SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS AQIDAH AKHLAK KELAS 9 MTS BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MTs                            : ................................................
Mata Pelajaran        : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester      : IX/1
Alokasi Waktu         : 2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)


A.       Standar Kompetensi
Akidah
1.    Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir.

B.       Kompetensi Dasar
1.1    Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
C.       Tujuan Pembelajaran
§    Siswa dapat menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
§    Dapat menunjukkan dalil naqli tentang beriman kepada hari akhir.
D.       Materi Pembelajaran
§    Iiman kepada hari akhir.

E.       Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang beriman kepada hari akhir.
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang beriman kepada hari akhir.
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada  beriman kepada hari akhir dengan benar.
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang beriman kepada hari akhir dengan benar.
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang beriman kepada hari akhir dengan benar.
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan beriman kepada hari akhir dengan benar.
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Tanya jawab tentang beriman kepada hari akhir dengan benar.
§  Memberikan tugas pengayaan
10



50










5
10

5
Pemahaman Konsep












G.       Sumber Pembelajaran
§  Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX,
§  Al-Qur’an dan terjemahnya
§  LKS
§  Hasil kerja siswa

H.       Assessment/ Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
§  Menunjukkan dalil naqli tentang beriman kepada hari akhir
Tes tulis

Tes Tulis
Uraian

Uraian
§  Jelaskan  pengertian beriman kepada hari akhir!
§  Jelaskan  dalil naqli beriman kepada hari akhir!






Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Akidah AKhlaq





..........................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MTs                            : ................................................
Mata Pelajaran        : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester      : IX/1
Alokasi Waktu         : 2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)


A.       Standar Kompetensi
Akidah
         1.      Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir.
B.       Kompetensi Dasar
1.2    Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.
C.       Tujuan Pembelajaran
§    Dapat menyebutkan Bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.
§    Dapat menyebutkan Bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.
D.       Materi Pembelajaran
§    Bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.
E.       Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang Bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan beriman pada kitab-kitab Allah SWT (Konfirmasi)
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10




50





5
10
5
Pemahaman Konsep













G.       Sumber Pembelajaran
§  Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX,
§  Al-Qur’an dan terjemahnya
§  LKS
§  Hasil kerja siswa

H.       Assessment/ Penilaian

Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan terjadinya hari akhir melalui berbagai literatur
§  Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan terjadinya hari akhir melalui dalil naqli.
Penugasan


Penugasan
Jawab singkat


Penugasan 
§  Sebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan terjadinya hari akhir melalui berbagai literatur!
§  Sebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan terjadinya hari akhir melalui dalil naqli!





Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Akidah AKhlaq





..........................................
NIP.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS AQIDAH AKHLAK KELAS 9 MTS BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top