SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP BIOLOGI KELAS 12 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :  .........................
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                 : 1, 2,  dan 3
Alokasi Waktu           : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi:   1.  Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar    : 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Tujuan                          :     1.            Siswa mampu memahami konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
                                       2.   Siswa mampu menyusun rencana penelitian  pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.       Indikator Pencapaian Kompetensi
·   Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
·   Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
·   Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan
·   Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
·   Menyusun unit-unit penelitian
·   Membuat tabel pengamatan
·   Menyusun rencana penelitian tertulis

II.    Materi Ajar
·   Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
·   Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
1.      faktor internal
2.      faktor eksternal
·   Menyusun rencana penelitian


III. Metode Pembelajaran
Pengamatan – Diskusi – Penugasan –  Presentasi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Melengkapi peta konsep
·     Merumuskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan
·     Mengumpulkan informasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
·     Menemukan adanya gejala pertumbuhan
·     Merumuskan masalah
·     Merumuskan hipotesis
·     Menyusun variabel penelitian
·     Membuat rencana penelitian tertulis
·     Studi membaca dan diskusi untuk memahami konsep pertumbuhan dan perkembangan serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan  pada tumbuhan
·     Tugas kegiatan 1.1 Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
·     Diskusi menyusun rencana penelitian
·     Presentasi rencana penelitian
·     Siswa dapat Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
·     Siswa dapat Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
·     Siswa dapat Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
·     Siswa dapat Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan
·     Siswa dapat Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
·     Siswa dapat Menyusun unit-unit penelitian
·     Siswa dapat Membuat tabel pengamatan
·     Siswa dapat Menyususun rencana penelitian tertulis

IV.             Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala pertumbuhan terutama pada tumbuhan.
·         Siswa bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam (internal) terhadap pertumbuhan tumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen dengan Kegiatan 1.1. Pertumbuhan dan perkembangan pada buku halaman 16 di rumah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 2 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan 1.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah dengan menggunakan Kegiatan 1.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);




B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat rencana penelitian untuk menguji adanya pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan dengan menggunakan Proyek di buku halaman. 23. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana penelitian. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum selesai dapat diselesaikan di luar jam pelajaran. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 3 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
·         Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.






B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Masing-masing kelompok secara bergantian melakukan presentasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran, dan usulan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan rencana penelitian setelah satu kelompok tampil presentasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.                Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·    Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
·    Alat bantu presentasi

VI.             Penilaian
·    Tugas kelompok penyusunan proposal
·    Presentasi proposal penelitian
·    Uji kompetensi tertulis





                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                              NIP./NIK.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                 : -
Alokasi Waktu           : 0 × 45 menit
Standar Kompetensi:   1.  Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar    :  1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Tujuan                          :                    Siswa mampu melaksanakan penelitian pengaruh beberapa       faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, mencatat hasil, dan           menyusun laporan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,       Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,           Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.                   Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Menyiapkan alat dan bahan
·         Memberikan perlakuan
·         Mengukur hasil dan mencatat dalam tabel pengamatan
·         Menganalisis data hasil pengamatan
·         Menyimpulkan hasil penelitian
·         Menyusun laporan tertulis hasil penelitian

II.                Materi Ajar
·         Membuat unit-unit penelitian
·         Memberi perlakuan
·         Mengukur kecepatan pertumbuhan
·         Mencatat hasil pengukuran dalam tabel pengamatan
·         Mengolah data hasil pengamatan
·         Menarik kesimpulan berdasarkan data yang diolah
·         Melaporkan hasil penelitian

III.             Metode Pembelajaran
Eksperimen



Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Pelaksanaan penelitian kelompok di luar jam pelajaran
·     Membuat unit-unit penelitian
·     Memberi perlakuan
·     Mengukur kecepatan pertumbuhan
·     Mencatat hasil pengukuran dalam tabel pengamatan
·     Mengolah data hasil pengamatan
·     Menarik kesimpulan berdasarkan data yang diolah
·     Melaporkan hasil penelitian
·     Siswa dapat Menyiapkan alat dan bahan
·     Siswa dapat Memberikan perlakuan
·     Siswa dapat Mengukur hasil dan mencatat dalam tabel pengamatan
·     Siswa dapat Menganalisis data hasil pengamatan
·     Siswa dapat Menyimpulkan hasil penelitian
·     Siswa dapat Menyusun laporan tertulis hasil penelitian

IV.             Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal
·         Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
·         Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.
B.     Kegiatan inti
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Seluruh kegiatan dilaksanakan secara mandiri oleh kelompok. Sambil menunggu semua kelompok selesai melakukan penelitian dan mempresentasikan hasilnya kegiatan belajar dapat dilanjutkan dengan KD selanjutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir
·         Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.                Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·    Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
·    Tugas laporan hasil penelitian


                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                              NIP./NIK.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                 : 4 dan 5
Alokasi Waktu           : 4 × 40 menit
Standar Kompetensi : 1.  Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar     : 1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Tujuan                       :           Siswa dapat mengkomunikasikan hasil penelitian secara             tertulis dan lisan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,          Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,            Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.       Indikator Pencapaian Kompetensi
·   Mempresentasikan hasil penelitian secara lisan

II.    Materi Ajar
·   Tehnik presentasi

III. Metode Pembelajaran
Penugasan - Diskusi- Presentasi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Presentasi laporan hasil penelitian oleh masing-masing kelompok
·     Menyusun hasil penelitian dalam bentuk laporan tertulis
·     Menyusun laporan penelitian untuk presentasi
·     Mempresentasikan hasil penelitian
·     Siswa dapat Mempresentasikan hasil penelitian secara lisan




IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru menjelaskan teknis pelaksanaan presentasi.
·         Guru mengatur urutan presentasi tiap kelompok.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa lain yang tidak presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Guru memberi penilaian umum pelaksanaan presentasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 5 (2 X 45 menit)
A.    Kegiatan awal (5 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru memberi kesempatan kelompok untuk presentasi sesuai dengan urutan yang sudah disepakati.
B.     Kegiatan inti (75 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa yang tidak presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);


Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru memberikan kesimpulan akhir presentasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.    Alat / Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·    Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
·    Alat bantu presentasi

VI. Penilaian
·    Presentasi



                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                              NIP./NIK.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP BIOLOGI KELAS 12 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top