SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 7 MTS BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Madrasah                          :  .......................................................
Mata Pelajaran                 :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                  :  VII / 1
Standar Kompetensi      :  1.         Memahami sejarah kebudayaan Islam
Kompetensi Dasar          :  1.1       Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
Alokasi Waktu                  : 2 x 40 menit


A.       Tujuan Pembelajaran
§  Membaca pengertian sejarah kebudayaan Islam menurut bahasa dan Istilah
B.       Materi Pembelajaran
§  Sejarah kebudayaan Islam
C.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Penugasan
§  Diskusi


D.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan awal
§    Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§    Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü   Kegiatan Inti
§    Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok
§    Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam
§    Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam
§    Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam
§    Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya
§    Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan
§    Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan
Ü   Kegiatan  Akhir
§    Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam.
§    Siswa dan guru melakukan refleksi
§    Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu
E.       Sumber Belajar
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§  Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§  Ensiklopedi Islam

F.        Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menyebutkan pengertian kebudayaan Islam
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan pengertian kebudayaan Islam ?
Ø  Menunjukan contoh kebudayaan Islam
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan contoh kebudayaan Islam?

§    Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan pengertian kebudayaan Islam
2
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam
0


§    Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
0

Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100




Mengetahui,
Kepala Madrasah





.....................................................
NIP.

....................... , ....................................
Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam




.....................................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Madrasah                          :  .......................................................
Mata Pelajaran                 :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                  :  VII / 1
Standar Kompetensi      :  1.         Memahami sejarah kebudayaan Islam
Kompetensi Dasar          :  1.2       Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
Alokasi Waktu                  : 2 x 40 menit


A.       Tujuan Pembelajaran
§  Tanya jawab tentang tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
B.       Materi Pembelajaran
§  Tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
C.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Penugasan
§  Diskusi


D.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan awal
§    Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§    Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü   Kegiatan Inti
§    Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok
§    Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam
§    Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam
§    Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam
§    Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya
§    Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan
§    Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan
Ü   Kegiatan  Akhir
§    Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam.
§    Siswa dan guru melakukan refleksi
§    Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu
E.       Sumber Belajar
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§  Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§  Ensiklopedi Islam
F.        Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menyebutkan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam ?
Ø  Menjelaskan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
Tes lisan
Uraian
Ø  Jelaskan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam ?

§    Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 3 tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam
2
Siswa menuliskan 3 manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
0


§    Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan non Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam non Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam non Islam
0

Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100




Mengetahui,
Kepala Madrasah





.....................................................
NIP.

....................... , ....................................
Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam




.....................................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Madrasah                          :  .......................................................
Mata Pelajaran                 :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                  :  VII / 1
Standar Kompetensi      :  1.         Memahami sejarah kebudayaan Islam
Kompetensi Dasar          :  1.3       Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
Alokasi Waktu                  : 2 x 40 menit


A.       Tujuan Pembelajaran
§  Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
§  Berdiskusi tentang bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam
B.       Materi Pembelajaran
§  Bentuk/wujud kebudayaan Islam
C.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Penugasan
§  Diskusi

D.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan awal
§    Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§    Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü   Kegiatan Inti
§    Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok
§    Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya
§    Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan
§    Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan
Ü   Kegiatan  Akhir
§    Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam.
§    Siswa dan guru melakukan refleksi
§    Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu
E.       Sumber Belajar
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§  Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§  Ensiklopedi Islam
F.        Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menyebutkan contoh bentuk/wujud kebudayaan Islam
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan contoh bentuk/wujud kebudayaan Islam ?
Ø  Membandingkan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam
Penugasan
Tugas
Ø  Bandingkan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam ?

§    Identifikasilah minimal tiga  contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 wujud kebudayaan Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam
0


§    Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan non Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam non Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam non Islam
0

Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100




Mengetahui,
Kepala Madrasah





.....................................................
NIP.

....................... , ....................................
Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam




.....................................................
NIP.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 7 MTS BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top