SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..................................
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Kedua
Standar Kompetansi : 5.  Mendengarkan
                                              Memahami wacana lisan tentang berita  dan drama pendek
Waktu                          :  2 X 35 menit

 Kompetensi Dasar
5.1 Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio        

A.    Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
§  Siswa dapat Menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
§  Siswa dapat Menceritakan kembali judul yang didengar
         
v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                       
B.     Materi Pokok
§  Berita

C.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang berita  dan drama pendek
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
F Menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
F Menceritakan kembali judul yang didengar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio

D.    Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP

E.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
·  Siswa dapat menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
·  Siswa dapat menceritakan kembali judul yang didengar
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jawablah pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio!
·  Tentukan-lah Judul berita yang didengar dari televisi atau radio!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                       
                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                             Guru Mapel Bahasa Indonesia.



..................................                                                      ..................................
NIP :                                                                               NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..................................
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Kedua
Standar Kompetansi : 5.  Mendengarkan
                                              Memahami wacana lisan tentang berita  dan drama pendek
Waktu                          :  2 X 35 menit

A.     Kompetensi Dasar
5.2 Menceritakan isi  drama pendek yang disampaikan secara lisan       

B.     Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Mendengarkan drama pendek yang disampaikan secara lisan
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan.
§  Siswa dapat Menentukan Judul drama pendek yang disampaikan secara lisan
§  Siswa dapat Menceritakan kembali drama pendek yang disampaikan secara lisan
          
v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                      
C.    Materi Pokok
§  Drama pendek

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang berita  dan drama pendek
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan drama pendek yang disampaikan secara lisan
F Menjawab pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan Judul drama pendek yang disampaikan secara lisan
F Menceritakan kembali drama pendek yang disampaikan secara lisan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan isi  drama pendek yang disampaikan secara lisan

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan drama pendek yang disampaikan secara lisan
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan.
·  Siswa dapat menentukan Judul drama pendek yang disampaikan secara lisan
·  Siswa dapat menceritakan kembali drama pendek yang disampaikan secara lisan
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jawablah pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan!
·  Tentukan-lah Judul drama pendek yang disampai-kan secara lisan!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan



Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                             Guru Mapel Bahasa Indonesia.



..................................                                                      ..................................
NIP :                                                                               NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..................................
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Kedua
Standar Kompetansi : 6.       Berbicara
                                              Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
Waktu                          :  2 X 35 menit

A.     Kompetensi Dasar
6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan  lafal, intonasi, dan sikap  yang tepat

B.     Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Memahami berbagai jenis pidato atau presentasi
§  Siswa dapat Menyampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan
§  Siswa dapat Mencari pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
        
v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                        
C.    Materi Pokok
§  Pidato atau presentasi

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami berbagai jenis pidato atau presentasi
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan
F Mencari pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan  lafal, intonasi, dan sikap  yang tepat

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat memahami berbagai jenis pidato atau presentasi
·  Siswa dapat menyampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan
·  Siswa dapat mencari pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya

·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Sampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan!
·  Carilah pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                             Guru Mapel Bahasa Indonesia.



..................................                                                      ..................................
NIP :                                                                               NIP :





BACA JUGA RPP BAHASA INDONESIA LAINNYA  :


1.) RPP BAHASA INDONESIA KELAS 4


2.) RPP BAHASA INDONESIA KELAS 5


3.) RPP BAHASA INDONESIA KELAS 7


4.) RPP BAHASA INDONESIA KELAS 8


5.) RPP BAHASA INDONESIA KELAS 9

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top