SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PAI KELAS 9 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
1. Memahami Al-Qur’an surat at-Tin
Kompetensi Dasar
:
1.1. Membaca QS. at-Tin dengan tartil.
Alokasi Waktu           
:
2 X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca surat at-Tin dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Surat at-Tin

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru mendemonstrasikan bacaan surat at-Tin.
2). Elaborasi
·         Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
·         menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                      
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
§  Membaca keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar.
Tes tertulis

Tes uraian

§  Bacalah surat at-Tin dengan fasih, kemudian hafalkan!

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
1. Memahami Al-Qur’an surat at-Tin
Kompetensi Dasar
:
1.2. Menyebutkan arti QS at-Tin
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca arti mufradad surat at-Tin, mengartikan surat at-Tin, dan dapat menjelaskan kandungan ayat surat at-Tin.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Arti mufradad surat at-Tin
  • Arti surat at-Tin
  • Kandungan ayat surat at-Tin

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru mendemonstrasikan bacaan surat QS at-Tin.
2). Elaborasi
·         Siswa membaca arti mufradad.
·         Siswa berlatih mengartikan ayat demi ayat berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
·         menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Mengartikan masing-masing kata dalam QS. at-Tin dengan benar.
§  Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
§  Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
Tes tertulis

Tes uraian
Tes isian

§  Lafaz     وطور سينين artinya ....
§  Lafaz    لقد خلقنا artinya ....
§  Lafaz    أحسن تقويم artinya ....
§  Tulislah arti surat at-Tin ayat 4!
§  Tulislah arti surat at-Tin ayat 4!

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
1. Memahami Al-Qur’an surat at-Tin
Kompetensi Dasar
:
1.3. Menjelaskan makna QS. at-Tin.
Alokasi Waktu           
:
2 X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi Pembelajaran   
  • makna QS. at-Tin.

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan makna Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin.
2). Elaborasi
·         Siswa membaca dan mengkaji buku-buku tafsir untuk memahami makna QS. at-Tin.
·         Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran
Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
§  Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.
Tes tertulis

Tes uraian
Tes isian

§  jelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
§  jelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.

Bentuk Instrumen
·         Lembar penilaian diri /skala sikap
Instrumen Soal

Pernyataan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak Pernah
Skor 0
Skor 1
Skor 2
Skor 3
1
Saya melaksanakan perintah orang tua kalau diberi hadiah




2
Ketika ulangan saya berusaha agar mendapat nilai bagus walaupun harus menyontek




3
Ketika teman-teman merokok saya ikut-ikutan




4
Saya tidak usah berusaha karena kaya dan miskin sudah menjadi takdir Allah SWT




5
Saya telat membayar uang sekolah karena saya menerapkan sikap sabar





........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
2. Memahami Ajaran   Al – Hadits tentang menuntut ilmu
Kompetensi Dasar
:
2.1. Membaca hadits tentang menuntut ilmu
Alokasi Waktu           
:
2 X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  •  
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru mendemonstrasikan bacaan hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih.
2). Elaborasi
·         Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
·         menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
§  Membaca keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
Tes tertulis

Tes uraian
Tes isian

Bacalah hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih dengan fasih, kemudian hafalkan!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
2. Memahami Ajaran   Al – Hadits tentang menuntut ilmu
Kompetensi Dasar
:
2.2. Menyebutkan arti hadits tentang menuntut ilmu
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu, mengartikan hadits tentang menuntut ilmu, dan dapat menjelaskan kandungan hadits tentang menuntut ilmu.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity )

Materi Pembelajaran   
  • Arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu
  • Arti surat hadits tentang menuntut ilmu
  • Kandungan hadits tentang menuntut ilmu

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menjelaskan kandungan hadits tentang menuntut ilmu.
2). Elaborasi
·         Siswa membaca arti mufradad.
·         Siswa berlatih mengartikan hadits tentang menuntut ilmu berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·         menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
§  Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
Tes tertulis

Tes uraian
Tes isian

§  Lafaz   النظافة  artinya ....
§  Lafaz    من الإيمان artinya ....
§  Lafaz    نظيف artinya ....
§  Tulislah arti hadits tentang menuntut ilmu yang menyatakanbahwa menuntut ilmu itu sebagian dai iman!
§  Tulislah artinya!

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PAI KELAS 9 SMP BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top