SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS FIQIH KELAS 7 MTS BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

MTs                                     : ...............................................
Mata Pelajaran                 :  FIQIH
Kelas/Semester               :  VII / 1
Alokasi Waktu                  :  2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
         1.   Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)            
B.   Kompetensi Dasar
1.1       Menjelaskan macam-macam najis dan tatacara taharahnya ( bersucinya )
C.   Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menyebutkan pengertian najis
§  Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis
§  Siswa dapat menjelaskan tatacara membersihkan najis
D.   Materi Pembelajaran
§  Pengertian najis
§  Macam-macam najis
§  Ketentuan dan tatacara membersihkan najis
E.    Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian najis, macam-macam najis, membuat bagan najis
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.    Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi najis
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar najis, macam-macam najis dan tatacara membersihkannya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
10  menit
2
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang najis, dan macam-macam najis.  (fase eksplorasi)
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  cara membersihkan macam-macam najis (fase eksplorasi)
§  Membuat bagan najis dan tatacara mensucikannya (fase elaborasi)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§  Salah seorang siswa mempraktekkan tatacara membersihkan najis sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§  Penguatan tentang pengertian najis, macam-macam najis dan cara membersihkanya (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi najis dan macam-macam najis serta tatacara membersihkannya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian hadats dan macam-macamnya serta perbedaan cara membersihkannya untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit


G.   Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku yang relevan dengan mata pelajaran fikih
§  Kertas manila atau lainnya
H.   Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian najis
§  Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis berikut pengertiannya
§  Siswa dapat menjelaskan cara membersihkan najis mutawasitoh

Tes tulis

Tes tulis

Tes Tulis
Uraian

Pilihan ganda

Uraian
§  Jelaskan apa yang dimaksud dengan najis....?
§  Najis ringan adalah :
a.    MUgholladhoh
b.    Mukhoffafah
c.    Mutawashithoh
§  Jelaskan  cara membersihkan najis mutawasitthoh



Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Fiqih





..........................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

MTs                                     : ...............................................
Mata Pelajaran                 :  Fiqih
Kelas/Semester               :  VII / 1
Alokasi Waktu                  :  2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.       Standar Kompetensi
         1.   Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)            
B.       Kompetensi Dasar
1.2       Menjelaskan hadatst kecil dan tatacara thaharahnya (bersucinya )
C.       Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menyebutkan pengertian hadatst kecil
§  Siswa dapat menyebutkan tatacara membersihkan hadatst kecil
D.       Materi Pembelajaran
§  Pengertian hadatst kecil
§  Ketentuan dan tatacara membersihkan hadatst kecil
E.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian hadatst kecil, macam-macam hadatst kecil, membuat bagan hadatst kecil
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi hadatst kecil
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar hadatst kecil, macam-macam hadatst kecil dan tatacara membersihkannya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
10  menit
2
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang hadatst kecil, dan macam-macam hadatst kecil.  (fase eksplorasi)
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  cara membersihkan macam-macam hadatst kecil (fase eksplorasi)
§  Membuat bagan hadatst kecil dan tatacara mensucikannya (fase elaborasi)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§  Salah seorang siswa mempraktekkan tatacara membersihkan hadatst kecil sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§  Penguatan tentang pengertian hadatst kecil, macam-macam hadatst kecil dan cara membersihkanya (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi najis dan macam-macam hadatst kecil serta tatacara membersihkannya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian hadatst kecil dan macam-macamnya serta perbedaan cara membersihkannya untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit



G.       Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku paket Fikih kelas VII
§  LKS
§  Lembar observasi
§  Lembar penilaian
§  Boneka, batu, kertas,tissue,daun kering,kaca,plastik,batu apung, batu kali, air
§  Gambar peragaan wudhu
H.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian hadatst kecil
§  Siswa dapat  mengidentifikasi ciri-ciri hadatst kecil
§  Siswa dapat  menyebutkan contoh yang termasuk hadatst kecil

Tes unjuk kerja

Observasi

Performan
Uraian

Pilihan ganda

Uraian
§  Jelaskan apa yang dimaksud dengan hadatst kecil..?
§  Sebutkan  macam-macam hadats kecil !
§  Sebutkan  contoh yang termasuk hadatst kecil !

Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Fiqih





..........................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

MTs                                     : ...............................................
Mata Pelajaran                 :  Fiqih
Kelas/Semester               :  VII / 1
Alokasi Waktu                  :  2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.       Standar Kompetensi
         1.   Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)            
B.       Kompetensi Dasar
1.2       Menjelaskan hadatst kecil dan tatacara thaharahnya (bersucinya )
C.       Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menyebutkan pengertian istinja’
§  Siswa dapat menjelaskan hukum istinja’
§  Siswa dapat menjelaskan adab istinja’
D.       Materi Pembelajaran
§  Pengertian istinja’
§  Hukum istinja’
§  Adab buang air
E.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian istinja’, hukum istinja’ dan adab buang air
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi istinja’, hukum istinja’ dan adab buang air
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar istinja’, hukum istinja’ dan adab buang air
10  menit
2
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang istinja’.  (fase eksplorasi)
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  cara istinja’ (fase eksplorasi)
§  Membuat bagan najis dan tatacara mensucikannya (fase elaborasi)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§  Salah seorang siswa mempraktekkan tatacara membersihkan najis sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§  Penguatan tentang istinja’, hukum istinja’ dan adab buang air (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi istinja’, hukum istinja’ dan adab buang air.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian istinja’, hukum istinja’ dan adab buang air untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit


G.       Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih kelas VII
§  Gambar seputar macam-macam najis
§  Air, Teh, kopi, susu, sirup, air kelapa, air es, garam, kotoran kambing.
§  Gelas plastik.
§  Lembar observasi.
§  LKS
H.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian istinja’
§  Siswa dapat  menjelaskan hukum Istinja’
§  Siswa dapat  menjelaskan adab buang air
§  Siswa dapat  menentukan alat –alat yang dapat digunakan untuk istinja.
§  Siswa dapat  mempraktikkan tata-cara istinja’
Tes unjuk kerja

Observasi

Performan
Uraian

Uraian

Uraian
§  Jelaskan apa pengertian istinja’ !
§  Jelaskan apa hukum Istinja’ !
§  Sebutkan adab buang air !



Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Fiqih





..........................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

MTs                                     : ...............................................
Mata Pelajaran                 :  Fiqih
Kelas/Semester               :  VII / 1
Alokasi Waktu                  :  2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.       Standar Kompetensi
         1.   Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)            
B.       Kompetensi Dasar
1.2       Menjelaskan hadatst kecil dan tatacara thaharahnya (bersucinya )
C.       Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menyebutkan syarat dan rukun wudhu’’
§  Siswa dapat menyebutkan sunnah-sunnah wudhu’’
§  Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudhu’’
§  Siswa dapat mempraktikkan wudhu
D.       Materi Pembelajaran
§  Wudhu’’
E.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang wudhu’’
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi wudhu’’
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar wudhu’’
10  menit
2
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang wudhu’’.  (fase eksplorasi)
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang cara wudhu’’ (fase eksplorasi)
§  Membuat bagan wudhu’’ dan tentang cara wudhu’’ (fase elaborasi)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§  Salah seorang siswa mempraktekkan tatacara wudhu’’ dan tentang cara wudhu’’ sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§  Penguatan tentang wudhu’’ dan tentang cara wudhu’’ (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi wudhu’’ dan tentang cara wudhu’’.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian wudhu’’ dan tentang cara wudhu’’ untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit

G.       Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku paket Fikih kelas VII
§  LKS
§  Lembar observasi
§  Lembar penilaian
§  Boneka
§  Batu, kertas,tissue,daun kering,kaca,plastik,batu apung, batu kali
§  Air
§  Gambar peragaan wudhu
H.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian wudhu’’
§  Siswa dapat  menetukan syarat dan rukun wudhu
§  Siswa dapat  menunjukkan sunnah wudhu
§  Siswa dapat  mengemukakan hal-hal yang membatalkan wudhu
§  Siswa dapat  mempraktekkan tata cara wudhu
Tes unjuk kerja

Observasi

Performan
Uraian

Uraian

Uraian
§  Jelaskan apa pengertian wudhu’’ !

§  Sebutkanlah syarat dan rukun wudhu !

§  Sebutkanlah sunnah-sunnah wudhu !

Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Fiqih





..........................................
NIP.


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS FIQIH KELAS 7 MTS BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top