor dengan menggunakan metode analitik.
7.    Membedakan perkalian skalar dua vektor dan perkalian silang dua vektor.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

B. Materi Pembelajaran
          Penjumlahan Vektor

C. Metode Pembelajaran
1.    Model       :          Direct Instruction (DI)
 Cooperative Learning
2.    Metode    :            Diskusi kelompok
 Ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu
·        Menggambar vektor, resultan vektor, komponen vektor serta menghitung besar dan arah resultan vektor dalam diskusi kelas.
·        Siswa dapat  Melakukan percobaan untuk menemukan resultan dua vektor sebidang

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
     -   Sebutkan besaran fisika yang tergolong besaran vektor.
     -   Dapatkah besaran vektor mempunyai nilai negatif?
l  Prasyarat pengetahuan:
     -  Apa yang dimaksud dengan besaran vektor?
     -  Apa yang dimaksud dengan negatif dari sebuah vektor?
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan besaran vektor dan besaran skalar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan contoh besaran vektor dan besaran skalar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan penulisan simbol vektor yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikanoperasi vektor dengan metode jajargenjang dan metode poligon. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan langkah-langkah penjumlahan vektor dengan metode jajargenjang yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan contoh soal mengenai penjumlahan dua vektor atau lebih dengan metode jajargenjang. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan langkah-langkah penjumlahan vektor dengan metode poligon yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan contoh soal mengenai penjumlahan dua vektor atau lebih dengan metode poligon. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai penjumlahan dua vektor atau lebih dengan metode jajargenjang dan metode poligon untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);  
      c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

PERTEMUAN KEDUA
         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
      -   Bagaimana cara operasi pengurangan dua buah vektor?
          -   Adakah cara yang lebih efektif untuk menjumlahkan vektor yang sangat banyak?
l  Prasyarat pengetahuan:
     -   Apa yang dimaksud dengan pengurangan vektor?
     -   Bagaimana cara melakukan penjumlahan vektor secara analitik?
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengurangan vektor. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan tahap-tahap dalam menyelesaikan pengurangan dua buah vektor yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l  Guru memberikan contoh soal mengenai pengurangan dua buah vektor. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai pengurangan dua buah vektor untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan komponen-komponen vektor. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan langkah-langkah penjumlahan vektor secara analitik yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan contoh soal mengenai penjumlahan lebih dari dua vektor dengan metode analitik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai penjumlahan dua vektor atau lebih dengan metode analitik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  c. Kegiatan Penutup
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KETIGA
         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
     Bagaimana mendapatkan besaran skalar dari dua besaran vektor?
      Bagaimana mengoperasikan dua buah vektor sehingga diperoleh vektor yang tegak lurus pada dua vektor tersebut?
l  Prasyarat pengetahuan:
     -   Apa yang dimaksud dengan perkalian titik (dot product)?
     -   Apa yang dimaksud dengan perkalian silang (cross product)?
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaaan perkalian skalar dua vektor (dot product) dan perkalian silang dua vektor (cross product) . (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan tahap-tahap dalam menyelesaikan perkalian skalar dua vektor (dot product) yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan contoh soal mengenai perkalian skalar dua vektor (dot product). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai perkalian skalar dua vektor (dot product) untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa besaran vektor. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan langkah-langkah dalam menyelesaikan perkalian silang dua vektor (cross product) yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan contoh soal mengenai perkalian silang dua vektor (cross product). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai perkalian silang dua vektor (cross product). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
           c. Kegiatan Penutup
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 1A (Esis) halaman 53-72
  b. Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:    -   Tes tertulis
        b. Bentuk Instrumen: PG, Uraian
        c. Contoh Instrumen:
    -  Contoh tes PG
Besar vektor A = 3 satuan dan besar vektor B = 4 satuan. Bila besar vektor resultan (A+B) = 5 satuan, maka sudut antara vektor A dan vektor B
adalah ....
       a. 300                                                                         d. 730
       b. 450                                                                         e. 900
                               c. 600                
-  Contoh tes uraian
Tentukan resultan dari gaya berikut: 50 N dengan membentuk sudut 300 terhadap sumbu +X, gaya 80 N dengan membentuk sudut 1350 terhadap sumbu +X, dan 30 N dengan membentuk sudut 2400  terhadap sumbu +X.
                               ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA...                                                               Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.
  
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP FISIKA KELAS 10 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top