SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS KELAS 8 AQIDAH AKHLAK BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MTs                            : ................................................
Mata Pelajaran        : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester      : VIII/1
Alokasi Waktu         : 2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)


A.       Standar Kompetensi
         1.      Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT.
B.       Kompetensi Dasar
1.1    Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
C.       Tujuan Pembelajaran
§    Siswa dapat menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
§    Dapat menunjukkan dalil naqli tentang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
D.       Materi Pembelajaran
§    Iman kepada kitab-kitab Allah SWT.


E.       Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang kitab-kitab Allah SWT
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang kitab-kitab Allah SWT
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang pengertian, dasar, dan tujuan kitab-kitab Allah SWT (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang kitab-kitab Allah SWT (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang kitab-kitab Allah SWT (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan beriman pada kitab-kitab Allah SWT (Konfirmasi)
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10



50







5

10

5
Pemahaman Konsep













G.       Sumber Pembelajaran
§    Buku paket Aqidah Akhlaq kls VIII, Penerbit Toha Putra, Semarang

H.       Assessment/ Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
§  menunjukkan dalil naqli tentang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
Tes tulis

Tes Tulis
Uraian


Uraian
§  Jelaskan  pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT!

§  Sebutkan  dalil naqli tentang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT!







Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Akidah AKhlaq





..........................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MTs                            : ................................................
Mata Pelajaran        : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester      : VIII/1
Alokasi Waktu         : 2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)


A.       Standar Kompetensi
         1.      Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT.
B.       Kompetensi Dasar
1.2    Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT.
C.       Tujuan Pembelajaran
§    Dapat menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT melalui berbagai literatur
§    Dapat menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT melalui dalil naqli
D.       Materi Pembelajaran
§    Bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT.
E.       Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang kitab-kitab Allah SWT
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang kitab-kitab Allah SWT
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang pengertian, dasar, dan tujuan kitab-kitab Allah SWT (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang kitab-kitab Allah SWT (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang kitab-kitab Allah SWT (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan beriman pada kitab-kitab Allah SWT (Konfirmasi)
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10



50







5

10

5
Pemahaman Konsep














G.       Sumber Pembelajaran
§    Buku paket Aqidah Akhlaq kls VIII, Penerbit Toha Putra, Semarang

H.       Assessment/ Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT melalui berbagai literatur
§  menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT melalui dalil naqli
Tes tulis

Tes Tulis
Uraian

Penugasan  
§  Sebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT melalui berbagai literatur!

§  Sebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT melalui dalil naqli!







Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Akidah AKhlaq





..........................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MTs                            : ................................................
Mata Pelajaran        : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester      : VIII/1
Alokasi Waktu         : 2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)


A.       Standar Kompetensi
         1.      Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT.
B.       Kompetensi Dasar
1.3    Menjelaskan macam, fungsi dan isi kitab Allah.
C.       Tujuan Pembelajaran
§    Menunjukkan nama-nama kitab Allah SWT beserta rasul yang menerimanya
§    Menyebutkan fungsi dan isi pokok dari kitab-kitab Allah
D.       Materi Pembelajaran
§    Macam, fungsi dan isi kitab Allah.


E.       Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang kitab-kitab Allah SWT
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang kitab-kitab Allah SWT
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang pengertian, dasar, dan tujuan kitab-kitab Allah SWT (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang kitab-kitab Allah SWT (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang kitab-kitab Allah SWT (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan beriman pada kitab-kitab Allah SWT (Konfirmasi)
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10



50







5

10

5
Pemahaman Konsep












G.       Sumber Pembelajaran
§    Buku paket Aqidah Akhlaq kls VIII, Penerbit Toha Putra, Semarang

H.       Assessment/ Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  menunjukkan nama-nama kitab Allah SWT beserta rasul yang menerimanya
§  menyebutkan fungsi dan isi pokok dari kitab-kitab Allah
Tes tulis

Tes Tulis
Uraian


Uraian
§  Sebutkan nama-nama kitab Allah SWT beserta rasul yang menerimanya!

§  Sebutkan fungsi dan isi pokok dari kitab-kitab Allah!







Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Akidah AKhlaq





..........................................
NIP.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS KELAS 8 AQIDAH AKHLAK BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top