RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS KELAS 8 SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERKARAKTER SEMESTER 1

Written By Wira Hadi on Monday, October 14, 2013 | 6:25 PM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Madrasah                          :  .......................................................
Mata Pelajaran                 :  SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Kelas                                  :  VIII / 1
Standar Kompetensi      :  1.         Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa  Bani Abbasiyah
Kompetensi Dasar          :  1.1       Menceritakan sejarah berdirinya  Bani Abbasiyah
Alokasi Waktu                  : 2 x 40 menit


A.       Tujuan Pembelajaran
§  Membaca/menceritakan  materi sejarah  berdirinya  Bani Abbasiyah
§  Membaca proses    terbentuknya sejarah Dinasti Al Ayyubiyah
§  Membuat peta konsep mengidentifikasi  tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Bani Abbasiyah
§  Tanya jawab tentang faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
B.       Materi Pembelajaran
§  Sejarah berdirinya   Bani Abbasiyah
§  Proses terbentuknya sejarah Bani Abbasiyah
§  Tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Bani Abbasiyah
§  Faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah

C.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Penugasan
§  Diskusi
D.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan awal
§    Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§    Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü   Kegiatan Inti
§    Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok
§    Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya
§    Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan
§    Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan
Ü   Kegiatan  Akhir
§    Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam.
§    Siswa dan guru melakukan refleksi
§    Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu
E.       Sumber Belajar
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§  Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§  Ensiklopedi Islam
F.        Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menjelaskan  sejarah berdirinya   Bani Abbasiyah
TesTulis
Uraian
Ø  Jelaskan  sejarah berdirinya   Bani Abbasiyah ?
Ø  Menyebutkan proses terbentuknya sejarah Bani Abbasiyah
TesTulis
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan proses terbentuknya sejarah Bani Abbasiyah?
Ø  Menampilkan  tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Bani Abbasiyah       
Penugasan

Tugas
Ø  Tampilkan  tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Bani Abbasiyah ?      
Ø  Mengidentifikasi  faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
Tes lisan

Tugas
Ø  Jelaskan faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah ?


§    Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 wujud kebudayaan Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam
0

§    Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
0

Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100




Mengetahui,
Kepala Madrasah





.....................................................
NIP.

....................... , ....................................
Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam




.....................................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Madrasah                          :  .......................................................
Mata Pelajaran                 :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                  :  VIII / 1
Standar Kompetensi      :  1.         Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa  Bani Abbasiyah
Kompetensi Dasar          :1.2        Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan / peradaban Islam  pada masa Bani  Abbasiyah
Alokasi Waktu                  : 2 x 40 menit


A.       Tujuan Pembelajaran
§  Membaca/ meceritakan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
§  Mengidentifkasi sebab  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
§  Learning start with question tentanglahirnya tokoh dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
B.       Materi Pembelajaran
§  Perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
§  Sebab  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
§  Lahirnya tokoh  dari  perkembangan kebudayaan / peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah

C.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Penugasan
§  Diskusi
D.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan awal
§    Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§    Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü   Kegiatan Inti
§    Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok
§    Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya
§    Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan
§    Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan
Ü   Kegiatan  Akhir
§    Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam.
§    Siswa dan guru melakukan refleksi
§    Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu
E.       Sumber Belajar
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§  Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§  Ensiklopedi Islam
F.        Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menjelaskan  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
Tes lisan
Tugas
Ø  jelaskan  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah?
Ø  Menunjukkan sebab perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
Tes lisan
Tugas
Ø  Tunjukkan sebab perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah?
Ø  Mengidentifikasi  munculnya tokoh dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada Bani Abbasiyah
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan  munculnya tokoh dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada Bani Abbasiyah?


§    Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 wujud kebudayaan Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam
0

§    Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
0

Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100




Mengetahui,
Kepala Madrasah





.....................................................
NIP.

....................... , ....................................
Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam




.....................................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Madrasah                          :  .......................................................
Mata Pelajaran                 :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                  :  VIII / 1
Standar Kompetensi      :  1.         Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa  Bani Abbasiyah
Kompetensi Dasar          :  1.3       Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan dan kebudayaan / peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
Alokasi Waktu                  : 2 x 40 menit


A.       Tujuan Pembelajaran
§  Membuat peta konsep tokoh  tokoh ilmuwan muslim masa Bani Abbasiyah
§  Simulasi tentang peran tokoh ilmuwan muslim pada pada masa Bani Abbasiyah
§  Tanya jawab tentang kemajuan ilmuwan muslim  masa Bani Abbasiyah
§  Berdiskusi tentang kebudayaan /peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
B.       Materi Pembelajaran
§  Tokoh ilmuwan muslim masa Bani Abbasiyah
§  Peran tokoh ilmuwan muslim pada pada masa Bani Abbasiyah
§  Kemajuan ilmuwan muslim  masa Bani Abbasiyah
§  Kebudayaan / peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah

C.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Penugasan
§  Diskusi
D.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan awal
§    Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§    Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü   Kegiatan Inti
§    Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok
§    Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya
§    Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan
§    Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan
Ü   Kegiatan  Akhir
§    Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam.
§    Siswa dan guru melakukan refleksi
§    Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu
E.       Sumber Belajar
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§  Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§  Ensiklopedi Islam
F.        Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Mengklasifikasi Tokoh  ilmuwan muslim masa Bani Abbasiyah
Penugasan

Tugas
Ø  Jelaskan Tokoh  ilmuwan muslim masa Bani Abbasiyah ?
Ø  Menunjukkan peran tokoh ilmuwan muslim pada pada masa Bani Abbasiyah
Penugasan

Tugas
Ø  Sebutkan peran tokoh ilmuwan muslim pada pada masa Bani Abbasiyah?
Ø  Mengklasifikasi kemajuan ilmuwan muslim masa Bani Abbasiyah
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan kemajuan ilmuwan muslim masa Bani Abbasiyah ?
Ø  Mengidentifikasi kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
Penugasan

Tugas
Ø  Sebutkan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah?


§    Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 wujud kebudayaan Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam
0

§    Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
0

Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100




Mengetahui,
Kepala Madrasah





.....................................................
NIP.

....................... , ....................................
Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam




.....................................................
NIP.


Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : Wira Hadi ~Wira Junior Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS KELAS 8 SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERKARAKTER SEMESTER 1 yang ditulis oleh Wira Junior Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini, Kecuali menyertakan link http://wirajunior.blogspot.com sebagai Sumbernya.

Artikel Terkait Lainnya:

WiraJunior [ WiraJunior ]

Blog, Updated at: 6:25 PM

0 komentar:

Post a Comment

Wira Junior Blog© 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu