SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP SBK KELAS 12 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : ………………………….
Mata Pelajaran         : Seni rupa
Kelas/Semester        : XII/1

Standar Kompetensi:
1.      Mengapresiasi karya seni rupa.

Kompetensi Dasar:
1.1.    Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik  dalam karya seni rupa modern/kontemporer
1.2.    Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/kontemporer Mancanegara
1.3.    Menampilkan sikap apresiatif terhadap  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer

Indikator Pencapaian Kompetensi:
§  Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
§  Menyebutkan latar belakang lahir seni rupa modern/kontemporer
§  Mejelaskan dan menguraikan perkembangan seni rupa mancanegara (modern /kontemporer)
§  Menyebutkan aliran-aliran seni rupa mancanegara
  • Menjelaskan dan menyebutkan cara penilaian karya seni rupa modern dan kontemporer

Alokasi Waktu:
6 jam pelajaran (3 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§  Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik  dalam karya seni rupa modern/kontemporer
§  Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/kontemporer Mancanegara
§  Menampilkan sikap apresiatif terhadap  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.

B. Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-1, 2 dan 3
§  Keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengapresiasi karya seni rupa
·   Menyebutkan Keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
·   siswa dapat menjelaskan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1,2 dan 3
Pendahuluan
Apersepsi:
§   Siswa diingatkan tentang Keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
Motivasi:
§   Memotivasi siswa pentingnya mempelajari cara menjelaskan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
siswa dapat menjelaskan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§   siswa dapat Menyebutkan latar belakang lahir seni rupa modern/kontemporer
§   siswa dapat Mejelaskan dan menguraikan perkembangan seni rupa mancanegara (modern /kontemporer)
§   siswa dapat Menyebutkan aliran-aliran seni rupa mancanegara
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,  Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air,  Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§   Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XII
               - Buku lain yang relevan

F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Jelaskan yang disebut seni rupa!
b. Sebutkan latar belakang lahir seni rupa modern/kontemporer!
c. Jelaskan dan Sebutkan cara penilaian karya seni rupa modern dan kontemporer ?
d. Sebutkan aliran-aliran seni rupa mancanegara ?

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)

Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah………                                                       Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : ………………………….
Mata Pelajaran         : Seni rupa
Kelas/Semester        : XII/1

Standar Kompetensi:
2.      Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.

Kompetensi Dasar:
2.1.     Merancang karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
2.2.     Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara

Indikator Pencapaian Kompetensi:
§  Menjelaskan maksud merancang karya seni rupa
§  Menyebutkan karya seni rupa murni dan terapan sebagai bahan untuk merancang
§  Menyebutkan macam-macam rancangan dalam penggunaan
§  Membuat karya seni rupa murni dan terapan

Alokasi Waktu:
§  4 jam pelajaran (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§  Merancang karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
§  Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.


B. Materi Pembelajaran
§  Merancang karya seni rupa murni dan terapan.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengapresiasi karya seni rupa
·   Menyebutkan Keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
·   siswa dapat menjelaskan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
§   Siswa diingatkan tentang Keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
Motivasi:
§   Memotivasi siswa pentingnya mempelajari cara menjelaskan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§   siswa dapat menerangkan merancang dan membuat karya seni rupa murni dan terapan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§   siswa dapat Menyebutkan latar belakang lahir seni rupa modern/kontemporer
§   siswa dapat Mejelaskan dan menguraikan perkembangan seni rupa mancanegara (modern /kontemporer)
§   siswa dapat Menyebutkan aliran-aliran seni rupa mancanegara
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,  Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air,  Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§   Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XII
               - Buku lain yang relevan

F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Jelaskan maksud merancang karya seni rupa ?
b. Sebutkan karya seni rupa murni dan terapan sebagai bahan untuk merancang ?

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)

Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah………                                                       Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : ………………………….
Mata Pelajaran         : Seni Budaya (Seni musik)
Kelas/Semester        : XII/1

Standar Kompetensi:
3.      Mengapresiasi karya seni musik.

Kompetensi Dasar:
3.1.  Mengidentifikasi makna dan peranan musik Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
3.2.  Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukan karya musik Nusantara

Indikator Pencapaian Kompetensi:
§  Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§  Menyebutkan  pembagian musik Nusantara
§  Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§  Menunjukkan nilainilai yang terkandung dalam musik Nusantara
§  Menyebutkan halhal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara

Alokasi Waktu:
§  6 jam pelajaran (3 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§Mengidentifikasi makna dan peranan musik Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
§  Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukan karya musik Nusantara
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.

B. Materi Pembelajaran
§  Merancang karya seni rupa murni dan terapan.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengapresiasi karya seni musik
·   siswa dapat mengetahui makna, peranan dan nilai-nilai musik Nusantara
·   siswa dapat Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1,2 dan 3
Pendahuluan
Apersepsi:
§   Siswa diingatkan tentang Makna musik Nusantara
Motivasi:
§   Memotivasi siswa pentingnya mempelajari makna, peranan dan nilai-nilai musik Nusantara
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§   siswa dapat mengetahui makna, peranan dan nilai-nilai musik Nusantara
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§   Diskusi Kelompok tentang Makna musik Nusantara.
§   Guru menugaskan siswa untuk Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§   Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer).
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,  Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air,  Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§   Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XII
               - Buku lain yang relevan

F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Jelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer) ?
b. Sebutkan hal-hal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara ?

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)

Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah………                                                       Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : ………………………….
Mata Pelajaran         : Seni Budaya (Seni musik)
Kelas/Semester        : XII/1

Standar Kompetensi:
4.      Mengapresiasikan diri melalui karya seni musik.

Kompetensi Dasar:
4.1.  Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik Nusantara
4.2.  Menampilkan karya musik yang telah diaransir

Indikator Pencapaian Kompetensi:
§  Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§  Menyebutkan  pembagian musik Nusantara
§  Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§  Menunjukkan nilai-nilai yang terkandung dalam musik Nusantara
§  Menyebutkan hal-hal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara

Alokasi Waktu:
§  4 jam pelajaran (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik Nusantara
§  Menampilkan karya musik yang telah diaransir
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.


B. Materi Pembelajaran
§  Gagasan mengaransir lagu

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengapresiasi diri melalui karya seni musik
·   diskusi siswa dapat memahami mengaransir lagu
·   siswa dapat memahami mengaransir lagu

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
§   Siswa diingatkan tentang Gagasan mengaransir lagu
Motivasi:
§   Memotivasi siswa dapat memahami mengaransir lagu.
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§   siswa dapat mengetahui makna, peranan dan nilai-nilai musik Nusantara
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§   Diskusi Kelompok tentang Gagasan mengaransir lagu.
§   Guru menugaskan siswa untuk memahami mengaransir lagu
§   Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer).
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,  Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air,  Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§   Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XII
               - Buku lain yang relevan

F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Jelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer) ?
b. Sebutkan hal-hal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara ?

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)

Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah………                                                       Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP SBK KELAS 12 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top