SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP KIMIA KELAS 12 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
KOLIGATIF – 1

Nama Sekolah           :  SMA .....................
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  XII IPA / 1
Standar Kompetensi:  1.       Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan                           elektrolit
Kompetensi dasar     :  1.1.   Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih,                                            penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk                                                 sifat koligatif larutan

Indikator Pencapaian Kompetensi: 
1.      Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit dan larutan elektrolit.
2.      Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol).
3.      Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
4.      Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan

Tujuan:
Siswa dapat,
1.      Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit dan larutan elektrolit.
2.      Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol).
3.      Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
4.      Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

Materi Ajar    : 
  • Pengertian sifat koligatif
  • Kemolalan dan fraksi mol
  • Tekanan uap larutan

Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Diskusi
  • Penugasan

Alokasi Waktu
o   6 Jam pelajaran

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Menjelaskan sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit.
·        Menghitung konsentrasi suatu larutan ( kemolalan, kemolaran dan fraksi mol).
·        Siswa dapat Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol).

Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o   Pengertian sifat koligatif
o   Kemolalan dan fraksi mol
Kegiatan awal (15 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Menyapaikan program semester
o   Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas pengertian sifat koligatif sesuai dengan LKS 1.1.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas kemolalan dan fraksi mol sesuai dengan LKS 1.2.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan arti sifat koligatif.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.3) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o   Tekanan uap larutan
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas PR (Latihan 1.1) (30 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas tekana uap larutan sesuai dengan LKS 1.3 dalam diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan tekanan uaplarutan (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mrengingatkan siswa untuk mengerjakan soal uji kompetensi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya  (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas soal uji kompetensi (10 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Ulangan 50 menit (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Membahas soal ulangan 10 menit (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Membahas pelajaran berikutnya (10 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 1.3.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 
o   Buku Kimia; LKS, multimedia.

Penilaian:
o   PPK
           Tagihan KIM-3101MP (Lihat kartu Soal)



                                                                                                ..............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.






RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
KOLIGATIF – 2

Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  XII IPA / 1
Standar Kompetensi :  1.      Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan                           elektrolit
Kompetensi dasar     :  1.1.   Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih,                                            penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk                                                 sifat koligatif larutan

Indikator Pencapaian Kompetensi: 
1.      Mengamati kenaikan titik didih suatu zat cair  akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan
2.      Menghitung penurunan titik beku larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan
3.      Mengamati penurunan titik beku suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan
4.      Menghitung kenaikan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan

Tujuan:
Siswa dapat,
1.      Mengamati kenaikan titik didih suatu zat cair  akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan
2.      Menghitung penurunan titik beku larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan
3.      Mengamati penurunan titik beku suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan
4.      Menghitung kenaikan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

Materi Ajar    : 
o   Kenaikan titik didih
o   Penurunan titik beku
Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Praktikum
  • Diskusi
  • Penugasan

Alokasi Waktu
a.       4 Jam Pelajaran

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Menjelaskan sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit.
·        Menyimpulkan pengaruh zat terlarut terhadap penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan.
·        Berlatih menghitung ∆ Tf dan ∆ Tb larutan
·        Siswa dapat Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol).

Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o   Kenaikan titik didih dan Penurunan titik beku
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Melakukan percobaan untuk mengamati kenaikan titik didihdan penurunan titik beku sesuai dengan LKS 1.4.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Memberi PR, yaitu Latihan 1.3.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o   Kenaikan titik didih dan penurunan titik beku (lanjutan)
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas hasil percobaan kenaikan titik didih dan penurunan titik beku melalui diskusi kelas, sesuai dengan LKS 1.4.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas soal-soal kenaikan titik didih dan penurunan titik beku sesuai dengan Latihan 1.3.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan kenaikan titik didih dan penurunan titik beku termasuk sifat koligatif larutan.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mengingatkan siswa untuk membaca LKS 1.5 dan 1.6.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 
      Buku Kimia; LKS, multimedia, Laboratorium.

Penilaian:
PPK
          

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.






RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
KOLIGATIF – 3

Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  XII IPA / 1
Standar Kompetensi :  1.      Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan                           elektrolit
Kompetensi dasar     :  1.1.   Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih,                                            penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk                                                 sifat koligatif larutan

Indikator Pencapaian Kompetensi: 
1.      Menganalisis diagram PT untuk menafsirkan penurunan tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan
2.      Menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmosis serta terapannya
3.      Menghitung tekanan osmosis larutan non elektrolit

Tujuan:
Siswa dapat,
1.      Menganalisis diagram PT untuk menafsirkan penurunan tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan
2.      Menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmosis serta contoh terapannya dalam kegidupan sehari-hari dan industri.
3.      Menghitung tekanan osmosis larutan non elektrolit
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

Materi Ajar    : 
  • Diagram P-T
  • Osmosis dan tekanan osmosis.

Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi.
  • Diskusi
  • Penugasan

Alokasi Waktu
  • 3 Jam Pelajaran

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Menjelaskan sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit.
·        Meganalisis diagram PT untuk menafsirkan penurunan tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan melalui diskusi kelas
·        Siswa dapat Menganalisis diagram PT untuk menafsirkan penurunan tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan

Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o   Diagram fasa
o   Tekanan osmotik
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Melakukan diskusi kelas untuk membahas diagram fasa sesuai dengan LKS 1.5 (40 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Melakukan diskusi kelas untuk membahas osmosis dan tekanan osmosis sesuai dengan LKS 1.6 (40 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan diagram fasa, osmosis dan tekanan osmosis.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi PR, yaitu Latihan 1.4.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Kedua: (1 jam pelajaran)
Materi ajar:
o   Diagram fasa
o   Tekanan osmotik
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Memerika PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti (35 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Menganalisis diagram PT untuk menafsirkan penurunan tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas soal-soal latihan tentang diagram fase dan tekanan osmotik.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Meminta siswa untuk mempelajari LKS 1.7.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Alat / Bahan / Sumber Belajar : 
      Buku Kimia; LKS, multimedia, Laboratorium.

Penilaian:
o   PPK
           Tagihan KIM-3103MP (Lihat kartu Soal)
o   Praktik
           Tagihan KIM-3104MP
o   Asikap/Minat
           Tagihan Kim-3105MP


                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP./NIK

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP KIMIA KELAS 12 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top