SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 TKJ INSTALASI LOCAL AREA NETWORK (LAN) BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )

Sekolah                       :
Kelas/Semester          : XI (11) / 1
Program Diklat         : INSTALASI LOCAL AREA NETWORK (LAN)
Standar Kompetensi : Membuat disain jaringan lokal (LAN)
Kompetensi Dasar     : Menentukan persyaratan pengguna
Indikator                    :

§ Menguraikan persyaratan segmen klient jaringan
§ Memilih peralatan/ komponen jaringan  secara teliti
§ Mengidentifikasi  jenis-jenis topologi jaringan (Berdasarkan fisik dan berdasarkan logical)
§ Membuat topologi dan memilih perangkat jaringan sesuai dengan fisik dan kondisi lokasi
§ Menguraikan tipe-tipe terminal dan penempatannya

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit x 9 jam pelajaran ( 2 kali pertemuan )

1. Tujuan Pembelajaran       :

§  Siswa dapat memahami pengertian jaringan komputer, LAN, MAN dan WAN serta internet
§  Siswa dapat mengindentifikasi topologi jaringan
§  Siswa dapat memahami konsep TCP/IP
§  Merencanakan dan memilih perangkat jaringan sesuai dengan fisik dan kondisi lokasi
§  Memilih peralatan / komponen jaringan secara teliti

2. Materi Pembelajaran        :

§  Konsep jaringan komputer : protokol jaringan, arsitektur jaringan, dsb.
§  Jenis dan fungsi perangkat LAN dan perluasannya

3. Pembelajaran                    :

§  Teori
§  Demonstrasi
§  Tanya jawab / diskusi

4. Langkah Kegiatan Pembelajaran           :
No
Pertemuan
Kegiatan Awal
Kegiatan Inti
Kegiatan Akhir
1
Pertama
§  Salam, berdoa dan tadarus Al Qur’an selama 15 menit
§  Siswa mencermati modul
§ Siswa diterangkan tentang konsep jaringan komputer (Local Area Network)
§ Siswa bertanya jawab dengan guru tentang jaringan komputer / LAN
§ Siswa diberikan tugas untuk dikumpulkan
§ Berdoa dan berjabat tangan dengan siswa

2
Kedua
§  Salam, berdoa dan tadarus Al Qur’an selama 15 menit
§  Siswa mencermati modul
§ Siswa diterangkan tentang perangkat LAN dan IP Address
§ Siswa bertanya jawab dengan guru tentang jaringan komputer / LAN dan IP Address
§ Siswa diberikan tugas / ulangan harian untuk dikumpulkan
§ Berdoa dan berjabat tangan dengan siswa





5. Sumber Belajar                 :

§ Buku Manual Jaringan Komputer
§ Internet
§ Perangkat Jaringan Komputer
§ Toolkit
§ Alat ukur

6. Penilaian
Kriteria penilaian :
NO
ASPEK YANG DINILAI
INDIKATOR KEBERHASILAN

YA
TIDAK
7
8
9
1
2
3
4
5
6
7
1
Konsep jaringan lokal (LAN)
1. Siswa mampu mengetahui konsep jaringan komputer lokal (LAN) dan perangkatnya
2. Siswa tidak mampu mengetahui konsep jaringan komputer lokal (LAN) dan perangkatnya





2
Topologi dan desain jaringan lokal (LAN)
1.Siswa mampu mengetahui topologi jaringan komputer lokal (LAN) dan mendesain LAN yang baik.
2.Siswa tidak mampu mengetahui topologi jaringan komputer lokal (LAN) dan mendesain LAN yang baik.






Rumus:
N Komp                      = 0,7 nilai kompetensi praktek + 0,3 nilai kompetensi teori
N Komp praktek         = 0,4 nilai laporan + 0,6 nilai uji kompetensi
N Komp teori              = Nilai evaluasi secara teori tiap kompetensi

Keterangan :
N Komp                      = Nilai akhir penguasaan kompetensi (Nilai KHS / Raport)
N Komp praktek         = Nilai yang diperoleh dalam praktek
N Komp teori              = Nilai yang diperoleh dalam KBM teori pengantar praktek

Mengetahui
WKS 2




Yogyakarta,    Juli 2008
Guru Mata Diklat








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )

Sekolah                       :
Program Diklat         : Instalasi Local Area Network (LAN)
Standar Kompetensi : Membuat disain jaringan lokal (LAN)
Kompetensi Dasar     : Membuat disain awal jaringan
Indikator                    :

§  Segmen-segmen sistem yang diusulkan diidentifikasi berdasarkan kebutuhan bisnis.
§  Persyaratan segmen ditentukan menggunakan analisis fungsional LAN.
§  Kandungan dan volume lalu lintas diperkirakan sesuai kebutuhan organisasi.
§  Kebutuhan sumber daya pada masing-masing segmen LAN ditentukan.
§  Fitur-fitur lingkungan fisik dipertimbangkan sebagai dampak dari disain LAN.
§  Pilihan  topologi dipertimbangkan dengan mengacu pada sumber daya yang tersedia dan matriks fungsional LAN.
§  Harga pilihan topologi dihitung.
§  Topologi LAN yang cocok dipilih sesuai dengan kebutuhan bisnis dan analisis fungsional.

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit x 9 jam pelajaran ( 4 kali pertemuan )

1. Tujuan Pembelajaran       :

§  Siswa dapat mengetahui perangkat yang dibutuhkan dalam membangun LAN
§  Siswa dapat memahami pengertian dan implementasi segmentasi jaringan komputer lokal (LAN)
§  Siswa mampu memilih topologi jaringan yang sesuai dengan kondisi yang ditentukan
§  Siswa mampu mendesain LAN yang terbaik serta mampu menghitung kelebihan dan kekurangannya.

2. Materi Pembelajaran        :

§  Persyaratan segmen klient jaringan
§  Jenis perangkat LAN dan perluasannya
§  Fungsi perangkat LAN dan perluasannya
§  Topologi Jaringan

3. Pembelajaran                    :

§  Teori / Praktek / Penugasan
§  Demonstrasi
§  Tanya jawab / diskusi

4. Langkah Kegiatan Pembelajaran           :

No
Pertemuan
Kegiatan Awal
Kegiatan Inti
Kegiatan Akhir
1
Pertama
§  Salam, berdoa dan tadarus Al Qur’an selama 15 menit
§  Siswa mencermati modul
§ Siswa diterangkan tentang perangkat LAN
§ Siswa praktek
§ Siswa diberikan tugas untuk dikumpulkan
§ Berdoa dan berjabat tangan dengan siswa

2
Kedua
§  Salam, berdoa dan tadarus Al Qur’an selama 15 menit
§  Siswa mencermati modul
§ Siswa diterangkan tentang LAN, IP Address, dan Subnetting
§ Siswa Praktek LAN,  IP Address dan Subnetting
§ Siswa diberikan tugas / ulangan harian untuk dikumpulkan
§ Berdoa dan berjabat tangan dengan siswa

3
Ketiga
§  Salam, berdoa dan tadarus Al Qur’an selama 15 menit
§  Siswa mencermati modul
§ Siswa diterangkan tentang topologi LAN
§ Siswa praktek tentang topologi LAN
§ Siswa diberikan tugas untuk dikumpulkan
§ Berdoa dan berjabat tangan dengan siswa

4
Keempat
§  Salam, berdoa dan tadarus Al Qur’an selama 15 menit
§  Siswa mencermati modul
§ Siswa diterangkan tentang disain LAN dan topologinya
§ Siswa praktek disain LAN dan topologinya
§ Siswa diberikan tugas / ulangan harian untuk dikumpulkan
§ Berdoa dan berjabat tangan dengan siswa


5. Sumber Belajar     :

§ Buku Manual Jaringan Komputer
§ Internet
§ Perangkat Jaringan Komputer
§ Toolkit
§ Alat ukur

6. Penilaian
Kriteria penilaian :
NO
ASPEK YANG DINILAI
INDIKATOR KEBERHASILAN

YA
TIDAK
7
8
9
1
2
3
4
5
6
7
1
Perangkat jaringan lokal (LAN)
1. Siswa mampu mengetahui perangkat LAN dan fungsi-fungsinya dalam waktu singkat tanpa bantuan orang lain.
2. Siswa mampu mengetahui perangkat LAN dan fungsi-fungsinya tepat waktu tanpa bantuan orang lain
3. Siswa mampu mengetahui perangkat LAN dan fungsi-fungsinya dalam waktu yang lama dengan bantuan orang lain.
4. Siswa tidak mampu mengetahui perangkat LAN dan fungsi-fungsinya.


































2
IP Address dan Subnetting
1. Siswa mampu mengetahui desain jaringan komputer lokal (LAN), IP Address dan Subnetting dalam waktu singkat tanpa bantuan orang lain.
2. Siswa mampu mengetahui desain jaringan komputer lokal (LAN), IP Address dan Subnetting tepat waktu tanpa bantuan orang lain.
3. Siswa mampu mengetahui desain jaringan komputer lokal (LAN), IP Address dan Subnetting dalam waktu yang lama dengan bantuan orang lain.
4. Siswa tidak mampu mengetahui desain jaringan komputer lokal (LAN), IP Address dan Subnetting.








































3
Topologi jaringan lokal (LAN)
1. Siswa mampu mengetahui topologi LAN dan penerapannya dalam waktu singkat tanpa bantuan orang lain.
2. Siswa mampu mengetahui topologi LAN dan penerapannya tepat waktu tanpa bantuan orang lain.
3. Siswa mampu mengetahui topologi LAN dan penerapannya dalam waktu yang lama dengan bantuan orang lain.
4. Siswa tidak mengetahui topologi LAN dan penerapannya.


































4
Desain jaringan lokal (LAN)
1. Siswa mampu mendesain jaringan komputer lokal (LAN), IP Address, Subnetting dan topologinya dalam waktu singkat tanpa bantuan orang lain.
2. Siswa mampu mendesain jaringan komputer lokal (LAN), IP Address, Subnetting dan topologinya tepat waktu tanpa bantuan orang lain.
3. Siswa mampu mendesain jaringan komputer lokal (LAN), IP Address, Subnetting dan topologinya dalam waktu yang lama dengan bantuan orang lain.
4. Siswa tidak mampu mendesain jaringan komputer lokal (LAN), IP Address, Subnetting dan topologinya.










































Rumus:
N Komp                      = 0,7 nilai kompetensi praktek + 0,3 nilai kompetensi teori
N Komp praktek         = 0,4 nilai laporan + 0,6 nilai uji kompetensi
N Komp teori              = Nilai evaluasi secara teori tiap kompetensi

Keterangan :
N Komp                      = Nilai akhir penguasaan kompetensi (Nilai KHS / Raport)
N Komp praktek         = Nilai yang diperoleh dalam praktek
N Komp teori              = Nilai yang diperoleh dalam KBM teori pengantar praktek

Mengetahui
WKS 2




Yogyakarta,    Juli 2008
Guru Mata Diklat




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 TKJ INSTALASI LOCAL AREA NETWORK (LAN) BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top