SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS KELAS 8 FIQIH BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

MTs                                     : ...............................................
Mata Pelajaran                 :  Fiqih
Kelas/Semester               :  VIII / 1
Alokasi Waktu                  :  4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
         1.   Melaksanakan tata cara Sujud diluar shalat                       
B.   Kompetensi Dasar
1.1       Menjelaskan ketentuan Sujud syukur dan tilawah
C.   Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian Sujud syukur dan dalilnya
§  Siswa dapat menyebutkan tata cara Sujud syukur
§  Siswa dapat menyebutkan do’a Sujud syukur
D.   Materi Pembelajaran
§  Sujud syukur
E.    Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian Sujud syukur dan tilawah
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.    Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi Sujud syukur dan tilawah
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
10  menit
2
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang Sujud syukur dan tilawah.  (fase eksplorasi)
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§  Membuat bagan Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya (fase elaborasi)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§  Salah seorang siswa mempraktekkan Sujud syukur dan tilawah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§  Penguatan tentang pengertian Sujud syukur dan tilawah (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi Sujud syukur dan tilawah.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian Sujud syukur dan tilawah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit

G.   Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Al Qur’an terjemahan dan hadits
§  Buku  acuan Paket Fikih Depag
§  Alat: OHP/komputer,LCD, VCD tentang Sujud syukur
H.   Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian Sujud syukur dan dalilnya
§  Siswa dapat  menjelaskan sebab-sebab Sujud syukur
§  Siswa dapat  mempraktekkan Sujud syukur
Tes tulis

Tes tulis

Performan  
Uraian

Uraian
§  Jelaskan pengertian Sujud syukur dan dalilnya!
§  Jelaskan sebab-sebab Sujud Syukur!






Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Fiqih





..........................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

MTs                                     : ...............................................
Mata Pelajaran                 :  Fiqih
Kelas/Semester               :  VIII / 1
Alokasi Waktu                  :  4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.       Standar Kompetensi
         1.   Melaksanakan tata cara Sujud diluar shalat                       
B.       Kompetensi Dasar
1.2       Mempraktekkan Sujud syukur dan tilawah
C.       Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian Sujud tilawah dan dalilnya
§  Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab Sujud tilawah
§  Siswa dapat menyebutkan do’a Sujud tilawah
D.       Materi Pembelajaran
§  Sujud tilawah
E.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian Sujud syukur dan tilawah
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi Sujud syukur dan tilawah
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
10  menit
2
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang Sujud syukur dan tilawah.  (fase eksplorasi)
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§  Membuat bagan Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya (fase elaborasi)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§  Salah seorang siswa mempraktekkan Sujud syukur dan tilawah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§  Penguatan tentang pengertian Sujud syukur dan tilawah (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi Sujud syukur dan tilawah.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian Sujud syukur dan tilawah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit

G.       Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Al Qur’an terjemahan dan hadits
§  Buku  acuan Paket Fikih Depag
§  Alat: OHP/komputer,LCD, VCD tentang Sujud Tilawah
H.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan  pengertian Sujud Tilawah
§  Siswa dapat  menjelaskan sebab-sebab Sujud Tilawah
§  Siswa dapat  melafalkan bacaan dalam Sujud  Tilawah
§  Siswa dapat  melafalkan bacaan Sujud tilawah
§  Siswa dapat  mendemonstrasikan Sujud Tilawah
Tes tulis

Tes lisan

Tes lisan

Tes lisan

Unjuk kerja
Uraian

Uraian


Uraian
§  Jelaskan pengertian Sujud Tilawah!

§  Sebutkan sebab-sebab Sujud Tilawah!


§  Sebutkan lafal bacaan Sujud tilawah!






Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Fiqih





..........................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

MTs                                     : ...............................................
Mata Pelajaran                 :  Fiqih
Kelas/Semester               :  VIII / 1
Alokasi Waktu                  :  4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.       Standar Kompetensi
         2.   Memahami tatacara puasa                   
B.       Kompetensi Dasar
2.1       Menjelaskan ketentuan puasa
C.       Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa dan dalilnya
§  Siswa dapat menjelaskan syarat dan rukun puasa
§  Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang makruh pada waktu berpuasa
§  Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang mrmbatalkan puasa
D.       Materi Pembelajaran
§  Puasa
E.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian puasa
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi puasa
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar puasa dan tatacaranya.
10  menit
2
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang puasa.  (fase eksplorasi)
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  puasa dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§  Membuat bagan puasa dan tatacaranya (fase elaborasi)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§  Penguatan tentang pengertian puasa (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi puasa.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian puasa untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit

G.       Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Al Qur’an terjemahan dan hadits
§  Buku  acuan Paket Fikih Depag
§  Alat: OHP/komputer,LCD.
§  Bahan: LKS, Bahan Presentasi

H.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian puasa dan dalilnya.
§  Siswa dapat  menjelaskan  syarat dan rukun puasa.
§  Siswa dapat  menjelaskan amalan  yang di sunah  waktu berpuasa
§  Siswa dapat  menjelaskan hal-hal yang makruh pada waktu berpuasa
§  Siswa dapat  menjelaskan hal-hal yang mrmbatalkan puasa
§  Siswa dapat  melafalkan do`a berbuka puasa
Tes tulis

Tes lisan


Tes lisan


Tes lisan

Uraian

Uraian
§  Jelaskan pengertian puasa dan dalilnya!

§  Sebutkan syarat dan rukun puasa!

§  Sebutkan amalan  yang di sunah  waktu berpuasa!


Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Fiqih





..........................................
NIP.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS KELAS 8 FIQIH BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top