SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 9 MTS BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Madrasah                          :  .......................................................
Mata Pelajaran                 :  SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Kelas                                  :  IX  / 1
Standar Kompetensi      :  1.         Memahami perkembangan Islam di Indonesia
Kompetensi Dasar          :  1.1       Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial dan pengajaran
Alokasi Waktu                  : 2 x 40 menit


A.       Tujuan Pembelajaran
§  Tanya jawab  tentang  sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan
§  Membuat peta konsep sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosial
§  Mendiskusikan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran
B.       Materi Pembelajaran
§  Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan
§  Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosial
§  Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran
C.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Penugasan
§  Diskusi
D.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan awal
§    Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§    Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü   Kegiatan Inti
§    Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok
§    Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya
§    Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan
§    Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan
Ü   Kegiatan  Akhir
§    Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam.
§    Siswa dan guru melakukan refleksi
§    Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu
E.       Sumber Belajar
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§  Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§  Ensiklopedi Islam
F.        Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Mengidentifikasi sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan
TesTulis
Uraian
Ø  Jelaskan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan?
Ø  Menjelaskan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosia
Karya

Tugas
Ø  Jelaskan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosia ?
Ø  Mengidentifikasikan sejarah masuknya Islam di Nusantara  pengajaran
Tes lisan


Tugas
Ø  Jelaskan sejarah masuknya Islam di Nusantara  pengajaran ?

Ü   Teknik            :  Tes Tulis
§    Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 wujud kebudayaan Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam
0


§    Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
0

Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100




Mengetahui,
Kepala Madrasah





.....................................................
NIP.

....................... , ....................................
Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam




.....................................................
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Madrasah                          :  .......................................................
Mata Pelajaran                 :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                  :  IX  / 1
Standar Kompetensi      :  1.         Memahami perkembangan Islam di Indonesia
Kompetensi Dasar          :  1.2       Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa Sumatra dan Sulawesi
Alokasi Waktu                  : 2 x 40 menit

A.       Tujuan Pembelajaran
§  Mencermati cerita sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa
§  Membuat peta konsep tentang sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra dan Sulawesi
§  Berdiskusi tentang sejarah beberapa kerajaan Islam di sumatra dan Sulawesi
B.       Materi Pembelajaran
§  Sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa
§  Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra
§  Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi
C.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Penugasan
§  Diskusi
D.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan awal
§    Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§    Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü   Kegiatan Inti
§    Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok
§    Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya
§    Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan
§    Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan
Ü   Kegiatan  Akhir
§    Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam.
§    Siswa dan guru melakukan refleksi
§    Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu
E.       Sumber Belajar
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§  Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§  Ensiklopedi Islam
F.        Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menjelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa
TesTulis
Uraian
Ø  Jelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa ?
Ø  Menjelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra
Penugasan

Tugas
Ø  Jelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra ?
Ø  Menjelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam Sulawesi 
Tes unjuk kerja

Tugas
Ø  Jelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam Sulawesi ?

Ü   Teknik            :  Tes Tulis
§    Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 wujud kebudayaan Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam
0


§    Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
0

Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100




Mengetahui,
Kepala Madrasah





.....................................................
NIP.

....................... , ....................................
Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam




.....................................................
NIP.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP MTS SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 9 MTS BERKARAKTER SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top