SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PAI KELAS 8 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/1
Standar Kompetensi
:
1. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
Kompetensi Dasar
:
1.1. Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
Alokasi Waktu           
:
2 X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat memahami pengertian dan huruf Qalqalah, menjelasakan pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra serta membedakan tafkhim dan tarqiq baik pada lam maupun ra'.
  •  
Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )


Materi Pembelajaran   
  • Pengertian Qalqalah
  • Huruf-huruf  Qalqalah
  • Lafaz yang mengandung bacaan qalqalah
  • Pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra
  • Lafdzu jalalah
  • Perbedaan bacaan tafkhim atau tarqiq pada lam dan ra'.

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan qalqalah beserta huruf-hurufnya.

2). Elaborasi
·         Siswa berdiskusi untuk mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan lafaz-lafaz yang mengandung bacaan qalqalah.
3) Konfirmasi
·         menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS 
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah.
§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah dan menyebutkan contoh-contohnya.
§  Menjelaskan pengertian hukum bacaan ra.
§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan ra dan menyebutkan contoh-contohnya.
Tes tertulis
Tes uraian
Tes isian

§  Jelaskan pengertian qalqalah!
§  Sebutkan huruf-huruf qalqalah!
§  Jelaskan pengertian tafkhim !
§  Jelakan pengertian tarqiq
§  Apakah yang dimaksud lam jalalah!

Isilah dengan jawaban yang tepat !

a   TAFKHIM           = Jika lafaz mengandung bacaan tafkhim
a   TARQIQ              = Jika lafaz mengandung bacaan tarqiq

عَذَابُ اللهِ
خَزَائِنُ اللهِ
أَلَيْسَ اللهُ
مِنْ دُونِ اللهِ
قُلِ اللهُ
1.
2.
3.
4.
5.
كَرْبٍ
فِرْعَوْنَ
زُرْتُمُ
وَالْفُرْقَانَ
وَاْلأَرْضُ
6.
7.
8.
9.
10.

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


________________                                        ___________________
NIP                                                                   NIP                   

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/1
Standar Kompetensi
:
1. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
Kompetensi Dasar
:
1.2. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra  dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat Mepraktekkan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Bacaan qalqalah dalam ayat-ayat pilihan
  • Bacaan tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menyajikan ayat-ayat pilihan yang banyak mengandung bacaan qalqalah, tafkhim, dan tarqiq.
2). Elaborasi
·         Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·         Guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS 
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Membaca bacaan qalqalah dengan benar.
§  Membaca bacaan ra tebal dengan benar.
§  Membaca bacaan ra tipis dengan benar.
§  Menerapkan hukum bacaan qalqalah dengan membaca QS. al-Ikhlash dan QS. al-Lahab.
§  Menerapkan hukum bacaan ra dengan membaca potongan ayat-ayat al-Quran.
Tes unjuk kerja

Tes identifikasi

·     Bacalah potongan-potongan ayat berikut dengan memperhatikan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq!
تَبَّتْ يَدَا أَبِيْ لَهَبٍ وَتَبَّ (۱)
 مَآ أَغْنى عَنْهُ مَالُه وَمَا كَسَبَ (٢) سَيَصْلى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ (٣) وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ (٤) فِي جِيْدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ
 (٥)  ( اللهب : ۱-٥)
وَمَنْ يُهِنِ اللهُ فَمَا لَه مِنْ مُكْرِمٍ إِنَّ اللهَ يَفْعَلُ مَا يَشَآءُ
( الحج : ۱٨)


Rubrik/Pedoman penilaian :
Aspek yg dinilai
Indikator kemampuan
Nilai
·  Kelancaran
·  Bacaan qalqalah, tafkhim, dan tarqiq
·  Makhraj
·  Membaca dengan lancar
·  Tidak melakukan kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya
100
·  Membaca dengan lancar
·  Melakukan 1-2 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya
90
·  Melakukan 3-4 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya
80
·  Melakukan 5-6 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya
70
·  Melakukan 7-8 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya
60
·  Melakukan  lebih dari 8 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya
50

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/1
Standar Kompetensi
:
2. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
Kompetensi Dasar
:
2.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah
Alokasi Waktu           
:
1  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat mengimani Kitab-kitab Allah SWT, membaca dalil naqlinya serta memahami perbedaan antara kitab dengan suhuf.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )

Materi Pembelajaran   
  • Pengertian iman kepada Kitab-kitab Allah SWT
  • Dalil naqli tentang Kitab-kitab Allah SWT
  • Perbedaan kitab dengan suhuf

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah.
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian iman kepada kitab Allah SWT dengan memaparkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan kitab-kitab Allah.
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah perbedaan antara kitab dengan suhuf.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI  SMP / MTS 

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian kitab-kitab Allah.
§  Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah.
§  Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada kitab-kitab Allah.
Tes tertulis
Tes uraian

§  Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah SWT!
§  Jelaskan pengertian kitab Allah !
§  Jelasakan perbedaan kitab samawi dengan kitab ardhi!
§  Tulislah dalil naqli tentang kitab Allah !
§  Jelaskan perbedaan antara kitab dengan suhuf!

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/1
Standar Kompetensi
:
2. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
Kompetensi Dasar
:
2.2. Menyebutkan nama Kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menyebutkan macam-macam kitab-kitab Allah dan rasul yang menerimanya, meyakini bahwa kitab-kitab Allah sebagai petunjuk bagi manusia dan Al Quran sebagai kitab suci umat Islam.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )

Materi Pembelajaran   
  • Macam-macam kitab-kitab Allah dan rasul yang menerimanya
  • Kitab-kitab Allah sebagai petunjuk bagi manusia
  • Al Quran sebagai kitab suci umat Islam

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Aprsepsi
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan menyebutkan macam-macam kitab-kitab Allah dan rasul.
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru memberikan penjelasan mengenai kitab-kitab Allah beserta rasul penerimanya.
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah tentang kitab-kitab Allah sebagai petunjuk bagi manusia serta al Quran sebagai kitab suci umat Islam..
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS 
·        Al-Quran dan Terjemahnya

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menyebutkan nama-nama kitab Allah beserta para Rasul yang menerimanya.
§  Menyebutkan shuhuf-shuhuf yang diturunkan kepada para nabi dan rasul.
§  Menyebutkan isi pokok dari kitab-kitab Allah.
Tes tertulis
Tes isian

§  Kitab Injil diturunkan kepada Nabi ....
§  Nabi Dawud menerima kitab ....
§  Nabi Musa menerima kitab....
§  Kitab al-Quran diturunkan kepada Nabi....
§  Umat Islam berpedoman kepada kitab suci ....


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/1
Standar Kompetensi
:
2. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah SWT
Kompetensi Dasar
:
2.3. Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah
Alokasi Waktu           
:
1  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa membiasakan diri tadarus al-Qur'an dan berperilaku yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )

Materi Pembelajaran   
  • Tadarus al-Qur'an
  • Perilaku yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an

Metode Pembelajaran 
  • Penugasan
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Aprsepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah.
  • Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group).

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah kegiatan tadarus al-Quran.
2). Elaborasi
  • Siswa melakaukan kegiatan tadarus di rumah selama satu minggu.
  • Siswa mendeskripsikan kesan-kesannya.
3) Konfirmasi
  • Siswa melaporkan hasil kegiatannya secara tertulis.


Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS 

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
·     Menjelaskan al-Quran sebagai Kitab Allah terakhir dan terlengkap.
·     Menjelaskan keistimewaan al-Quran atas Kitab-kitab Allah yang lain.
·     Menjadikan al-Quran sebagai sumber hukum dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.
Tes tertulis
Tes isian

§  jelaskan al-Quran sebagai Kitab Allah terakhir dan terlengkap.
§  jelaskan keistimewaan al-Quran atas Kitab-kitab Allah yang lain.
§  Lakukan tadrus al-Quran selama stu minggu dan buatlah laporan serta tulislah kesan yang kamu rasakan selama melaksanakan kegiatan tadarus!.

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/1
Standar Kompetensi
:
3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
:
3.1. Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakkal
Alokasi Waktu           
:
1  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat memahami zuhud dan tawakal, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, serta menjelaskan fungsinya dalam kehidupan.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Materi Pembelajaran   
  • Pengertian zuhud dan tawakal
  • Dalil naqli tentang zuhud dan tawakal
  • Fungsi zuhud dan tawakal dalam kehidupan

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya berakhlak mulia.
  • Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group).

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian zuhud dan tawakal.
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah lebih dalam mengenai zuhud dan tawakal dan berdiskusi tentang fungsi zuhud dan tawakal dalam kehidupan.

3) Konfirmasi
  • Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang zuhud dan tawakal dengan metode .

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
·     Menjelaskan pengertian zuhud dan menyebutkan dalilnya.
·     Menjelaskan pengertian tawakkal dan menyebutkan dalilnya.
Tes tertulis
Tes uraian

§  Jelasakan pengertian zuhud!
§  Jelaskan pngertian tawakal
§  Tulislah dalil naqli tentang zuhud!
§  Tulislah dalil naqli tentang tawakal?
§  Jelaskan fungsi tawakal dalam kehidupan!

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PAI KELAS 8 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top