SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP BAHASA INDONESIA KELAS 12 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PEMBELAJARAN

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami informasi dari berbagai laporan


KOMPETENSI DASAR
1.1 Membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan

Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mencatat pokok-pokok isi laporan
·   Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat)
·   Menentukan kalimat yang berupa fakta
·   Menentukan kalimat yang berupa opini
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Gemar membaca
·   Keorisinilan
·   Kepemimpinan
ALOKASI WAKTU
2  x  45 menit ( 2 pertemuan)






TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
Siswa mampu membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Laporan laporan kegiatan OSIS / laporan kegiatan ekstrakurikuler / laporan perjalanan
Ciri-ciri kalimat fakta
Ciri-ciri kalimat pendapat


METODE PEMBELAJARAN

Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami informasi dari berbagai laporan
·        Membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan
·     Siswa Mampu menyusun naskah/skenario drama

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F  Guru melontarkan sebuah pernyataan, misalnya:  Tahun depan  jumlah pengangguran di Indonesia akan berlipat.   Siswa diminta untuk menentukan, apakah pernyataan Guru tersebut fakta atau pendapat. Atau Guru membacakan sebuah cuplikan berita koran yang aktual dan menarik dan  meminta siswa untuk menentukan apakah  isi berita itu fakta atau pendapat.
F  Guru mengajak siswa untuk senantiasa bersikap kritis dalam  menyikapi  berita/laporan karena    kadang ada  yang tidak faktual atau  baru sebatas opini/wacana serta menekankan pentingnya bisa membedakan ciri-ciri kalimat fakta dan opini.
·      Bersahabat/ komunikatif


Pertemuan ke-1 ( 90’) 

& Eksplorasi
F  Guru membacakan kutipan sebuah berita bertema SDM dan siswa mendengarkannya secara seksama.
& Elaborasi
F  Siswa berdiskusi untuk menemukan dan merumuskan perbedaan ciri-ciri kalimat fakta dan pendapat. Kemudian Guru  memperjelas dan menyempurnakan rumusan  temuan siswa.
F  Siswa menuliskan pokok-pokok isi informasi berita laporan yang didengarkan, menginventaris,  dan  memilah pokok informasi yang bersifat fakta dan opini.
F  Guru membacakan   sebuah laporan lengkap kegiatan OSIS   dan siswa mendengarkannya secara seksama.
F  Siswa menuliskan pokok-pokok isi informasi  laporan yang didengarkan, kemudian menginventaris  dan  memilah pokok informasi yang bersifat fakta dan opini.
F  Siswa  mengidentifikasi bagian-bagian  teks laporan  yang berupa opini dan perlu diperbaiki  sehingga menjadi sebuah laporan yang lebih objektif.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
Pertemuan ke-2 

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F  Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting  tentang kalimat fakta dan pendapat yang telah dipelajari
F  Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran yang telah diikutinya.
                                                                            
Gemar membaca

 SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 18-22

Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
Artikel/gambar koran atau majalah yang bertopik  SDM

Website internet


Narasumber


Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mendengarkan laporan dan mengidentifikasi kalimat-kalimat fakta dan opini
Tugas untuk mengidentifikasi pokok-pokok informasi laporan yang didengarkan
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI



                                                           
Mengetahui,
Kepala Sekolah






                    Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Indonesia






RENCANA PEMBELAJARAN

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
1.       Memahami informasi dari berbagai laporan

KOMPETENSI DASAR
1.2.   Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mengemukakan kritik  isi laporan
·   Memberikan saran untuk  perbaikan laporan
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Gemar membaca
·   Keorisinilan
·   Kepemimpinan
ALOKASI WAKTU
2 x  45 menit ( 1 pertemuan)






TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu mendengarkan laporan dan mampu memberikan kritik serta saran

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Laporan
Laporan kegiatan OSIS
Laporan kegiatan ekstrakurikuler


METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok


Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

v
Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F  Guru menanyakan kepada siswa siapa yang aktif menjadi pengurus OSIS. Kepada pengurus OSIS yang ada, guru menanyakan apakah selalu melaporkan  program kegiatan-kegiatan yang telah  dilakukan.
F  Guru mengajak siswa, baik sebagai warga sekolah atau pun masyarakat, untuk senantiasai bersikap kritis  terhadap laporan-laporan kegiatan OSIS, RT, organisasi masyarakat, pemerintah, dsb.

·      Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) / (45’)

& Eksplorasi
F  Siswa menyimak dengan seksama rekaman   pidato presiden yang berisi laporan pertanggung jawaban kegiatan.
& Elaborasi
F  Siswa mengerjakan Geladi Diri, mengidentifikasi pernyataan yang sesuai dan tidak sesuai dengan isi laporan.
F  Siswa berdiskusi kelompok untuk menanggapi (memberikan kritikan dan usulan) atas isi laporan.
F  Secara bergantian, siswa wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan Guru memberikan ulasan
F  Siswa mengerjakan Uji Kompetensi Diri, memberikan tanggapan (kritikan dan saran) atas beberapa permasalahan dalam laporan yang telah diidentifikasi.
F  Guru memberikan  ulasan atas  tanggapan  siswa. Menunjukkan tanggapan yang sudah baik dan menjelaskan alasannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’)

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F  Guru  menyampaikan tugas mandiri kepada siswa untuk mengikuti rapat laporan pertanggungjawaban  kegiatan OSIS.
F  Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F  Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                            
Gemar membaca
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman  32-37
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 283-313
V
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pidato laporan  pertanggungjawaban presiden atau kegiatan OSIS


Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL


Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari
Tugas untuk memberikan tanggapan (kritik dan saran) atas laporan lisan yang didengar
Tugas untuk mengikuti  rapat laporan pertanggungjawaban suatu kegiatan (kegiatan OSIS, RT, ormas, pemerintah) dan memberikan tanggapannya

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko observasi kinerja memberikan tanggapan laporan lisan (terlampir di bawah)


Mengetahui,
Kepala Sekolah






                    Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Indonesia






Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP BAHASA INDONESIA KELAS 12 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top