SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP IPS KELAS 8 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          : ............................        
Mata Pelajaran          :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       :  VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1.   memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah   penduduk
Kompetensi Dasar    : 1.1       Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan  penduduk
Alokasi Waktu          : 6 X 40 menit (3x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
- Menunjukan letak geografis (posisi geografis, letak geografis) Indonesia
- Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia
- Menyajikan informasi tentang arah angin muson di Indonesia
- Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia
- Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia, dan kaitannya dengan pembagian wilayah Wallance dan Weber
- Mendiskripsikan persebaran jenis tahah dan pemanfaatannya di Indonesia

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
Kondisi fisik wilayah indonesia
a. latak Indonesia
b. Iklim di Indonesia
c. Wilayah daratan
d. Keanekaragaman hayati
e. Persebaran jenis tanah di Indonesia

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Materi : Kondisi fisik wilayah indonesia
. latak Indonesia
. Iklim di Indonesia
. Wilayah daratan

a. Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Letak geografis Indonesia sangat strategis.
- Indonesia adalah negara kepulauan karena jumlah pulaunya mencapai 17.508 pulau.

b. Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru meminta siswa untuk memperhatikan peta
F  guru menjelaskan posisi geografis dan letak astronomis.
F  Guru menjelaskan kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  siswa menyebutkan letak geografis dan letak astronomi Indonesia
F  Siswa menunjukan perubahan musim
F  siswa mengamati peta untuk mendiskripsikan wilayah daratan di Indonesia
F  Siswa menyimpulkan penjelasan guru
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan 2 dan 3
Materi : - Keanekaragaman hayati
- Persebaran jenis tanah di Indonesia

Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
- Memotivasi kelas agar siap dalam proses pembelajaran :
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Apasaja flora dan fauna yang ada di Sumatera?
- Sebutkan jenis tanah di Indonesia

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Informasi flora di Indonesia bagian barat
F  Guru menanyakan flora di Indonesia dan dauna Indonesia
F  Guru menjelaskan jenis tanah di Indonesia
F  Guru menanyakan jenis tanah di Indonesia serta pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Siswa membuat rangkuman tentang hasil tanya jawab dari penjelasan guru•
F  Siswa merangkum dari hasil penjelasan guru dan membaca referensi
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

 Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu
_ Peta Indonesia
_ Atlas
_ Peta pembagian wilayah waktu di Indonesia.
_ Peta angin muson di Indonesia.
_ Peta pembagian wilayaf flora dan fauna Indonesia.
_ Peta persebaran jenis tanah di Indonesia.

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
Ü  Menunjukkan letak geografis (letak geografis, letak astronomis) Indonesia.

Ü  Menganalisis hubungan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia.

Ü  Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.

Ü  Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna  tipe Asia, tipe Australia  serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.

Ü  Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.

Tes lisan




Tes tulis



Penugasan



Tes tulis





Penugasan 
Daftar pertanyaan



Tes Uraian



Tugas rumah


Pilihan ganda




Tugas rumah
Ü  Sebutkan letak  astronomis  wilayah Indonesia?

Ü  Jelaskan kaitan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia.

Ü  Buatlah peta pola angin muson di Indonesia!

Ü  Contoh fauna Asiatis antara lain ….
a.    kuskus dan cendrawasih
b.   badak dan harimau
c.    banteng dan komodo
d.   anoa dan babirusa

Ü  Buatlah daftar jenis tanah di Indonesia dan pemanfaatannya.

           

*) Norma Penilaian :

            *) Norma Penilaian :
                        - Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal        : 15
                        - Aspek Kerapihan pekerjaan                          : 10
                        - Aspek Esensi Jawaban skor maksimal                       : 75


 
                                                Jumlah                                     : 100

                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          : ............................
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan
      pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar    : 1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan
                                            upaya penanggulangannya
Alokasi Waktu          : 8 X 40 menit (4x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
• Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran dan
kematian).
• Mendesripsikan arti dan ukuran angka kelahiran dan angka kematian.
• Mengdentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian.
• Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia
• Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.
• Menghitung angka perbandingan laki-laki perempuan (sex ratio) dan beban ketergantungan, serta mengartikan angka tersebut.
• Mengartikan angka Usia Harapan Hidup.
• Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
• Menyajikan informasi kependudukan dalam bentuk peta, tabel, dan grafik.
• Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.
• Menganalisis dampak positif dan negatif migrasi serta usaha penanggulangannya

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
Kondisi penduduk Indonesia
Ü  Kuantitas penduduk Indonesia
Ü  kualitas penduduk Indonesia
Ü  Dinamika penduduk Indoneisa
Ü  Masalah kependudukan di Indonesia
Ü  Upaya mengatasi masalah kependudukan di Indonesia

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi c. Tanya jawab
b. Inquiri

E. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi :
Ü  Kuantitas penduduk Indonesia
Ü  kualitas penduduk Indonesia

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Menanyakan garis besar materi tentang kondisi penduduk Indonesia, yang merupakan     tugas membaca yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Salah satu siswa diminta menyampaikan garis besar hasil bacaan/tugasnya.

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru membimbing jalannya diskusi tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Diskusi tentang faktor penunjang dan penghambat kelahiran dan kematian.
F  Menghitung kepadatan penduduk dan mengamati peta dan tabel kepadatan penduduk  Indonesia.
F  Membuat macam-macam bentuk piramida penduduk.
F  Menghitung sex ratio dan beban ketergantungan.
F  Tanya jawab tentang usia harapan hidup.
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Memberikan tugas kepada siswa untuk menghitung dependency ratio

Pertemuan 3 dan 4
Materi : Dinamika penduduk Indonesia
Ü  Masalah kependudukan di Indonesia Upaya mengatasi masalah kependudukan di Indonesia

Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Sudah seimbangkah sumber daya alam dan sumber daya manusia dinegara kita?
- Apa makna penduduk?
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Sumber daya manusia adalah semua potensi yang berhubungan dengan data
kependudukan yang dimiliki suatu daerah atau negar yang dapat digunakan untuk
memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Diskusi tentang dampak dan upaya penanggulang an ledakan penduduk.
F  Mengamati dan tanya jawab tentang tabel kependudukan.
F  Membuat grafik dan peta kependudukan.
F  Tanya jawab tentang jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.
F  Diskusi tentang dampak dan usaha penanggulangan migrasi.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

 Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Memberikan tugas rumah untuk CDR dan ASDR

E. Sumber Belajar
_ Peta Indonesia
_ Atlas
_ Peta persebaran penduduk di Indonesia.
_ Gambar-gambar yang relevan.
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu

F. Penilaian Hasil Belajar.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk serta upaya mengatasi pertumbuhan penduduk yang tinggi.
Ü  Mendesripsikan angka kelahiran dan angka kematian, serta faktor-faktor pendorong dan penghambatnya.
Ü  Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
Ü  Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia
Ü  Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.
Ü  Mengidentifikasi jenis-jenis mobilitas penduduk, faktor penyebab, dampak positif dan negatif serta upaya penanggulangannya.
Ü  Mendeskripsikan kualitas penduduk dan upaya mengatasi kualitas penduduk yang rendah di Indonesia.
Tes tulis



Tes tulis

Tes tulis

Tes unjuk kerja


Tes tulis

Te s tertulis


Tes tulis


Tes tulis

Tes Uraian



Tes Uraian

Tes Uraian

Uji petik kerja produk

Tes Uraian

Proyek


Tes Uraian


Pilihan ganda

Ü  Sebutkah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk alami!
Ü  Sebutkat 4 faktor penunjang kelahiran!
Ü  Jelaskan upaya mengatasi ledakan penduduk!
Ü  Buatlah peta kepadatan penduduk antar propinsi diIndonesia!
Ü  Jelaskan ciri-ciri piramida penduduk limas!
Ü  Carilah data penduduk yang datang dan yang pergi di daerahmu setiap bulan selama satu tahun!
Ü  Jelaskan dampak negatif urbanisasi bagi daerah tujuan!
Ü  Pertumbuhan penduduk yang disebabkan oleh selisih angka kelahiran dan kematian disebut.....
a.       pertambahan penduduk
b.      pertumbuhan penduduk
c.       pertambahan penduduk umum
d.      pertumbuhan penduduk khusus
Ü  Transmigrasi yang disebabkan tekanan penduduk didaerah asal disebut transmigrasi....
a.       swakarya
b.      umum
c.       sektoral
d.      lokal
Ü  Rasio ketergantungan penduduk suatu negara dapat dihitung dari komposisi penduduk menurut.....
a.       mat a pencaharian
b.      umur
c.       agama
d.      tempat tinggal
Ü  Adanya daerah pemukiman kumuh merupakan dampak.....
a.       emigrasi
b.      urbanisasi
c.       transmigrasi
d.      migrasi
Ü  Indikator kualitas penduduk yang paling berpengaruh adalah....
            a.      dependensi rasio
            b.      angka harapan hidup
            c.      komposisi penduduk
            d.      kelahiran
Ü  Provinsi di Indonesia yang mempunyai kepadatan tertinggi adalah....
a.       Jawa barat
b.      Jawa tengah
c.       Jawa timur
d.      DKI -
Ü  Tingkat pendapatan suatu negara merupakan faktor penting untuk melihat kualitas penduduk dari aspek.....
a.       sosial
b.      politik
c.       budaya
d.      ekonomi
Ü  Berikut ini yang tidak termasuk indikator kualitas penduduk yang bersifat fisik adalah....
a.       pendidikan
b.      kesehatan
c.       ekonomi
d.      kerjasama
Ü  Dibawah ini adalah faktor geografis yang mempengaruhi bentuk sarana dan prasaran perhubungan, kecuali.....
a.       iklim
b.      morfologi
c.       geologi
d.      kebudayaan
Ü  indikator kualitas penduduk dalam bidang pendidikan adalah.....
a.       besarnya buta huruf
b.      banyaknya sekolah kejuruan
c.       banyaknya jumlah pengangguran
d.      jumlah penduduk yang masih sekolah




            *) Norma Penilaian :
                        - Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal        : 15
                        - Aspek Kerapihan pekerjaan                          : 10
                        - Aspek Esensi Jawaban skor maksimal                       : 75


 
                                                Jumlah                                     : 100

                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : ............................
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar    : 1..3 Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu          : 8 X 40 menit (4x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
• Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya)
• Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
• Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
• Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
• Mendeskripsikan tujuan dan sasaran pembangunan nasional
• Menafsirkan hakekat pembangunan yang berwawasan lingkungan
• Mengidentifikasikan ciri-ciri pembangunan yang berwawasan lingkungan

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
- Lingkungan hidup dan pelestariannya
- lingkungan hidup
- Kerusakan lingkungan hidup
- Usaha-usaha pelestaria lingkungan hidup
- Pembangunan berwawasan lingkungan.

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi : - lingkungan hidup
- Kerusakan lingkungan hidup

Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Bagaimana keadaan lingkungan disekitar kalian?

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan untuk
F  mengatur tempat duduk, pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi.
F  Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang :
Ø  lingkungan hidup
Ø  Kerusakan lingkungan hidup
F  Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok
F  Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan 3 dan 4
Materi :
- Usaha-usaha pelestaria lingkungan hidup
- Pembangunan berwawasan lingkungan

Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Kegiatan apa saja yang dapat kalian lakukan dalam rangka melestarikan lingkungan
   hidup?
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Menceritakan hasil pembangunan yang ada dilingkungan siswa masing-masing

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca buku sumber tentang hakekat pembangunan yang berwawasan lingkungan
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Diskusi tentang usaha pelestarian lingkungan hidup.
F  Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

 Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu


*) Norma Penilaian :

            *) Norma Penilaian :
                        - Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal        : 15
                        - Aspek Kerapihan pekerjaan                          : 10
                        - Aspek Esensi Jawaban skor maksimal                       : 75


 
                                                Jumlah                                     : 100

                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP IPS KELAS 8 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top