SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MTS KELAS 9 AL-QUR’AN-HADITST BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )

Madrasah                          :  .......................................................
Mata Pelajaran                 :  AL-QUR’AN-HADITST
Kelas                                  :  IX / 1
Standar Kompetensi      :  1.      Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar          :  1.1    Menerapkan hukum bacaan mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah
Alokasi Waktu                  : 2 x 40 menit

A.       Tujuan Pembelajaran
§  Menjelaskan hukum bacaan mad silah
§  Mencari mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah
§  Mempraktikkan hukum mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah
B.       Materi Pembelajaran
§  Hukum bacaan mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah
§  QS Al Kautsar dan Al Maun
C.       Metode Pembelajaran
§  Peta konsep
§  Diskusi
§  Tanya jawab

D.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan Pendahuluan
§    Siswa melakukan tanya jawab tentang hukum bacaan mad silah
§    Guru menyampaikan kompetensi apa yang harus dicapai siswa untuk mempelajari materi hukum bacaan mad silah
Ü   Kegiatan Inti
§    Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa
§    Bersama kelompoknya siswa mendiskusikan materi hukum bacaan mad silah
§    Siswa menuliskan hasil diskusi bersama kelompoknya kemudian ditempel di depan kelas
§    Hasil pengamatan dan penilaian siswa dipresentasikan
§    Kelompok lain dan guru menilai presentasi pada lembar penilaian
§    Hasil penilaian dikumpulkan ke guru
§    Guru menentukan hasil kerja kelompok terbaik
Ü   Kegiatan Penutup
§    Memberikan refleksi pada siswa
-          Apakah pembelajarannya menarik
-          Materi apa yang telah kita bincangkan
§    Guru mengajukan pertanyaan ulang seputar hukum bacaan mad silah
E.       Media/ Sumber Belajar
§  Buku paket Al-Qur’an-Haditst kelas IX
§  Al-Qur’an
§  Buku Tajwid
F.        Instrumen
Buatlah peta konsep tentang hukum bacaan mad silah!

G.       Penilaian 1

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menjelaskan hukum mad silah
Tes Tulis
Uraian
Ø  Jelaskan hukum mad silah ?
Ø  Mengidentifikasi mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zal-zalah
Tulis Tulis
Uraian
Ø  Jelaskan mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zal-zalah ?
Ø  Mengaplikasikan mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah ?

H.       Penilaian 2
Aspek Yang Dinilai
Skor
1
2
3
Ketepatan peta konsep tentang hukum bacaan mad layyin, ‘aridl lissukun



Ketepatan peta konsep tentang mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar



Ketepatan peta konsep tentang mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS Al Maun








Keterangan Skor :
            1 : Kurang
            2 : Cukup
            3 : Baik
I.          Penilaian 3
Nama Kelompok
Keindahan Peta Konsep
Kelengkapan Peta Konsep
Kerapihan Peta Konsep
Skor
Nilai
1
2
3
1
2
3
1
2
3

















Nilai =  skor yang dicapai   x 100
             skor maksimal (9)


J.        RubRik Penilaian Diskusi
Nama             :
Kelompok     :
Kelas             :

No
Aspek Penilaian
Indikator
Deskriptor
Skor
Tema
Guru
Total Skor
Nilai

Penalaran
Komunikasi lesan
§  Komunikatif
§  Ketepatan Jawaban
1
1




Komunikasi tulis
§  Mudah dipahami
§  Ketepatan Jawaban
1

2





Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Qur’an Hadits





..........................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Madrasah                          :  .......................................................
Mata Pelajaran                 :  Al-Qur’an-Haditst
Kelas                                  :  IX / 1
Standar Kompetensi      :  1.      Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar          :  1.2    Menerapkan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an
Alokasi Waktu                  : 2 x 40 menit

A.       Tujuan Pembelajaran
§  Menjelaskan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi
§  Mencari hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an
§  Mempraktikkan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an
B.       Materi Pembelajaran
§  hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an
C.       Metode Pembelajaran
§  Peta konsep
§  Diskusi
§  Tanya jawab
D.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan Pendahuluan
§    Siswa melakukan tanya jawab tentang hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi
§    Guru menyampaikan kompetensi apa yang harus dicapai siswa untuk mempelajari materi hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi
Ü   Kegiatan Inti
§    Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa
§    Bersama kelompoknya siswa mendiskusikan materi hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi
§    Siswa menuliskan hasil diskusi bersama kelompoknya kemudian ditempel di depan kelas
§    Hasil pengamatan dan penilaian siswa dipresentasikan
§    Kelompok lain dan guru menilai presentasi pada lembar penilaian
§    Hasil penilaian dikumpulkan ke guru
§    Guru menentukan hasil kerja kelompok terbaik
Ü   Kegiatan Penutup
§    Memberikan refleksi pada siswa
-          Apakah pembelajarannya menarik
-          Materi apa yang telah kita bincangkan
§    Guru mengajukan pertanyaan ulang seputar hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi
E.       Media/ Sumber Belajar
§  Buku paket Al-Qur’an-Haditst kelas IX
§  Al-Qur’an
§  Buku Tajwid

F.        Instrumen
Buatlah peta konsep tentang hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi!
G.       Penilaian 1

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menjelaskan hukum bacaan mad lazim mu-khoffaf kilmi, mut-saqqol kilmi, dan Farqi
Tes Tulis
Uraian
Ø  Jelaskan hukum bacaan mad lazim mu-khoffaf kilmi, mut-saqqol kilmi, dan Farqi ?
Ø  Mengidentifikasi hu-kum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mut-saqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an
Tulis Tulis
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan hu-kum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mut-saqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an?
Ø  Mempraktikkan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an
Tes lisan
Praktik
Ø  praktikkan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an ?


H.       Penilaian 2

Aspek Yang Dinilai
Skor
1
2
3
Ketepatan peta konsep tentang hukum bacaan mad layyin, ‘aridl lissukun



Ketepatan peta konsep tentang mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar



Ketepatan peta konsep tentang mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS Al Maun








Keterangan Skor :
            1 : Kurang
            2 : Cukup
            3 : Baik

I.          Penilaian 3

Nama Kelompok
Keindahan Peta Konsep
Kelengkapan Peta Konsep
Kerapihan Peta Konsep
Skor
Nilai
1
2
3
1
2
3
1
2
3

















Nilai =  skor yang dicapai   x 100
             skor maksimal (9)


J.        RubRik Penilaian Diskusi
Nama             :
Kelompok     :
Kelas             :

No
Aspek Penilaian
Indikator
Deskriptor
Skor
Tema
Guru
Total Skor
Nilai

Penalaran
Komunikasi lesan
§  Komunikatif
§  Ketepatan Jawaban
1
1




Komunikasi tulis
§  Mudah dipahami
§  Ketepatan Jawaban
1

2





Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Qur’an Hadits





..........................................
NIP.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MTS KELAS 9 AL-QUR’AN-HADITST BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top