SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MATEMATIKA KELAS 12 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                
 Nama Sekolah          :       ......
 Mata Pelajaran         :     Matematika 
 Kelas / Program        :    XII
 Semester                   :     Ganjil


Standar Kompetensi                :  1.      Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar                    :  1.1.   Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu.

Indikator                                   :   1.     Merancang aturan integral tak tentu dari aturan turunan

Alokasi Waktu                          :  10 jam pelajaran (5 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
         a.   Peserta didik dapat Merancang aturan integral tak tentu dari aturan turunan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri,Keorisinilan.

B.     Materi Ajar
         a. Integral tak tentu.
         b. Integral tertentu.

C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab, diskusi.

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengenal integral tak tentu sebagai anti turunan.
·        Merumuskan sifat-sifat integral tak tentu
·        Siswa dapat Menyelesaikan masalah aplikasi integral tak tentu dan integral tentu.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
Ø     Pertemuan Pertama dan Kedua        
         Pendahuluan
      Apersepsi           :  Mengingat kembali materi mengenai turunan dari fungsi aljabar.
      Motivasi             :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengetahui cara menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar sederhana.
         Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar sederhana berdasarkan aturan pengintegralan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XII Semester Ganjil Jilid 3A Prog. IPS, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 3-8 mengenai integral tak tentu, yang terdiri dari hal. 3-4 mengenai pengertian integral tak tentu, hal. 5-6 mengenai rumus dasar integral tak tentu, hal. 6-7 mengenai sifat-sifat integral tak tentu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
         b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan integral  tak tentu dari fungsi aljabar sederhana. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
         c.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 5-7 mengenai penentuan integral tak tentu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
         d.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan integral tak tentu dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 6 dan 7 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
e.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 6 dan 7. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
f.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 8 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
&    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
b.   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai pengertian integral tak tentu dari fungsi aljabar sederhana. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan pengertian integral tak tentu dari fungsi aljabar sederhana dari soal-soal latihan dalam buku paket pada hal. 8 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

Ø     Pertemuan Ketiga dan Keempat
         Pendahuluan
   Apersepsi           :  -  Mengingat kembali mengenai turunan fungsi aljabar sederhana dan aturan pengintegralan (integral tak tentu).
                                 -  Membahas PR.
         Motivasi             :     Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan integral tertentu sebagai luas daerah di bidang datar dan menentukan integral tertentu dengan menggunakan sifat-sifat (aturan) integral.
         Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara menentukan integral tertentu dari fungsi aljabar sederhana berdasarkan aturan pengintegralan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XII Semester Ganjil Jilid 3A Prog. IPS, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 9-14 mengenai integral tertentu, yang terdiri dari hal. 9-10 mengenai pengertian integral tertentu, hal. 11-12 mengenai teorema dasar kalkulus, hal. 13 mengenai sifat-sifat integral tertentu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan integral  tertentu dari fungsi aljabar sederhana. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         c.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 12 mengenai penentuan integral tertentu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
         d.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan integral tertentu dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 13 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
e.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 13. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
f.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 14  sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
&    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
b.   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai pengertian tertentu dari fungsi aljabar sederhana. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan pengertian tertentu dari fungsi aljabar sederhana dari soal-soal latihan dalam buku paket pada hal. 14 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

Ø     Pertemuan Kelima      
         Pendahuluan
   Apersepsi           :  Mengingat kembali mengenai pengertian integral tak tentu dan integral tertentu.
   Motivasi             :  Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi mengenai pengertian integral tak tentu dan integral tertentu.
Kegiatan Inti 
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a.   Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
b.   Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
c.   Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
d.   Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
b.   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang pengintegralan dengan substitusi aljabar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

E.     Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XII Semester Ganjil Jilid 3A, Prog. IPS karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 3-8 dan 9-15.        
-        Buku referensi lain.
Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                OHP

               F.      Penilaian          
               Teknik                   : tugas individu, kuis, ulangan harian.
               Bentuk Instrumen    :     uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen    :    
1.      Jika , carilah!
2.      Nyatakan luas daerah yang dibatasi oleh garisdengan menggunakan notasi integral!
4.      Hitunglah !
5.      Tentukan = …….
6.      Nilai  dengan h > 0 akan maksimum jika h = . . . . .
                 a.                             d.  1                   
                 b.                             e.   2
                 c.                                                                                             

                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah





, Juli 2011
Guru Mapel Matematika.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                                             Nama Sekolah          :       ......
                                             Mata Pelajaran         :     Matematika
                                             Kelas / Program        :    XII
                                             Semester                   :     Ganjil


Standar Kompetensi                :  1.      Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar                    :  1.2.   Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar sederhana.

Indikator                                   :  1.      Menjelaskan integral tentu sebagai luas daerah di bidang datar.
2.      Menghitung integral tak tentu dari fungsi aljabar.
                                                                       
Alokasi Waktu                          :  10 jam pelajaran (5 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
  Peserta didik dapat Menjelaskan integral tentu sebagai luas daerah di bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
  Peserta didik dapat Menghitung integral tak tentu dari fungsi aljabar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri,Keorisinilan.

B.     Materi Ajar
Teknik  Pengintegralan:
o Substitusi
o Parsial

C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab, diskusi.

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengenal berbagai teknik pengintegralan (substitusi dan parsial)
·        Membahas Integral sebagai anti deferensial
·        Siswa dapat Menggunakan aturan integral untuk menyelesaikan masalah.

D.     Langkah-langkah Kegiatan   
         Pertemuan Pertama, Kedua, tiga, empat dan lima. 
         Pendahuluan
         Apersepsi           :  -  Mengingat kembali aturan pengintegralan.
                                       -  Membahas PR.
         Motivasi             :     Menyelesaikan soal-soal integral yang penyelesaiannya tidak dapat langsung menggunakan rumus integral (misalkan fungsi pangkat tinggi), yaitu dengan menggunakan cara substitusi aljabar.
         Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara menentukan integral dengan substitusi aljabar kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XII Semester Ganjil Jilid 3A, Prog. IPS  karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 15-17 mengenai pengintegralan dengan substitusi aljabar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan integral dengan substitusi aljabar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         c.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 15-16 mengenai penyelesaian soal-soal integral dengan cara substitusi aljabar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
         d.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penyelesaian soal-soal integral dengan cara substitusi aljabar dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 16 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
e.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 16. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
f.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 17 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
b.   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai pengintegralan dengan substitusi aljabar.         (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan pengintegralan dengan substitusi aljabar dari soal-soal latihan dalam buku paket hal. 17 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

E.     Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XII Semester Ganjil Jilid 3A, Prog. IPS karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 15-17.
-        Buku referensi lain.
Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                OHP

               F. Penilaian         
               Teknik                   : tugas individu.  
               Bentuk Instrumen    :     uraian singkat.
Contoh Instrumen    :    
Dengan metode substitusi hitunglah !



                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah





, Juli 2011
Guru Mapel Matematika.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                                             Nama Sekolah          :       ......
                                             Mata Pelajaran         :     Matematika
                                             Kelas / Program        :    XII
                                             Semester                   :     Ganjil


Standar Kompetensi                :  1.      Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar                    :  1.3.   Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva.

Indikator                                   :  1.      Menghitung integral  tentu dari fungsi aljabar
2.      Menghitung integral tentu dari fungsi aljabar
3.      Merumuskan integral tentu untuk luas suatu daerah dan menghitungnya.

Alokasi Waktu                          :  14 jam pelajaran (7 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
         a.   Peserta didik dapat menggambarkan suatu daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         b.   Peserta didik dapat menggunakan integral tertentu untuk menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri,Keorisinilan.

B.     Materi Ajar
         Penggunaan integral:
-       Daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva
-       Luas daerah antara kurva dengan sumbu X.
-       Luas daerah antara dua kurva.

C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab, diskusi.

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami konsep integral dalam pemecahan masalah.
·        Menggambarkan suatu daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva.
·        Siswa dapat Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
Ø     Pertemuan Pertama, Kedua, tiga dan empat           
         Pendahuluan
         Apersepsi           :  Mengingat kembali mengenai aturan pengintegralan dan integral tertentu.
      Motivasi             :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menggunakan integral tertentu untuk menghitung luas daerah.
         Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai penggambaran suatu daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva dan penggunaan integral tertentu untuk menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XII Semester Ganjil Jilid 3A, Prog. IPS karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 17-19 mengenai daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva, hal. 20-25 mengenai penggunaan integral untuk menghitung luas daerah antara kurva dengan sumbu X, dan hal. 26-32 mengenai penggunaan integral untuk menghitung luas daerah antara dua kurva). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai penggambaran suatu daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva dan penggunaan integral tertentu untuk menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
         c.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 18-19 mengenai penentuan daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva, hal. 21-23 mengenai penggunaan integral tertentu dalam penghitungan luas daerah di atas sumbu X, penghitungan luas daerah di bawah sumbu X, dan penghitungan luas antara daerah di atas sumbu X dengan di bawah sumbu X, serta hal. 26-28 dan 30-31 mengenai penggunaan integral tertentu dalam penghitungan luas daerah antara dua kurva. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         d.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penggunaan integral tertentu untuk penentuan daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva, penghitungan luas daerah antara kurva dengan sumbu X dan penghitungan luas daerah antara dua kurva, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 19, 24, dan 31 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
e.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 19, 24, dan 31. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
f.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 24-25 dan 31-32 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
&    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
b.   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai penggambaran suatu daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva dan penggunaan integral tertentu untuk menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat.
b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan penggambaran suatu daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva dan penggunaan integral tertentu untuk menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat, dari soal-soal latihan dalam buku paket hal. 24-25 dan 31-32 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

Ø  Pertemuan lima, enam dan tujuh.        
         Pendahuluan
         Apersepsi        :  Mengingat kembali mengenai materi pengintegralan dengan substitusi aljabar dan penggunaan integral tertentu untuk menghitung luas daerah.
   Motivasi          :  Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi mengenai pengintegralan dengan substitusi aljabar dan penggunaan integral tertentu untuk menghitung luas daerah.
Kegiatan Inti 
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a.   Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
b.   Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
c.   Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
d.   Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
b.   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang program linear. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

E.     Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XII Semester Ganjil Jilid 3A, Prog. IPS karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 15-17 dan 17-32.
-        Buku referensi lain.
Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                OHP


               F. Penilaian         
               Teknik                   : tugas individu, ulangan harian.
               Bentuk Instrumen    :     uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen    :    
1.      Dengan metode substitusi hitunglah !
2.      Gambarlah dan arsirlah daerah yang luasnya dinyatakan dengan !
3.      Hitunglah luas daerah tertutup yang dibatasi oleh dan !
4.       Luas daerah yang dibatasi kurva dan adalah . . . satuan luas.
a.                             d.
b.                            e.
c.         
               
Mengetahui,
Kepala Sekolah





, Juli 2011
Guru Mapel Matematika.





Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MATEMATIKA KELAS 12 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top