SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS BAHASA ARAB KELAS 7 MTS BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


MTs                            : ................................................
Mata Pelajaran        : BAHASA ARAB
Kelas/Semester      : VII/1
Alokasi Waktu         : 2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)


A.       Standar Kompetensi
         1.      MENYIMAK / ISTIMA'
                  (Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang  التعارف).
B.       Kompetensi Dasar
1.1    Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang التعارف dengan cara mencocokkan dan  membedakan secara tepat.
C.       Tujuan Pembelajaran
§    Mendengarkan wacana tentang berkenalan
§    Drill pelafalan kosakata
§    Tanya jawab tentang isi / materi

D.       Materi Pembelajaran
TA'ARUF
§    Teks percakapan
§    Isim-isim dhomir
§    Jenis-jenis profesi
§    Kata Tanya: ma, man, min
§    Isim isyarah
§    Membedakan mudzakkar dan mu'annats
E.       Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang التعارف
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang التعارف
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang التعارف (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang التعارف (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang التعارف (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan التعارف (Konfirmasi)
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10




50






5

10

5
Pemahaman Konsep











G.       Sumber Pembelajaran
§    Buku paket Bahasa Arab kelas VII
§    Kaset tentang perkenalan
§    Media audio visul lain
H.       Assessment /  Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar
§  Menyebutkan kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar seperti: kata sapaan, jenis profesi dll
Tes tulis

Tes Tulis
Uraian


Uraian
§  Bedakanlah bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang التعارف secara tepat!
§  Sebutkanlah kata-kata / kalimat tentang kata sapaan, jenis profesi!









Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Bahasa Arab





..........................................
NIP.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )



MTs                            : ................................................
Mata Pelajaran        : BAHASA ARAB
Kelas/Semester      : VII/1
Alokasi Waktu         : 2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)


A.       Standar Kompetensi
         1.      MENYIMAK / ISTIMA'
                  (Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang  التعارف).
B.       Kompetensi Dasar
1.2    Menemukan informasi umum dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan  sederhana yang meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal (للمفرد اسم الضمير) , kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)  dan kata sifat (النعت) termasuk warna
C.       Tujuan Pembelajaran
§    Bercerita/mengungkapkan isi materi

D.       Materi Pembelajaran
§        هل أنت من سورابايا ؟
§        ما عاصمة جاوى الغربية ؟
§        من ذلك ؟ ومن تلك ؟ من هذا ؟ ومن هذه ؟
§        من أين أنت ؟
§        هل أنت من جاكرتا ؟
§        ما مهنتك ؟
§        وما مهنة أبيك ؟
§        اذكر كلمات الإستفهام فى الحوار الأتية؟
§        اذكر الكلمات لإلقاء السلام فى الصباح؟ فى المساء ؟ فى النهار ؟ فى الليل ؟

E.       Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi التعارف
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang التعارف
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang التعارف (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang التعارف (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang التعارف (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan التعارف (Konfirmasi)
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10




50






5

10

5
Pemahaman Konsep











G.       Sumber Pembelajaran
§    Buku paket Bahasa Arab kelas VII
§    Kaset tentang perkenalan
§    Media audio visul lain
H.       Assessment /  Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Mengidentifikasi makna-makna/ arti dari kata-kata / kalimat yang telah didengar
§  Mengartikan kalimat-kalimat dengan tepat dan benar
Tes tulis


Tes Tulis
Uraian


Uraian
§  Artikanlah kalimat-kalimat dalam konteks kata sapaan dengan tepat dan benar!





Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Bahasa Arab





..........................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


MTs                            : ................................................
Mata Pelajaran        : BAHASA ARAB
Kelas/Semester      : VII/1
Alokasi Waktu         : 2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)


A.       Standar Kompetensi
         1.      MENYIMAK / ISTIMA'
                  Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang  التعارف
B.       Kompetensi Dasar
1.3    Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana yang menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal (للمفرد اسم الضمير) , kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)    dan kata sifat (النعت) termasuk warna
C.       Tujuan Pembelajaran
§    Bercerita/mengungkapkan isi materi

D.       Materi Pembelajaran
§    Menggunakan kata sapaan
E.       Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang التعارف
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang التعارف
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang التعارف (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang التعارف (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang التعارف (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan التعارف (Konfirmasi)
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10




50






5

10

5
Pemahaman Konsep











G.       Sumber Pembelajaran
§    Buku paket Bahasa Arab kelas VII
§    Kaset tentang perkenalan
§    Media audio visul lain
H.       Assessment /  Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Mengidentifikasi makna-makna/ arti dari kata-kata / kalimat yang telah didengar
§  Mengartikan kalimat-kalimat dengan tepat dan benar
Tes lian

Tes Tulis
Uraian


Uraian
§  Sebutkanlah kata ganti tunggal (للمفرد اسم الضمير) !


Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Bahasa Arab





..........................................
NIP.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS BAHASA ARAB KELAS 7 MTS BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top