SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SMK KURIKULUM 2013 PEMBUATAN PESAWAT ELEKTRONIKA SMK KELAS 10 SEMESTER 1



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Mata Pelajaran                    :           PEMBUATAN PESAWAT ELEKTRONIKA
Kelas/Semester                  :           X / 1
Pertemuan Ke-                    :           3
Alokasi Waktu                     :           160 @ 45 menit
Standar Kompetensi         :            Membuat Rangkaian Pesawat Elektronika
Kompetensi Dasar          :           Mampu membuat Film  Papan rangkaian tercetak (PRT) Secara manual dan dengan Komputer

Indikator         :        
·           Dapat membuat  film papan rangkaian tercetak (PRT) Secara manual dengan benar


I.          Tujuan Pembelajaran :
           
·           Peserta didik mampu membuat  film papan rangkaian tercetak (PRT) secara manual dengan benar

II.         Materi Ajar :
                                   
·           Membuat  film papan rangkaian tercetak (PRT)     
                                                           
III.        Metode Pembelajaran:
           
·           Teori dan Praktek

IV.       Langkah-langkah Pembelajaran :

  A.  Kegiatan Awal   :          
          1. Penjelasan singkat tentang prosedure pembuatan film papan rangkaian tercetak (PRT) 

B.   Kegiatan Inti      :          
       1. Pelaksanaan pembuatan  film papan rangkaian           tercetak (PRT)

C.   Kegiatan Akhir :          
1. Pemeriksaan hasil  pembuatan  film papan rangkaian tercetak (PRT)




V.           Alat/Bahan/Sumber Belajar :      

Alat                             :  Rugos, Spidol Permanen.          
           Bahan                         :  Kertas  kalkir
Sumber Belajar        :  Modul Pembuatan Film PRT

VI.       Penilaian       :            
·           Hasil Praktek






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran                    :     Dasar Kompetensi Kejuruan Audio Video
Kelas/Semester                  :     X / 1
Pertemuan Ke-                    :     1
Alokasi Waktu                     :     12  @ 45 menit
Standar Kompetensi         :     Menguasai Teori Dasar Elektronika
Kompetensi Dasar             :     Teori Kelistrikan            

Indikator   :  
§   Struktur atom, komponen-komponen dari atom, dan muatannya, serta pentingnya atom bagi teknologi elektronika dijelaskan.
§   Disebutkan sepuluh kegunaan magnetism dalam teknologi elektronika.
§   Dijelaskan manfaat dasar dari kelistrikan.
§   Dijelaskan dan digambarkan metode - metode dasar kelistrikan untuk menggerakkan motor dan bagaimana gerakan mekanik pada generator bisa menghasilkan arus listrik.
§   Dijelaskan perbedaan antara tegangan, arus, dan            resistansi
§   Disebutkan dengan benar bahan-bahan resistif dan resistor dipakai dalam bidang elektronika
§   Ditunjukkan beberapa kegunaan kapasitor dan disebutkan beberapa jenis dan konstruksinya.
§   Dijelaskan bagaimana induktansi berhubungan dengan magnetism dan digambarkan konstruksi kumparan, inti dan kegunaannya.
§   Ditunjukkan perbandingan antara reaktansi dan resistansi dan digambarkan hubungannya dengan arus/ tegangan.
§   Dibandingkan antara impedansi dengan reaktansi dan resistansi, dan dijelaskan sebab dan akibat dari impedansi.
§   Bisa disebutkan dengan benar berbagai macam sumber tegangan, AC dan DC, battery, dll.
§   Disebutkan rumus-rumus hukum Ohm untuk arus, tegangan, resistansi, dan daya serta kegunaannya
§   Perhitungan konsumsi daya dan persyaratannya. didemonstrasikan.

I.         Tujuan Pembelajaran        :
          
§   Teliti dan cermat dalam Menghitung daya listrik
§   Menganalisis rangkaian R,L, C
§   Mengaktif beberapa jenis motor listrik
§   Mengaktif generator listrik
§   menguasai Teori Dasar Elektronika

II.        Materi Ajar  :
                      
§   Listrik  dan Elektronika
§   Kimia Listrik
§   Tahanan Listrik
§   Medan listrik dan kondensator


III.        MetodePembelajaran  :

·           Teori, Observasi/Pengamatan,Tugas dan Praktek (laporan)

IV.       Langkah-langkah Pembelajaran

A.  Kegiatan Awal     :   
1. Penjelasan singkat  tentang teori kelistrikan

B.  Kegiatan Inti         :  
       1. Pelaksanaan latihan, tugas dan Praktek

C.  Kegiatan Akhir    :  
1. Pemeriksaan dan evaluasi latihan, tugas dan Praktek.

V.           Alat/Bahan/Sumber Belajar        
           
Alat                                  :  Media Pengajaran, soal dan lembaran
tugas
            Bahan                            :   Jenis-jenis  komponen resistor, Multitester
Sumber Belajar            :  Buku / modul  dasar komponen elektronika.
                                                    

VI.       Penilaian :
           
·           Penugasan, Observasi, Praktek (laporan) dan Tes tertulis.

VII.      Evaluasi  :                
·           Terdapat didalam modul Dasar Kompetensi Kejuruan Audio Video.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran                    :     Dasar Kompetensi Kejuruan Audio Video
Kelas/Semester                  :     X / 1
Pertemuan Ke-                    :     2
Alokasi Waktu                     :     24  @ 45 menit
Standar Kompetensi         :     Menguasai Teori Dasar Elektronika
Kompetensi Dasar             :     Mengenal Komponen Elektronika  

Indikator                               :          
§   Resistor dengan beragam nilai diidentifikasi berdasar kode warna atau kode lain dan bahan penyusunnya disebutkan disertai kegunaan masing  - masing.
§   Jenis-jenis kapasitor diidentifikasi, dijelaskan fungsi utamanya dan bagaimana metode mengubah-ubah nilai kapasitansi, serta  diterangkan tentang istilah muatan  dan  coulomb.
§   Jenis-jenis induktor diidentifikasi dan dijelaskan macam -macam bahan inti,serta bagaimana ukuran diameter kumparan dan Kawatnya mempengaruhi nilai induktansi nya.
§   Jenis-jenis transformer yang umum di identifikasi dan disebutkan kegunaannya  masing-  masing    bagaimana metode stepup/down dan dijelaskan kenapa  diperlukan  laminasi.
§   Beberapa jenis transistor di-identifikasi berdasarkan jenis dan kegunaannya, seperti unijunction, FET,dan MOSFET; dijelaskan beta dan alfa dan tegangan bias DC yang umum dipakai
§   Semiconductor yang lain di-identifikasi dan Dijelaskan kegunaannya, misalnya gun-diode, darlington, dan transistor unijunction yang lain
§   Thyristo dibandingkan dengan  semikonduktor lain; diac, triac, dan SCR, dan dijelaskan Kegunaan masing -   masing
§   Batasan kerja diode zener dijelaskan dan digambarkankegunaannya dalam rangkaian regulator.
§   Berbagai piranti optik yang umum disebutkan misalnya LED, LCD,  Laser, dll.
§   Digambarkan bagaimana photovoltaic  diaktifkan. Simbol - simbol dari photoresistor, photodiode, photo-transistor digambarkan dan   dijelaskan dari bahan apa piranti ini dibuat.
§   Dijelaskan aplikasi daridari MOS, CMOS, dan FET.


I.         Tujuan Pembelajaran        :          
§   Teliti dan cermat dalam mengenali komponen elektronika pasif dan aktif.
§   Teliti dan cermat dalam perhitungan nilai resistor.
§   Menganalisis rangkaian resistor.
§   Menganalisis rangkaian kapasitor
§   Menganalisis rangkaian inductor
§   Menganalisis dan menguji transistor.
§   Menguji Komponen Dasar Elektronika pasif dan aktif.

II.        Materi Ajar    :
          
§   Macam – macam Komponen Pasif dan Aktif.
§   Macam – macam Rangkaian Komponen Pasif.
§   Fungsi dan Karakteristik Komponen Pasif dan Aktif.
§   Menguji Komponen Pasif dan Aktif.

III.        Metode Pembelajaran       :

·           Teori, Observasi/Pengamatan,Tugas dan Praktek (Laporan)

IV.       Langkah-langkah Pembelajaran :

A.  Kegiatan Awal     :  
1. Penjelasan singkat  tentang Mengenal Komponen Elektronika.

B.  Kegiatan Inti         :   
      1. Pelaksanaan latihan, tugas dan Praktek.

C.  Kegiatan Akhir    :  
1. Pemeriksaan dan evaluasi latihan, tugas dan Praktek.

V.           Alat/Bahan/Sumber Belajar        
           
            Alat                              :       Media Pengajaran, Soal dan lembaran tugas
            Bahan                           :        Jenis-jenis  komponen pasif dan aktif,
Multitester
                                   Sumber Belajar       :      Tabel Warna resistor dan kapasitor, Buku /
modul  dasar komponen elektronika.

VI.       Penilaian :                
·           Penugasan,
·           Observasi,
·           Praktek (laporan)
·           Tes tertulis.
VI.          Evaluasi :
·           Terdapat didalam modul Dasar Kompetensi Kejuruan Audio Video. 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran                    :     Dasar Kompetensi Kejuruan Audio Video
Kelas/Semester                  :     X / 1
Pertemuan Ke-                    :     3
Alokasi Waktu                     :     6  @ 45 menit
Standar Kompetensi         :     Menguasai Teori Dasar Elektronika
Kompetensi Dasar             :     Matematika Teknik Dasar dan Rumusnya   

Indikator         :        
§   Didemokan bagaimana rumusan hukum ohm digunakan dalam menghitung daya,tegangan, arus, dan  resistansi pada suatu rangkaian
§   Disebutkan beberapa rumus matematika lain yang umum  digunakan dalam elektronika
§   Perhitungan frekuensi,Lamda, dan daya didemokan
§   Konversi bilangan biner,desimal, dan hexa didemokan
§   Dijelaskan tentang aljabar Bool dan bagaimana kegunaannya dalam rangkaian digital
§   Diterangkan tentang decibels dan ditunjukkan alasan kenapa dipakai dB untuk menyatakan level sinyal  dan daya  dalam perhitungan - perhitungan elektro
§   Didemokanbagaimana  gambar bias  digunakan dalam  
Mendemokan fungsi-fungsi  elektronika.



I.         Tujuan Pembelajaran        :
          
§   Dapat menghitung Matematika Teknik (rumus umum  matematika dalam elektronika) dengan benar.
§   Dapat menghitung frekuensi,lamda, dan daya dengan benar.
§   Dapat memahami Aljabar boole, Konversi bilangan Decibels, Fungsi linier dan non  linier dengan benar.
§   Menghitung frekuensi, lamda, dan daya, Menggunakan Aljabar  boole dengan baik.
§   Mengkonversi bilangan   Decibels dengan benar.
§   Membuat fungsi- fungsi elektronika  dengan benar.

II.        Materi Ajar                :
  
§   Rumus umum matematika dalam bidang elektronika.
§   Perhitungan frekuensi, lamda, dan daya.
§   Aljabar boole, konversi bilangan decibels, fungsi linier dan non linier.
§   Frekuensi, lamda dan daya.
§   Fungsi-fungsi elektronik.


III.        Metode Pembelajaran       : 
·           Teori, Observasi/Pengamatan,Tugas dan Praktek (Laporan)

IV.       Langkah-langkah Pembelajaran :

A.  Kegiatan Awal     :  
1. Penjelasan singkat  tentang Matematika Teknik Dasar dan Rumusnya.    
           
            B.  Kegiatan Inti         :   
                 1. Pelaksanaan latihan, tugas dan Praktek.

C.  Kegiatan Akhir    :  
1. Pemeriksaan, evaluasi latihan, dan tugas.

V.           Alat/Bahan/Sumber Belajar        

Alat                                :    Media Pengajaran, Soal dan lembaran tugas,
            Bahan                           :    Kertas folio, Jenis-jenis  komponen resistor
                                   Sumber Belajar         :    Buku / modul  dasar komponen elektronika.

VI.       Penilaian :

·           Penugasan, Observasi, dan Tes tertulis.

VII.      Evaluas   :                      
·           Terdapat didalam modul Dasar Kompetensi Kejuruan Audio Video.


  


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran                    :     Dasar Kompetensi Kejuruan Audio Video
Kelas/Semester                  :     X / 1
Pertemuan Ke-                    :     4
Alokasi Waktu                     :     24 @ 45 Jam
Standar Kompetensi         :     Menguasai Teori Dasar Elektronika
Kompetensi Dasar             :     Rangkaian Elektronika Dasar            

Indikator                               :          
§   Dijelaskan tentang prinsip-prinsip dasar rangkaian DC
§   Dijelaskan tentang prinsip-prinsip dasar rangkaian AC
§   Diterangkan bagaimana rangkaian R,L,C seri digunakan dalam rangkaian elektronika.
§   Diterangkan tentang prinsip dasar sebuah oscillator dan
Fungsinya.
§   Ditunjukkan bagaimana  oscillator dan multivibrator adalah serupa tapi tak sama.
§   Apakah sebuah rangkaian bersifat induktif, kapasitif, atau resistif dibedakan dan dijelaskan
§   Diterangkan tentang resonansi dan ditunjukkan bagaimana menghitung frekuensi resonansi.
§   Digambarkan bagaimana presentasi polar dan rectangular dari suatu rangkai-an R,L,C.
§   Hukum Kirchoff dan pentingnya hukum ini bagi seorang teknisi elektronika diterangkan
§   Diterangkan tentang fungsi dan rangkaian differentiator serta integrator.
§   Bagian-bagian dari sebuah PLL digambarkan dan dijelaskan kegunaannya
§   Beragam rangkaian filter digambarkan dan dijelaskan kenapa dan bagaimana rangkaian  ini digunakan.
§   Diterangkan tentang rangkaian-rangkaian  pembentuk gelombang  dan apa maksudnya.
§   Digambarkan tentang  hubungan antara  bandwidth dan faktor  kualitas “Q” dalam  sebuah rangkaian.

I.         Tujuan Pembelajaran        :
          
§   Dapat menjelaskan prinsip-prinsip dasar rangkaian AC/DC  dengan benar.
§   Dapat menghitung nilai besaran pada rangkaian R, L, dan C dengan benar.
§   Dapat memahami prinsip dasar osilator dan fungsinya dengan benar.
§   Menghitung hkum kirchoff dan menggunakan dengan baik.
§   Dapat menggambarkan bagian dari PLL.
§   Membuat fungsi- fungsi elektronika  dengan benar.

II.        Materi Ajar    :
          
§   Prinsip dasar macam – macam rangkaian AC, DC  dengan segala bentuk seri/paralel/campuran.
§   Hukum Kirchof.
§   Fungsi dan Karakteristik rangkaian integrator dan defrisiator..
§   Menguji tegangan dan arus pada jenis-jenis rangkaian.


III.        Metode Pembelajaran       :

·           Teori, Observasi/Pengamatan,Tugas dan Praktek (Laporan)

IV.       Langkah-langkah Pembelajaran

A.  Kegiatan Awal     :        
1. Penjelasan singkat  tentang Rangkaian Elektronika Dasar.

B.  Kegiatan Inti        :  
       1. Pelaksanaan latihan, tugas dan Praktek (Laporan).

C.  Kegiatan Akhir    :  
1.Pemeriksaan dan evaluasi latihan, tugas dan Praktek.

V.   Alat/Bahan/Sumber Belajar
           
            Alat                               :   Media Pengajaran, Soal dan lembaran tugas
            Bahan                          :   Kertas folio, Jenis-jenis  modul rangkaian elekktronika dasar, Multitester
            Sumber Belajar        :   Job sheet, Buku / modul  dasar komponen elektronika.

VI.       Penilaian   :
           
·           Penugasan, Observasi, Praktek (laporan) dan Tes tertulis.

VII.      Evaluasi     :             
·           Terdapat didalam modul Dasar Kompetensi Kejuruan Audio Video.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Mata Pelajaran                    :     Dasar Kompetensi Kejuruan Audio Video
Kelas/Semester                  :     X / 1
Pertemuan Ke-                    :     5
Alokasi Waktu                     :     24 @ 45  Jam
Standar Kompetensi         :     Menguasai Teori Dasar Elektronika
Kompetensi Dasar             :     Elektronika Optik         

Indikator  :   
§   Beberapa piranti display yang umum disebutkan.
§   Diterangkan bagaimana display LCD bekerja   dan apa keuntungan  dan kerugiannya.
§   Diterangkan tentang  elektronika dasar  untuk      kamera dan sensor.
§   Dijelaskan bagaimana   sebuah remote kontrol LED bekerja.
§   Diterangkan didalam  rangkaian apa saja piranti disebutkan  beberapa system  kontrol yang  diaktifasi    
       oleh cahaya dan diterangkan cara memanfaatkan  
       piranti optik yang terkait.
§   Digambarkan keterkaitan antara sinyal radio RF dan
       sinyal optik dalam aplikasinya.

I.         Tujuan Pembelajaran        :
          
§   Dapat menjelaskan prinsip-prinsip dasar piranti umum dengan benar.
§   Dapat menjelaskan bagaimana display LCD bekerja dan apa keuntungan dan kerugian dengan benar.
§   Dapat memahami prinsip dasar kamera, sensor dan piranti lain serta fungsinya dengan benar.
§   Digambarkan keterkaitan antara sinyal radio RF dan sinyal optik dalam aplikasinya  dengan benar.


II.        Materi Ajar                :
          
§   Prinsip dasar macam – macam piranti optik umum
§   Prinsip dasar kamera, sensor dan piranti optik khusus lain.
§   Fungsi dan Karakteristik rangkaian optik.
§   Menguji kondisi, tegangan dan arus pada jenis-jenis piranti optik dan rangkaian optik.



III.        Metode Pembelajaran       :
 
·           Teori, Observasi/Pengamatan,Tugas dan Praktek (Laporan)

IV.       Langkah-langkah Pembelajaran

A.  Kegiatan Awal     :  
1. Penjelasan singkat  tentang piranti optik.

B.  Kegiatan Inti         :  
1. Pelaksanaan latihan, tugas dan Praktek (Laporan).

C.  Kegiatan Akhir    :  
1. Pemeriksaan dan evaluasi latihan, tugas dan Praktek.

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar  
           
Alat                               :    Media Pengajaran, Soal dan lembaran tugas
            Bahan                          :   Kertas folio, Jenis-jenis  modul piranti
optik., Multitester
                                   Sumber Belajar         :   Job sheet, Buku / modul  dasar komponen
elektronika.

VI.       Penilaian  :               

·           Penugasan, Observasi, Praktek (laporan) dan Tes tertulis.

VII.      Evaluasi :                 
·           Terdapat didalam modul Dasar Kompetensi Kejuruan Audio Video.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SMK KURIKULUM 2013 PEMBUATAN PESAWAT ELEKTRONIKA SMK KELAS 10 SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top