SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP GEOGRAFI KELAS 12 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH           : 
MATA PELAJARAN       :  Geografi 
KELAS                             :  XII 
SEMESTER                      :  1 ( satu ) 
TAHUN PELAJARAN     :  2011/2012 
ALOKASI WAKTU         :  4 x 40 menit


I.     STANDAR KOMPETENSI
1.      Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan

II.    KOMPETENSI DASAR
1.1.Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan

III.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu
·         Menunjukkan komponen-komponen peta
·        Mengidetifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan peta wilayah pada bidang datar
·         Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

IV.   MATERI PEMBELAJARAN
Prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan

V.   INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·         Menunjukkan komponen-komponen peta
·        Mengidetifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan peta wilayah pada bidang datar
·         Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar

VI.   METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Penugasan


Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mendeskripsik-an prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
·         Secara individu, mengidentifikasi komponen peta pada atlas
·         Secara kelompok diskusi tentang penggambaran satu wilayah pada globe ke bidang datar
·         Secara kelompok membuat peta suatu wilayah dari globe ke bidang datar
·         Siswa dapat Menunjukkan komponen-komponen peta
·         Siswa dapat Mengidentifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan membuat peta wilayah pada bidang datar
·         Siswa dapat Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar

VII.  LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.  Kegiatan Pendahuluan:
· Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
· Guru bertanya tentang komponen peta.
2.  Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Siswa merespon pertanyaan guru. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Guru meminta siswa menunjukkan komponen peta pada atlas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Siswa diskusi tentang penggambaran wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Siswa secara berkelompok menggambarkan wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Siswa presentasi menjelaskan cara menggambar wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Guru menjelaskan tentang penggambaran wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.  Kegiatan Penutup:
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Secara individu, siswa membuat kliping tentang pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan (berisi tentang rangkuman, tanggapan, dan sumber) (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

VIII.  SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN           : 
-       Sumber
·         Aryono Prihandito (1989), Kartografi, Yogyakarta Mitra Gama Widya
·         Buku Geografi yang relevan
-       Alat                 
·         Atlas
·         Globe
·         Peta
·         Denah
·         Buku-buku yang relevan
IX.  PENILAIAN
·         Jenis tagihan      :  Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
·         Bentuk tagihan  :  Laporan, uraian berstruktur
·         Instrumen penilaian
1.       Sebutkan komponen-komponen peta!
2.       Sebutkan macam proyeksi peta!
3.       Sebutkan 3 syarat peta!
4.       Jelaskan cara pembuatan peta!



Mengetahui,
Kepala SMA/MA,





, Juli 2011
Guru Mapel Geografi








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH           :
MATA PELAJARAN       :  Geografi
KELAS                             :  XII
SEMESTER                      :  1 ( satu )
TAHUN PELAJARAN     :  2011/2012
ALOKASI WAKTU         :  4 x 40 menit


I.     STANDAR KOMPETENSI
1.      Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan

II.    KOMPETENSI DASAR
1.2.Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan

III.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu
·         Membuat laporan data hasil pengukuran
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

IV.   MATERI PEMBELAJARAN
Membuat peta lingkungan sekitar / sekolah

V.   INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·         Membuat laporan data hasil pengukuran

VI.   METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
·         Secara kelompok mengukur lokasi sekolah/lingkungn dengan menggunakan kompas, meteran dan busur
·         Siswa dapat Membuat laporan data hasil pengukuran

VII.  LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.  Kegiatan Pendahuluan:
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang komponen peta. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
2.  Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Siswa merespon pertanyaan guru. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Guru meminta siswa secara kelompok untuk melakukan pengukuran lokasi sekolah dengan cara diundi lokasinya terdiri : (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
-  Ruang kelas
-  Lapangan olahraga
-  Halaman upacara
·         Secara kelompok siswa melakukan pengukuran lokasi sekolah sesuai undiannya dengan menggunakan kompas, meteran dan busur. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Secara kelompok siswa mencatat hasil pengukuran. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.  Kegiatan Penutup:
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Secara individu, siswa membuat kliping tentang pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan (berisi tentang rangkuman, tanggapan, dan sumber) (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

VIII.  SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN           : 
-       Sumber
·         Aryono Prihandito (1989), Kartografi, Yogyakarta Mitra Gama Widya
·         Buku Geografi yang relevan
-       Alat                 
·         Atlas
·         Peta
·         Denah
·         Kompas
·         Meteran
·         Busur
·         Buku-buku yang relevan

IX.  PENILAIAN
·         Jenis tagihan      :  Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
·         Bentuk tagihan  :  Uraian berstruktur
·         Instrumen penilaian
1.       Sebutkan langkah-langkah untuk membuat peta halaman sekolah anda!
2.       Sebutkan alat-alat yag dibutuhkan untuk pemetaan halaman sekolah anda!

Mengetahui,
Kepala SMA/MA,





, Juli 2011
Guru Mapel Geografi












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH           :
MATA PELAJARAN       :  Geografi
KELAS                             :  XII
SEMESTER                      :  1 ( satu )
TAHUN PELAJARAN     :  2011/2012
ALOKASI WAKTU         :  4 x 40 menit


I.     STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami ketrampilan dasar peta dan pemetaan

II.    KOMPETENSI DASAR
1.2.   Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan

III.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu
·         Merumuskan data hasil pengukuran
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

IV.   MATERI PEMBELAJARAN
Membuat peta lingkungan sekitar / sekolah

V.   INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·         Merumuskan data hasil pengukuran

VI.   METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
·         Secara kelompok mengolah data hasil pegukuran lokasi sekolah/lingkungan
·         Siswa dapat Merumuskan data hasil pengukuran
VII.  LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.  Kegiatan Pendahuluan:
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.  Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Seminggu sebelumnya, secara berkelompok siswa melakukan pengukuran lokasi lingkungan sekolah. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Guru meminta siswa secara berkelompok mengolah data dari hasil pengukuran lokasi lingkungan sekolah sesuai undian seperti : (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
-  Ruang kelas
-  Lapangan olahraga
-  Halaman upacara
·         Siswa secara berkelompok mengolah data hasil pengukuran. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Guru meminta siswa menyiapkan bahan dan alat membuat peta untuk pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.  Kegiatan Penutup:
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Secara individu, siswa membuat kliping tentang pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan (berisi tentang rangkuman, tanggapan, dan sumber) (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

VIII.  SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN           : 
-       Sumber
·         Aryono Prihandito (1989), Kartografi, Yogyakarta Mitra Gama Widya
·         Buku Geografi yang relevan
-       Alat                 
·         Atlas
·         Globe
·         Peta
·         Denah
·         Buku-buku yang relevan

IX.  PENILAIAN
·         Jenis tagihan      :  Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
·         Bentuk tagihan   :  Laporan, uraian berstruktur
·         Instrumen penilaian
1.       Bagaimana cara menentukan skala peta?
2.       Bagaimana cara menentukan letak kenampakan yang tepat pada peta agar jarak dan posisinya tepat?

Mengetahui,
Kepala SMA/MA,





, Juli 2011
Guru Mapel Geografi






Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP GEOGRAFI KELAS 12 SMA BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top